1. DScovery

Sales Funnel Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Proses, Hingga Strategi Membuatnya

Sales funnel membantu bisnis mengevaluasi kinerja dan memberikan customer experience yang menyenangkan.

Apakah Kamu bingung tentang cara membuat sales funnel? Jika kamu menjawab ya, artikel ini akan memberikan kamu informasi mengenai cara membuat sales funnel yang tepat serta strateginya.

Pada dasarnya, tujuan pembuatan sales funnel adalah untuk membantu bisnis mengelola pelanggan dan meningkatkan efisiensi proses penjualan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan dan mencapai target penjualan mereka. Baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sales funnel!

Pengertian Sales Funnel

Proses penjualan yang dilakukan oleh suatu bisnis secara bertahap dikenal sebagai sales funnel. Dengan menggunakan sales funnel ini, kamu dapat mengarahkan pelanggan mulai dari tertarik dengan diskon yang kamu tawarkan sampai penjualan atau penutupan terjadi.

Sebelum ini, pembeli pergi ke toko dan berbicara dengan penjual secara langsung untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Tahapan penjualan ini sekarang lebih panjang.

Pelanggan dapat memilih produk melalui aplikasi, platform media sosial, website, atau platform lainnya tanpa harus bertemu langsung dengan penjual. Mereka akan memilih produk berdasarkan iklan yang ada. Jika mereka tertarik, mereka akan melihat detail produk dan berbicara dengan pelayan pelanggan atau pemilik toko. Setelah terjadi kesepakatan, proses jual beli baru dimulai ketika pembeli memintanya.

Manfaat Sales Funnel

Sales funnel memiliki banyak keuntungan bagi bisnis, seperti:

  • Membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan potensial yang akan menjadi target penjualan dengan menyaring calon pelanggan yang tidak sesuai dengan target bisnis.
  • Membantu dalam membuat rencana penjualan yang tepat untuk meningkatkan konversi pelanggan dan pendapatan bisnis.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen pelanggan, yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan keuntungan bisnis.
  • Membantu memahami kebutuhan pelanggan dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia, yang memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Membantu bisnis membuat strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan memperluas jangkauan.

Bagaimana Cara Kerja Sales Funnel?

Sales funnel bekerja dengan memberikan tahapan penjualan yang digambarkan mulai dari perjalanan pelanggan dari pengunjung ke prospek hingga keputusan transaksi.

Jika seseorang menemukan situs web kamu melalui tautan sosial atau pencarian Google, mereka mungkin tertarik atau membutuhkan produk serupa. Jika seseorang mengisi formulir kamu, dia akan dianggap sebagai prospek atau lead. Dalam situasi lain, kamu dapat menghubungi prospek untuk menawarkan produk berdasarkan data form yang mereka berikan.

Selanjutnya, kamu dapat memasarkan atau menawarkan barang kamu kepada mereka melalui salah satu dari tiga cara ini: email, telepon, atau chat.

Prospek yang kamu hubungi mungkin akan mengunjungi web kamu lagi. Mereka akan mencari entri blog baru, atau pesan menarik lainnya. Kamu juga mungkin dapat menawarkan kupon atau promo eksklusif untuk menarik perhatian mereka lebih banyak.

Saat pelanggan melewati setiap tahapannya, penjualan funnel akan terus menyempit. Jumlah orang yang mencapai tahap close deal akan terus berkurang dari jumlah orang yang mengunjungi situs web.

Bagaimana Proses Sales Funnel?

  1. Awareness 

Proses sales funnel yang pertama adalah awareness. Pada tahap awal ini, bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik calon pelanggan dan mengarahkan mereka ke website atau platform e-commerce mereka. Selain itu, perusahaan Anda harus menggunakan iklan dan media sosial untuk mempromosikan barang dan jasanya.

  1. Interest 

Proses selanjutnya, atau kepentingan. Pada tahap ini, perusahaan harus membuat konten yang lebih spesifik dan bermanfaat bagi target pasar mereka, memantau respons mereka, dan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk membantu mereka melewati tahap berikutnya dalam sales funnel. Selain itu, perusahaan harus terus mengamati kebutuhan dan preferensi calon pelanggan untuk membuat penawaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Decision

Selanjutnya adalah proses pengambilan keputusan di mana pelanggan telah memutuskan untuk menggunakan jasa atau produk perusahaan. Pada titik ini, kamu harus memastikan bahwa proses pembelian sederhana dan mudah dilakukan. Selain itu, kamu dapat menawarkan diskon untuk pembelian pertama klien kamu atau potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu.

  1. Action

Selanjutnya adalah action. Pada tahap ini, pelanggan melakukan dan mengajukan pembelian kepada perusahaan kamu ini adalah tahap yang paling penting sehingga perusahaan kamu harus memastikan bahwa pelanggan benar-benar mudah melakukan transaksi. Untuk mempercepat proses ini, kamu dapat menawarkan berbagai metode pembayaran, membuat duplikat untuk menarik pelanggan, atau menyediakan formulir yang memungkinkan kamu memasukkan lebih banyak detail tentang kebutuhan setiap pelanggan.

  1. Retention

Sebagai pebisnis, kamu pasti ingin pelanggan tidak hanya membeli barang dan jasa sekali.  Kamu juga akan mencari cara untuk menarik pelanggan baru. Ada banyak cara untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka loyal. seperti bertanya secara teratur tentang pendapat pelanggan, memberikan informasi tentang promosi dan penawaran terbaru, dan memberikan hadiah untuk loyalitas pelanggan.

Apa Strategi Membuat Sales Funnel?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat funnel penjualan:

  1. Menggunakan metode pemasaran yang tepat untuk menarik calon konsumen dan mengarahkan mereka ke website atau toko online perusahaan.
  1. Menggunakan teknik pemilihan yang tepat untuk menemukan klien potensial yang tidak sesuai dengan target bisnis dan menemukan klien potensial yang akan menjadi target penjualan.
  1. Berikan penawaran yang menarik, tepat waktu, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  1. Menindaklanjuti pelanggan yang telah melakukan penawaran sebelumnya dan membantu mereka dalam proses pembelian.
  1. Terus menjaga hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan nilai dengan upselling.
  1. Membangun strategi penjualan yang efektif dengan bantuan teknologi dan sistem yang tepat Salah satu teknologi yang dapat kamu gunakan adalah CRM, yang memiliki kemampuan untuk mengolah dan menyimpan data secara terpusat. Barantum CRM adalah salah satu vendor CRM yang paling dipercaya yang telah digunakan oleh ribuan klien, yang dapat menjadi pertimbangan untuk bisnis kamu.

Nah, itulah informasi mengenai sales funnel. Semoga kamu semakin paham mengenai pengetahuan seputar bisnis. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again