1. Startup

Sesi Emerging Tech Astranauts Conference 2023 Bahas Pentingnya Generative AI dan Teknologi ABCD-X Bagi Bisnis

Sesi ini membahas bagaimana kapabilitas Generative AI bisa dimanfaatkan bisnis dengan teknologi seperti AI, Blockchain, Cloud, dan juga Data.

Astranauts Conference 2023 akhirnya resmi digelar di Menara Astra pada Kamis, 8 Juni 2023. Mengusung "Building A Sustainable Future Through Technology", konferensi tersebut menjadi acara pertama yang digelar pada tahun ini, dan juga merupakan bagian dari kompetisi digital yang digelar Astra.

Salah satu sesi yang cukup ramai dihadiri adalah sesi emerging tech yang mengundang On Lee selaku CEO & CTO GDP Labs serta CTO GDP Venture. Dia mengupas bagaimana teknologi Generative AI yang ada dalam tool seperti ChatGPT, saing berkaitan teknologi ABCD-X.

Dalam penjelasannya, Generative AI akan saling berkaitan dengan teknologi ABCD-X, yang mana merupakan kepanjangan dari AI, Blockchain, Cloud, Data, serta "X" yang diklaim lebih dari sekadar teknologi ABCD.

"X di sini bisa extra beyond ABCD, seperti teknologi mobile, internet of things, web, security, dan masih banyak lagi," ujar On Lee.

"Sekarang semuanya serba terakselerasi. Teknologi seperti Generative AI yang ada pada ChatGPT, misalnya, pasti akan mengandalkan komponen seperti cloud dan data. Teknologi gabungan ini akan menjadi eksponensial dan bisa menciptakan kesempatan yang besar bagi bisnis yang memanfaatkannya, tidak cuma untuk sekarang tetapi di masa depan," lanjutnya.

Adapun On Lee turut menjelaskan beberapa benefit antara relevansi Generative AI dengan teknologi ABCD-X bagi bisnis yang menggunakannya. Dia mengklaim bisnis akan memiliki pemrosesan data yang lebih efisien, transaksi yang lebih aman, aksesibilitas meningkat, user experience yang lebih baik, serta pertumbuhan inovasi bisnis.

Dia juga memberikan salah satu studi kasus bisnis yang dialami platform payroll CATAPA, di mana mengalami beberapa masalah seperti payroll manual yang tidak efektif dan mudah error, masih bergantung pada manusia sepenuhnya, dan tidak memiliki standar kepatuhan terhadap peraturan baru.

"Sekarang, CATAPA memanfaatkan ChatGPT dan meluncurkan aplikasi berbasis Generative AI dengan kapabilitas dukungan teknologi ABCD-X. Aplikasi ini namanya HelpGPT, di mana membantu otomatisasi dalam kebutuhan administrasi, disbursement, serta menjawab pertanyaan yang sering diajukan pengguna (FAQ)," jelasnya.

Digelar Setelah Demo Day & Awarding Astranauts 2023

Seperti diketahui Astranauts Conference 2023 digelar sehari setelah acara Demo Day & Awarding Astranauts 2023, kompetisi untuk pengembangan inovasi di bidang digital dan teknologi bagi kalangan startup dan mahasiswa di Indonesia.

Selama masa penjaringan, Astra menyeleksi lebih dari 900 ide inovasi dari 2.200 pendaftar. Setelah melewati tahap kurasi, ada 23 finalis yang terdiri dari 12 startup dan 11 mahasiswa. Mereka juga telah memperoleh sesi mentorship dengan para pakar dari berbagai industri selama dua pekan, serta mempresentasikan konsep bisnis dan ide inovasi di hadapan Direksi Astra dalam rangkaian acara Demo Day.

Adapun setelah melewati serangkaian tahapan penjurian, terpilih masing-masing tiga pemenang pada jalur startup dan mahasiswa. Untuk startup diraih Fazpass sebagai juara 1, Blitz Electric Mobility sebagai juara 2, Seratuspersen Anak Nusantara sebagai juara 3. Sementara untuk kalangan mahasiswa, Karla Bionics meraih juara 1, Moona mendapatkan juara 2, dan MyECO juara 3.

Selain sesi emerging tech, Astranauts Conference 2023 juga menghadirkan sesi lain yang tak kalah menariknya, mulai dari sustainability, edutech, healthtech, agritech, mobility, fintech, logistics, serta media and entertainment yang dibawakan oleh lebih dari 25 tech leader, pemimpin industri, dan regulator untuk berbagi insight menarik.

Astranauts 2023 bermitra dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI), Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Biofarma, MRT Jakarta, Bank Indonesia, Blue Bird Group, GoTo, GovTech Edu Indonesia, GDP Labs, Sime Darby, MD Entertainment, Google APAC, Google Cloud Indonesia, Meta Indonesia, Microsoft Indonesia, AWS Indonesia, Halodoc, DANA, Mapan, Dagangan, Eduqat, eFishery, JALA, Rekosistem, Paxel, Waresix, Shipper, Noice, Ayoconnect, Kejora Capital, Plug and Play Indonesia, Arkblu, Chickin, Belajarlagi, MarkPlus Inc., WeTV Indonesia, Kumpul ID, Astra Startup Community, Binus University, dan Indonesia LPDP Entrepreneurs Club (ILEC) yang terlibat sebagai mentor, juri dalam Demo Day, dan pembicara dalam Astranauts Conference 2023.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again