Categories

Gadget

Samsung Galaxy S21 Series 5G Sebagai Bagian dari Ekosistem Pendukung Gaya Hidup

Rutinitas jadi semakin mudah berkat bantuan Galaxy SmartTag dan Galaxy Buds Pro

Glenn Kaonang - 24 January 2021

Dewasa ini, tidak sedikit pabrikan smartphone yang memasarkan produknya sebagai bagian dari sebuah ekosistem. Meski pastinya ada tujuan dari sisi marketing, pada akhirnya yang hendak dicapai adalah bagaimana konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang lebih optimal ketimbang hanya sebatas menggunakan smartphone-nya saja.

Sebagai produsen yang portofolio produknya begitu luas, Samsung tentu tidak luput dari tren ini. Trio Samsung Galaxy S21 Series 5G yang diperkenalkan pekan lalu hadir bersama dua perangkat lain yang tak kalah menarik, yakni Samsung Galaxy SmartTag dan Samsung Galaxy Buds Pro.

Buat yang pernah memiliki Bluetooth tracker, Anda pasti tidak asing dengan konsep yang ditawarkan Galaxy SmartTag. Cukup kaitkan perangkat mungil ini ke kunci rumah, kunci mobil, tas ransel, dan lain sebagainya, maka objek-objek tersebut jadi bisa Anda lacak lokasinya menggunakan Galaxy S21 Series 5G.

Galaxy SmartTag memanfaatkan konektivitas Bluetooth Low Energy (BLE), dan jangkauannya sangatlah luas di angka 120 meter. Namun seandainya barang Anda berada di luar jangkauan koneksi, Anda masih bisa melacak lokasinya dengan bantuan pengguna perangkat Galaxy lain yang berada di area sekitar barang – dengan privasi yang tetap terjaga tentu saja.

Selain untuk mencegah barang-barang penting Anda hilang, Galaxy SmartTag juga bisa merangkap peran sebagai remote control buat perangkat IoT (Internet of Things) maupun smart home yang kompatibel dengan ekosistem SmartThings. Yang paling sederhana, tombol milik Galaxy SmartTag bisa ditekan untuk menyala-matikan lampu pintar yang terpasang dalam ruangan.

Samsung Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Buds Pro

Beralih ke Galaxy Buds Pro, di sini pengguna Galaxy S21 Series 5G dapat memanfaatkannya sebagai mikrofon eksternal ketika sedang merekam video. Fitur ini sangatlah berguna ketika melangsungkan sesi vlogging, di mana suara Anda jadi bisa tertangkap dengan baik oleh mikrofon yang tertanam di Galaxy Buds Pro.

TWS ini juga mengunggulkan pengalaman penggunaan yang seamless berkat fitur Auto Switch. Contoh penggunaannya yang paling gampang adalah, ketika Anda sedang memakainya bersama Galaxy Tab S7 untuk menonton video lalu ada panggilan telepon yang masuk ke Galaxy S21 Series 5G, maka video akan dihentikan secara otomatis sehingga Anda dapat menerima panggilan teleponnya.

Saat panggilan teleponnya sudah selesai, Galaxy Buds Pro pun akan kembali terhubung ke tablet secara otomatis, dan videonya juga akan diputar kembali dengan sendirinya. Semuanya berjalan secara seamless tanpa mengharuskan pengguna menyambungkan Galaxy Buds Pro ke tablet atau smartphone secara manual (kecuali untuk setup awalnya).

Dipadukan semuanya, ekosistem Galaxy ini tentu bisa mendukung gaya hidup pengguna secara optimal. Untuk kegiatan produktivitas pun kombinasi Galaxy S21 Series 5G dan Galaxy Buds Pro pasti sangat ideal, apalagi mengingat Buds Pro punya fitur ANC yang sangat efektif dalam hal memblokir suara di sekitar sehingga pengguna dapat tetap menjaga konsentrasinya. Belum lagi kalau ternyata yang dipilih adalah Galaxy S21 Ultra 5G, yang merupakan model satu-satunya yang mendukung S Pen.

Kabar baiknya, menikmati keunggulan yang ditawarkan ekosistem Galaxy ini tidak sulit mengingat Samsung telah membundelnya menjadi satu dalam program pre-order Galaxy S21 Series 5G sampai tanggal 27 Januari 2021 nanti. Untuk semua pemesanan Galaxy S21 Series 5G, konsumen berhak mendapatkan bonus Galaxy SmartTag (di samping sejumlah bonus lain). Khusus untuk Galaxy S21 Ultra, ada tambahan bonus Galaxy Buds Pro.

Selebihnya, jika memerlukan lebih banyak unit Galaxy SmartTag, ia juga dapat dibeli secara terpisah seharga Rp399.000, sedangkan Galaxy Buds Pro dihargai Rp2.749.000 kalau mau dibeli secara terpisah.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter