1. Startup

Segera Hadir di Yogyakarta: HackerSpaceYK

Para pembaca DailySocial mungkin pernah atau sering menyimak di Twitter maupun Google+ tentang informasi HackerSpace di kota Yogyakarta dari beberapa anggota komunitas Bancakan 2.0. Akhir bulan ini HackerSpaceYK - HackerSpace Yogyakarta akan segera dibuka.

Berawal dari apa yang dilakukan oleh rekan-rekan FOWAB di Bandung yang mendirikan HackerSpaceBDG, kemudian disusul HackerSpace lainnya di kota besar seperti Surabaya, sekarang akan hadir di kota Yogyakarta dan akan dikelola oleh rekan-rekan Bancakan 2.0.

Bancakan 2.0 adalah komunitas startup dan developer di Yogyakarta, komunitas ini mengadakan meetup setiap dua bulan sekali dengan mendatangkan pembicara yang berkecimpung di dunia startup dan developer, baik itu dibidang web atau mobile. Pada bulan Februari kemarin Bancakan 2.0 mengadakan ulang tahun yang pertama sekaligus meetup ke 8 dan meetup paling akhir yang diadakan komunitas ini.

Untuk meetup ke 9 Bancakan 2.0 nantinya akan bersamaan dengan soft-launching HackerSpaceYK pada akhir bulan Juli ini (informasi menyusul). Dan lokasi HackerSpaceYK berada Jl. Wirajaya No. 312 B Condong Catur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, lokasi HackerSpaceYK ini berada satu bangunan dengan kantor Onebitmedia. Tempatnya cukup strategis untuk dijangkau. (maps)

Inisiator dari HackerSpaceYK adalah beberapa orang dari Bancakan 2.0 yaitu Fachry Bafadal (CEO Onebitmedia) selaku penyedia tempat untuk HackerSpaceYK, Irwan Kartadipura (CEO STÒÓDIO2 Inc), dan Rizqi Faiq Fardian. Untuk modal awal HackerSpaceYK berasal dari dana patungan inisiator dan beberapa rekan-rekan dari Bancakan 2.0. Masing-masing ada yang invest berupa uang, tempat, insfraktruktur, koneksi internet, asset, dll.

Ketika saya terakhir berkunjung ke HackerSpaceYK, kondisi di sana sudah dalam tahap finishing dan tinggal melakukan pemasangan meja dan instalasi internet. Jika itu sudah dilakukan, maka HackerSpaceYK siap untuk digunakan.

Sebenarnya HackerSpaceYK tidak jauh berbeda dengan HackerSpaceBDG. Mengutip dari salah satu artikel di situs FOWAB “Hackerspace adalah sebuah tempat yang kami rancang seperti kantor dimana teman-teman bisa datang untuk bekerja dan menggunakan fasilitasnya . Dengan demikian diharapkan teman-teman bisa menjadi lebih produktif dengan adanya dedicated space untuk bekerja.”

Siapa saja yang dapat menggunakan HackerSpaceYK? Fachry Bafadal menjelaskan pada DailySocial, “Target kami adalah komunitas kreatif - tidak terbatas hanya pada kalangan IT saja. Kami membuka kesempatan untuk para designer, freelance architect, copywriter, translator dan berbagai profesi kreatif yang lain. Diharapkan HackerSpace YK bisa menjadi creative hub lintas komunitas."

Nantinya HackerSpaceYK akan ada 12 dedicated space. Luas ruangan adalah 30m persegi dan saat ini 7 dedicated space sudah dipesan, kebanyakan para pemesan adalah para freelancer yang berdomisili dari Yogyakarta. Fachry juga mengatakan bahwa para pekerja yang ingin punya space di HackerSpaceYK dapat register sebagai member, selanjutnya ada biaya administrasi bulanan sebesar Rp 300.000 dengan minimal waktu kontrak selama 3 bulan. Mereka yang telah memesan tempat adalah Taufiq Hasan dan Irwan Kartadipura (2 space), sisanya satu space adalah Rizqi Faiq Fardian, Yuda Nugrahadi dan DailySocial.

Fasilitas yang bisa didapatkan di HackerSpaceYK antara lain meja 90cm x 60cm (180x120cm/4 Kursi), kursi, AC, koneksi listrik, koneksi internet 3 Mbps, water dispenser, lemari es, kaos Member HackerSpaceYK. Selain itu HackerSpaceYK juga berencana menambah fasilitas seperti LCD projector, screen, ruang tamu dan parkir sepeda.

So, sisa dedicated space HackerSpaceYK berjumlah 5 space, bagi yang berdomisili di Yogyakarta dan berminat untuk mereservasi co-working space di HackerSpaceYK dapat menghubungi Irwan Kartadipura (@IrwanKarta), dan bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut dapat follow akun twitter @HackerSpace_YK.

Disclosure: Kontributor DailySocial di Jogja juga akan menjadi member HackerSpaceYK dan berkantor di sana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again