1. Startup

Pemain Baru SCF Ekuid Bidik Industri Kreatif Permudah Raih Modal Usaha

Ekuid telah mendanai 14 proyek pembiayaan dengan total nilai Rp7,6 miliar, lima proyek di antaranya adalah konser musik

Startup securities crowdfunding (SCF) Ekuid membidik sektor industri kreatif sebagai target pengguna yang ingin mendapatkan pendanaan melalui efek (obligasi) maupun SCF. Perusahaan telah resmi mengantongi izin dari OJK sebagai SCF melalui Surat Keputusan Nomor KEP-11/D.04/2022.

Dihubungi DailySocial.id, Direktur Ekuid Bayu Aji Prakoso menyampaikan alasan pihaknya mengincar sektor kreatif karena dinilai spesial, berpotensi tinggi, serta punya daya tahan yang baik dalam menghadapi berbagai dinamika --- terbukti saat pandemi Covid-19. “Kendati memiliki kemampuan untuk bertahan, industri kreatif tetap dituntut untuk terus meningkatkan daya saingnya, sehingga mampu bersaing di era globalisasi,” ucapnya.

Indonesia sendiri memiliki populasi pelaku ekonomi kreatif yang besar dan mampu menghasilkan kekayaan intelektual untuk menjadi nilai tambah dalam memajukan kesejahteraan. Maka dari itu, perusahaan hadir untuk menciptakan dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif. Tujuannya agar berkontribusi bagi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing global guna tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Selain itu, Ekuid ingin memberikan dampak positif bagi para pekerja kreatif untuk mendapatkan kesejahteraan bagi mereka layaknya pekerja-pekerja pada sektor/industri lain.”

Dalam menganalisis setiap proposal pendanaan, Bayu mengaku perusahaan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022. Di situ disampaikan bahwa kekayaan intelektual (IP) merupakan salah satu kekayaan bukan benda di Indonesia, sebagai bentuk objek jaminan ke lembaga pembiayaan untuk mendapatkan kredit.

Untuk mitigasi risikonya, Ekuid melakukan sejumlah proses sebelum memberikan pembiayaan berbasis IP, yakni:

  1. Verifikasi dan/atau uji tuntas terhadap usaha ekonomi kreatif;
  2. Verifikasi surat pencatatan atau sertifikat Kekayaan Intelektual yang dijadikan agunan yang dapat dieksekusi jika terjadi sengketa atau non sengketa;
  3. Verifikasi dan akses akun pada DSP (digital store platform) atas Kekayaan Intelektual;
  4. Penilaian Kekayaan Intelektual yang dijadikan agunan.

Tak hanya itu, perusahaan juga terus mempertajam dan memperdalam ekosistem. Hal ini ditandai dengan sejak setahun terakhir, perusahaan berkolaborasi dengan salah satu promotor musik, yakni Pesta Semalam Seminggu (PSM) dan platform online ticketing. Langkah tersebut dilakukan untuk mitigasi risiko dalam mengawasi dan memantau penjualan tiket konser sebagai sumber pengembalian pembiayaan.

Dalam situsnya, terhitung ada 14 proyek pembiayaan yang telah selesai didanai melalui Ekuid. Seluruh proyek tersebut didanai dalam bentuk efek bersifat utang (obligasi). Rinciannya, lima proyek konser musik, satu proyek film nasional, dua proyek klinik kecantikan, satu proyek untuk produksi daur ulang, satu proyek pembiayaan buah dan sayur hidroponik, dua proyek milik media online, dan satu proyek pembiayaan untuk perusahaan VR. Total dananya mencapai Rp7,6 miliar.

Tawarkan investasi yang minim

Berbeda dengan kebanyakan pemain SCF, Ekuid justru menarik investor ritel dengan nominal investasi yang terjangkau, mulai dari Rp100 ribu. Bayu beralasan, langkah ini diambil sebagai edukasi para investor pemula sebelum mengenal lebih jauh produk investasi yang tersedia di Indonesia.

“Yang menjadi masalah di sini adalah masih minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia terkait investasi, khususnya mengenai investasi digital. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya kasus investasi bodong yang memakan banyak sekali korban. [..] Ekuid yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, hadir untuk mendukung pemerintah dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama investor pemula.”

More Coverage:

Perusahaan juga mendukung program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) sesuai arahan OJK dengan melakukan KYC terhadap investor dan/atau penerbit. Serta, berkolaborasi dengan biro kredit yang telah berizin di OJK sebagai nilai tambah dalam menganalisis kelayakan kredit penerbit.

Ke depannya, pihaknya akan terus mempelajari kebutuhan pasar, mengembangkan produk dan model bisnis yang menghasilkan profit berkelanjutan, sehingga perusahaan tidak mengejar pertumbuhan secepat mungkin. Oleh karena itu, sejauh ini perusahaan belum merencanakan untuk menggalang pendanaan, melainkan fokus pada strategi untuk memastikan masa depan bisnis dan mengamankan kelanjutan usaha.

“Ekuid berharap dapat berperan sebagai fondasi yang telah tertanam dan akan terus menilik peluang ini lebih jauh dan tidak pernah puas dengan sistem yang biasa ada. Semua hal ini dilakukan pastinya dengan harapan pelaku ekonomi kreatif yang juga sebagai pemilik kekayaan intelektual dapat membuka lapangan pekerjaan lebih banyak dan berkontribusi lebih luas lagi terhadap pendapatan negara dari sektor ekonomi kreatif,” pungkas Bayu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again