1. Startup

Sinar Mas Berinvestasi ke 01Fintech untuk Dongkrak Kapabilitas Fintech Grup Perusahaan

01Fintech adalah private equity yang fokus pada sektor fintech di kawasan Asia Tenggara

Sinar Mas Group melalui anak usahanya, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (IDX: SMMA) atau Sinar Mas Financial Services mengumumkan investasi dan kemitraan strategis  dengan 01Fintech, yakni sebuah private equity (PE) yang fokus pada sektor fintech di kawasan Asia Tenggara. Tidak disebutkan secara mendetail terkait investasi yang diberikan.

Disampaikan dalam keterangan resminya, Sinar Mas Financial Services akan memanfaatkan berbagai keahlian 01Fintech untuk mentransformasi visi perusahaan di sektor fintech. Di antaranya memperdalam pemahaman pasar, keahlian teknis dan operasional, serta pengalaman dalam membangun unicorn.

Ini juga merupakan kerja sama terbaru dari sejumlah kemitraan strategis yang diumumkan perusahaan untuk mendongkrak kapabilitas fintech di Sinar Mas Group.

SMMA adalah anak usaha konglomerasi Sinar Mas Group yang memiliki portofolio layanan keuangan dan teknologi yang luas pada lebih dari 25 juta pengguna harian, mulai dari asuransi, sekuritas, perbankan, capital market, web3, hingga fintech.

President Commissioner SMMA Indra Widjaja mengungkapkan, "01Fintech punya rekam jejak yang terbukti dapat mengidentifikasi dan membina fintech potensial di Asia Tenggara. Kami yakin keahlian dan pendampingan 01Fintech akan berperan penting membangun ekosistem fintech untuk menciptakan kolaborasi yang seamless dan mengonsolidasikan sumber daya yang lebih baik. Kami antusias kemitraan ini membawa perubahan positif dalam industri dan ekosistem digital Indonesia yang lebih luas."

01Fintech didirikan  Founder & Managing Partner Kenny Man yang didukung dengan pengalaman kuat membangun fintech mencapai status unicorn di kawasan tersebut, serta perannya sebagai advisor.

"Kami berkomitmen membantu SMMA mencapai tujuan transformasi digitalnya dan membawa sinergi lebih besar ke Sinar Mas Group. Tugas kami dalam membina fintech potensial akan terus berlanjut, terutama dengan investasi tambahan dari SMMA. Kami harap kemitraan ini mendorong pertumbuhan fintech di Indonesia dan menjadi gelombang baru solusi keuangan inovatif yang akan mengubah industri ini," kata Man.

01Fintech mengklaim punya posisi berbeda dibandingkan PE lainnya yang disebut hanya memberikan investasi kepada startup di growth stage. Pihaknya menyebut memiliki jaringan LP global, terdiri dari CEO fintech terkemuka, pemilik usaha keluarga, hingga konglomerasi di Asia Pasifik, termasuk melakukan pendampingan strategis secara rutin, baik operasional, dan teknis kepada mitra portofolionya.

Kendaraan investasi

Sinar Mas telah memiliki sejumlah kendaraan investasi dengan ragam fokus berbeda. Salah satunya adalah Living Lab Ventures, perusahaan investasi yang punya target membangun ekosistem digital di bidang properti. Ada juga Sinar Mas Digital Ventures yang fokus memberikan pendanaan ke startup digital di berbagai area.

More Coverage:

Sebelumnya, Sinar Mas juga telah mengumumkan Urban Gateway Fund, melibatkan sejumlah mitra pemodal ventura strategis termasuk East Ventures dan Prasetia Dwidharma, yang fokus pada startup tahap awal di bidang pengembangan tata kota.

Sementara di sektor fintech, Sinar Mas melalui SMMA juga menanamkan modalnya di platform pembayaran DANA.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again