1. Startup

Semangat Plepah Kurangi Konsumsi Plastik dengan Berdayakan Petani Lokal

Plepah sedang mencari alternatif bahan ramah lingkungan lainnya, seperti limbah kopi, gabah padi, jagung, dan batang sorgum

Dalam Pertemuan Tahuan Forum Ekonomi Dunia 2020, Indonesia mengumumkan rencana untuk mengatasi polusi plastik dengan menargetkan mengurangi sampah plastik laut hingga 70% dalam waktu lima tahun. Kemudian pada 2040, berencana untuk sepenuhnya bebas polusi plastik.

Indonesia berada di posisi dilema di tengah target tersebut karena negara ini adalah pencemar plastik kedua tertinggi di lautan setelah Tiongkok. Jumlah sampah plastik yang dihasilkan di Indonesia setiap tahun tumbuh pada tingkat yang tidak berkelanjutan. Biota laut Indonesia terancam tercemar, diestimasi pada 2025, jumlah sampah plastik yang bocor ke lautan kita dapat meningkat menjadi 800.000 ton – jika tidak ada tindakan yang diambil.

Adapun, sektor swasta memainkan peran penting dalam mengurangi atau mengganti penggunaan plastik, mendesain ulang produk dan kemasan plastik, menggandakan pengumpulan dan daur ulang sampah plastik, dan membangun atau memperluas fasilitas pembuangan sampah. Perhatian ini pulalah yang menarik Rengkuh Banyu (CEO) dan Almira Fikrani (COO) pada awal 2018 untuk mulai memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengurangi sampah plastik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again