1. DScovery

Sinking Fund: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Membuat rencana keuangan dengan menggunakan metode sinking fund adalah salah satu cara untuk mengurangi financial stress yang bisa kamu lakukan. 

Sampai saat ini banyak orang yang menganggap bahwa sinking fund adalah istilah lain dari dana darurat, padahal keduanya memiliki perbedaan yang penting. Lalu apa itu sinking fund? Apa rumus perhitungannya? Simak selengkapnya di bawah ini mengenai pengertian, fungsi dan cara menghitungnya.

Apa Itu Sinking Fund?

Meski istilah tersebut jarang digunakan, sinking fund sebenarnya merupakan konsep tabungan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Secara terminologi, pengertian sinking fund adalah anggaran keuangan khusus untuk memenuhi kepentingan masa depan.

Oleh karena itu, setiap orang mengumpulkan dana yang semakin menipis dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pribadinya, misalnya untuk menikah, memulai bisnis, mempersiapkan liburan, dan lainnya.

Manfaat Sinking Fund

Melansir Ramsey Solutions menghadirkan beberapa perubahan dan manfaat yang akan kamy rasakan saat kamu memasukkan sinking fund ke dalam rutinitas budgeting.

Berikut adalah beberapa manfaat sinking fund:

1. Lebih Mudah Menyimpan Uang

Keuntungan utama dari sinking fund adalah dapat menghemat uang kamu dengan sangat akurat dan detail. Mulai dari kegunaannya untuk apa, kapan kegunaannya, hingga semua yang ada di dalamnya.

2. Dapat Merencanakan Pengeluaran Besar

Kamu dapat mengelola pengeluaran besar dengan baik seperti membeli kendaraan, renovasi rumah, dan liburan.

Dengan metode sinking fund, metode tabungan memberikan kendali penuh atas penggunaan uang, dan pengeluaran besar tidak lagi menjadi masalah.

3. Tidak Lagi Khawatir untuk Menggunakan Tabungan

Memilih jenis pengeluaran terlebih dahulu sebelum menyimpan uang memberi kamu keamanan lebih. Ketika kamu akhirnya membelanjakan uang itu, kamu tidak akan menyesal atau khawatir. Karena tujuan dan manfaatnya sudah jelas sejak awal.

4. Lebih Siap Menghadapi Pengeluaran yang Tak Terhindarkan

Inilah cara kamu dapat merencanakan pengeluaran kamu dengan lebih akurat. Maka kamu akan lebih siap menghadapi biaya yang tak terhindarkan.

Misalnya, jika ban mobilmu kempes dan perlu diganti, kamu bisa mulai menabung untuk membeli yang baru.

Fungsi Sinking Fund

1. Persiapan untuk Keinginan Jangka Panjang

Pertama, fungsi sinking fund adalah menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Untuk memenuhi semua keinginan hidup tanpa mengganggu situasi keuangan, kamu dapat mempersiapkan diri untuk keinginan jangka panjang dengan sinking fund.

2. Menghindari Utang

Fungsi utama sinking fund selanjutnya adalah menjauhkan kamu dari utang. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang rela berutang untuk memenuhi keinginannya. Padahal hutang yang berlebihan juga tidak baik untuk ketenangan pikiran. Kondisi lain jika kamu memutuskan untuk membayar sinking fund secara rutin. Bahkan jika kamu tidak dapat langsung mengabulkan keinginan tersebut, kamu masih dapat mengetahui kapan keinginan tersebut akan terkabul.

3. Menabung untuk Banyak Keinginan Sekaligus

Menabung untuk beberapa keinginan sekaligus merupakan fungsi tenggelam selanjutnya. Jika kamu memiliki banyak ambisi dan tidak ingin membahayakan kesehatan finansial kamu, sinking fund adalah solusinya.

Misalnya, kamu bisa menabung 10 juta rupiah selama dua tahun untuk membeli rumah. Tapi sebenarnya, di saat yang sama, kamu juga bisa menabung 3 juta rupiah dan 7 juta rupiah selama 4 tahun untuk membeli rumah dan mobil sendiri.

4. Jangka Waktu Kinerja yang Lebih Jelas

Terakhir, fungsi dari sinking fund adalah untuk memberikan jangka waktu yang lebih jelas untuk mencapai tujuan. Dengan menyusun keinginan untuk jangka waktu tertentu, ada baiknya kamu mengembangkan dana pelunasan. Sehingga kamu rajin menyisihkan dana untuk memenuhi keinginan kamu di masa yang ditargetkan.

Cara Membuat Sinking Fund

1. Tentukan untuk Apa Kamu Menyimpan Uang

Saat kamu menyiapkan sinking fund, kamu harus menentukan terlebih dahulu untuk apa uang itu akan digunakan.

Misalnya, kamu ingin menabung untuk liburan akhir tahun dan menyisihkan uang untuk nanti. Tujuannya agar kamu tidak terlalu boros dan tetap memiliki uang untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Putuskan Dimana Kamu akan Menyimpan Sinking Fund

Setelah tujuan ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan di mana akan disimpan.

Misalnya, jika kamu ingin menyimpan secara terpisah dari tabungan kehidupan sehari-hari, kamu memerlukan akun baru. Dimana kamu menyimpan uang kamu juga memengaruhi kinerja dana pelunasan di masa mendatang.

More Coverage:

Jika perlu, gunakan aplikasi Anggaran untuk melacak tabungan dan pengeluaran akun kamu.

3. Tentukan Jumlah Uang yang Ingin Disimpan

Langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yang kamu butuhkan. Dengan metode sinking fund, total jumlah yang dibutuhkan akan dibagi dengan waktu yang kamu miliki.

4. Buat Sinking Fund Sesuai Budget

Hal penting lainnya tentang menyiapkan sinking fund adalah memastikan bahwa uang yang kamu simpan tetap dalam batas anggaran yang tersedia.

Terlepas dari metode penghematan yang digunakan dan perencanaan anggaran, penting untuk memastikan kamu tetap sesuai anggaran. Ini membuat situasi keuangan kamu lebih stabil.

Nah, penjelasan sinking fund di atas cukup menjadi dasar untuk kamu yang ingin memulai memilih metode ini untuk perencanaan keuangan yang lebih simpel dan baik. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again