1. DScovery

7 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan

Rumus Excel dapat digunakan untuk melakukan perhitungan yang lebih kompleks daripada yang ditawarkan oleh kalkulator sederhana. Simak artikel ini untuk mengetahui 10 rumus Excel yang paling sering digunakan.

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang menggunakan rumus untuk mengatur dan menganalisis data. Program ini juga dapat digunakan untuk membuat bagan, grafik, dan representasi informasi visual lainnya.

Fitur rumus Excel memungkinkan kamu untuk memasukkan rumus matematika ke dalam spreadsheet. Kamu bisa menggunakan rumus di sel untuk menghitung nilai berdasarkan nilai di sel lain, atau kamu bisa menggunakannya untuk penghitungan yang lebih rumit.

7 Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan

Microsoft Excel memiliki banyak formula yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat menggunakannya untuk menghitung dan menampilkan data, menghitung suku bunga, melakukan operasi matematika, dan banyak hal lainnya.

Berikut ini adalah kumpulan rumus-rumus Excel yang dapat kamu gunakan:

SUM

SUM adalah salah satu rumus yang paling umum digunakan di Excel. Rumus ini dapat menambah daftar angka, dan kamu dapat menggunakannya untuk mendapatkan total cepat atau mengetahui berapa banyak uang yang tersisa di rekening tabungan kamu.

Rumusnya adalah =SUM(kolom yang ingin ditambahkan)

MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah dua fungsi yang dapat kamu gunakan untuk menentukan nilai maksimum atau minimum dari kumpulan data tertentu. Sangat berguna jika ingin mencari nilai tertinggi di kolom angka, atau jika kamu ingin mencari nilai terendah di kolom angka.

Rumusnya adalah =MAX(blok kolom yang ingin dicari angka yang terbesar) dan untuk terkecil adalah =MIN(blok kolom yang ingin dicari angka yang terkecil).

AVERAGE

Average dapat membantu kita mengetahui rata-rata dari sekumpulan angka. Ini dapat digunakan untuk menggambarkan berapa banyak orang yang membeli suatu barang dalam satu tahun rata-rata, atau berapa banyak uang yang dibelanjakan orang untuk produk tertentu.

Rumusnya adalah =AVERAGE(blok kolom yang ingin dicari rata-ratanya)

COUNT

Selanjutnya ada rumus COUNT. Rumus ini memungkinkan kamu menghitung berapa banyak sel yang berisi nilai tertentu, atau berapa kali nilai muncul di data kamu tanpa harus menghitung secara manual.

Rumusnya adalah =COUNT(blok kolom yang ingin dihitung)

TRIM

TRIM adalah rumus di Microsoft Excel yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan spasi dari awal dan akhir sel. Ini memungkinkan kamu menemukan dan menghapus semua spasi dalam kolom dengan cepat, atau hanya spasi di awal atau akhir baris.

Rumusnya adalah =TRIM(kolom yang ingin dihapus)

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP memungkinkan kamu mencari nilai dalam tabel data dan mengembalikan nilai terkait dari kolom lain di baris yang sama. Fungsi VLOOKUP mencari nilai dalam tabel dengan menggunakan nomor indeks, yang dapat ditemukan di kolom pertama tabel kamu.

Rumusnya adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).

Keterangan:

Lookup_value: Isi sel atau nilai yang diketik.

Table_array: Sel atau tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian.

Col_Index_num: Kolom yang ditunjukkan untuk mengambil nilai.

Range_Lookup: menunjukkan apakah pencocokan yang persis harus ditemukan atau tidak sebelum pencocokan perkiraan digunakan sebagai gantinya (TRUE) atau sebaliknya (FALSE). Tapi bisa juga dikosongkan

HLOOKUP

HLOOKUP adalah formula yang memungkinkan kamu mencari item dalam tabel berdasarkan kunci pencarian. Ini mirip dengan VLOOKUP, yang melakukan pencariannya secara vertikal, bukan horizontal.

Rumusnya adalah =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Demikianlah rumus-rumus Excel yang dapat kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again