1. Lifestyle

Round-up Berita Xbox One: Game Gratis dan Fitur Anti-Sumpah Serapah

Tidak kalah dari sang rival, Microsoft memiliki pendekatan tersendiri dalam memasarkan console baru mereka. Jika pengembangan PS4 benar-benar dikonsentrasikan pada spek bagian console utamanya, maka Microsoft berinvestasi dengan banyak uang untuk mengembangakan periferal dan fitur-fitur kontrol pada Xbox One.

Pendekatan ini cukup efektif untuk masing-masing console, dan keduanya cukup sukses di hari-hari awal peluncuran mereka. Saya akan mencoba merangkum beberapa informasi penting tentang Xbox One yang baru beberapa hari lalu berhasil 'dilahirkan' dari rahim Microsoft.

Yang pertama: tahukah Anda jika bagian optical drive Xbox One yang Anda miliki rusak saat baru dikeluarkan dari packaging-nya (istilahnya, dead on arrival), Anda berhak mendapatkan game gratis?

Masalah ini merupakan masalah minor yang menerpa sebagian kecil pemilik Xbox One, namun Microsoft tidak mau berkompromi soal kepuasan ber-gaming. Andy Rose dari Microsoft mengeluarkan sebuah Tweet bahwa para konsumen yang mengalami masalah disc berhak mendapatkan game-game gratis dengan pilihan: Ryse Son of Rome, Dead Rising 3, Zoo Tycoon dan Forza Motorsport 5. Tentu saja Xbox One Anda akan diperbaiki tanpa dikenakan biaya.

Sejauh ini kita masih belum tahu apa yang menyebabkan munculnya masalah ini. PlayStation 4 juga mengalami ketidakmulusan saat diluncurkan karena beberapa unit terinfeksi penyakit Blue Ring of Death.

Berita kedua adalah berita yang cukup unik, tahukah Anda bahwa Xbox One dilaporkan mengeluarkan pesan error yang sangat lucu?Saya tidak akan mencoba untuk menterjemahkan seluruh pesannya karena mungkin akan menghilangkan 'daya humor'-nya: 'Because of your past behavior, you can't Xbox Live Gold is required to use Skype for Xbox One.'

Saya tidak salah tulis, namun tampaknya Microsoft lupa membubuhkan titik di antara 'can't' dan 'Xbox'. Terlepas dari itu, apakah Anda melihat sesuatu yang aneh? Di awal kalimat, pesan bertuliskan: karena perilaku Anda sebelumnya. Ada apa gerangan?

Pesan ini muncul karena user-user tersebut menggunakan kalimat atau kata-kata yang tidak sedap saat menggunakan Skype dan aplikasi Upload Studios. Kalimat-kalimat ini bukan hanya meliputi sumpah serapah. Seorang user dilaporkan terkena ban karena mengucapkan kata 'crap' (sampah, atau kotoran).

Bahkan seorang pengguna Reddit bernama MacedonianWolf mendapatkan masalah yang sama karena membuat video dengan kalimat yang kurang mengenakkan - walaupun menurutnya bukan sumpah serapah. Kini ia tidak bisa mengakses video Kinect ataupun mengunggah video gameplay. Untungnya setelah menghubungi Microsoft, mereka mencapai kesepakatan dan akhirnya ban MacedonianWolf diangkat.

Pesan lain yang sangat lucu berkat fitur ban ini adalah: 'Choose something else to play' atau 'cari game lain untuk Anda mainkan.'

Microsoft tentu saja menanggapi hal ini, mereka berkomentar: "Agar semua jelas, tim Xbox Live Policy & Enforcement tidak mengawasi percakapan langsung seperti chat ataupun panggilan Skype. Namun kami memoderasi Upload Studio dengan berpedoman pada Kode Etik dengan sangat serius. Tim ini mengulas tiap klip video yang diunggah untuk menjaga atmosfer tetap bersih, aman dan menyenangkan."

"Kata-kata kotor yang berlebihan dan pelanggaran Kode Etik lain akan ditindaklanjuti secara serius. Di Xbox One, kami memiliki sebuah sistem canggih untuk menegakkannya. Hasilnya, jika seseorang melanggarnya, kami berhak untuk menangguhkan beberapa fungsi Xbox Live seperti akses ke app ataupun fitur lain. Kami tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan pengalaman Xbox Live tetap menyenangkan."

Artikel diolah dari Kotaku dan Eurogame. Gambar header: Edge-Online, gambar lain: Kotaku.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again