Categories

Berita

Roadshow Hub.id Yogyakarta Disambut Antusiasme Penggiat Startup

Co-Founder Female Daily Affi Assegaf dan Founder eVoucher Danny Baskara bercerita pengalamannya saat awal mendirikan startup

Randi Eka - 11 May 2015

Dipandu CEO DailySocial, diskusi Hub.id dilaksanakan di Yogyakarta / DailySocial

Roadshow Hub.id kembali digelar pada tanggal 8 Mei 2015 lalu. Kali ini giliran kota pelajar, Yogyakarta, sebagai tempat singgah presentasi narasumber terpilih untuk menginspirasi para startup rookie. Dalam kesempatan ini  Co-Founder Female Daily Affi Assegaf dan CEO eVoucher Danny Baskara dihadirkan sebagai narasumber.

Tepat pukul 18.00, acara dibuka dan dipandu oleh CEO DailySocial Rama Mamuaya. Dalam pembukaannya Rama memaparkan kepada para peserta tentang apa itu Hub.id serta visi yang ingin diraih oleh Hub.id. Rama mengatakan:

“Program Hub.id dirancang agar berbagai komponen yang dapat mensukseskan tech-startup, baik itu dari entrepreneur, investor, akademisi, pemangku kebijakan dan lainnya, agar dapat berbagi pengetahuan dan bersinergi secara positif. Startup yang bergabung dalam kanal Hub.id nantinya akan dipilih untuk mendapatkan mentoring dari para ahli di bidang yang digeluti, untuk selanjutnya menciptakan sebuah solusi dan proses bisnis yang lebih matang untuk selanjutnya dipresentasikan dalam Demo Day di depan investor November mendatang.”

Di kesempatan yang sama, perwakilan Kominfo turut memberikan sambutan kepada peserta. Dalam sambutannya, Kominfo menyampaikan bahwa pemerintah melalui keikutsertaan dalam program seperti Hub.id ingin berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan wirausahawan di Tanah Air. Karena menurutnya indikasi negara yang makmur setidaknya memiliki 2 persen wirausahawan dari total populasi penduduk yang ada.

Para pemateri mengawali diskusi dengan menceritakan perjalanan awal mereka memulai startup. Keduanya memiliki pengalaman yang unik, sehingga benar-benar memberikan insight yang berbeda. Danny bersama eVoucher dimulai dari insan yang memahami betul tentang dunia IT, sedangkan Affi memulai Female Daily dari hobi dan passion di bidang obrolan wanita dan lifestyle.

Mereka menceritakan tentang bagaimana bisnis mereka berjalan di awal ketika keduanya mulai mengerjakan startup secara full time. Affi resign dari tempat ia bekerja sebelumnya agar dapat membangun Female Daily secara penuh. Keduanya menekankan kita harus jeli merekrut rekan untuk  membangun bisnis dari awal dan harus memiliki tujuan yang sama.

Para peserta yang datang pun terlihat sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Saat sesi pertanyaan dibuka, banyak sekali sesi diskusi yang berjalan. Mulai menanyakan terkait dengan bagaimana bekerja sama dengan investor hingga bagaimana membuat pertumbuhan bisnis yang stabil.

“Bikin bisnis itu marathon, bukan sprint. Hasilnya bisa dilihat luar biasa di dalam waktu panjang. Kadang memang kita harus siap sengsara di awal-awal, namun dengan kerja keras semua itu akan berlalu dan menghasilkan sesuatu yang membanggakan,” ujar Affi memberikan tips dan meyakinkan kepada peserta bahwa terjun di industri startup itu butuh effort dan semangat yang tinggi.

Danny sendiri menyampaikan:

“Sebelum mulai sesuatu bisnis harus tahu detil kanal promosi mau ke mana dan mendefinisikan calon konsumen secara spesifik. Biasanya yang dipikirkan tentang produk yang keren saja, tapi tidak mikirin banyak tentang pengguna. Sebelum mulai harus tahu demografi pengguna. Pastikan sebelum launch udah tahu prediksi untuk ke depan.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter