1. Startup

Situs Travel Gonla Diam-Diam Diluncurkan, Unggul Dalam Dukungan Sistem Pembayaran

Pada bulan Maret yang lalu, Rama pernah menuliskan sebuah artikel tentang sebuah situs travelling bernama Gonla dari grup media Viva yang pada waktu itu akan diluncurkan. Tampaknya mulai bulan Agustus ini, situs tersebut diam-diam telah diluncurkan dan sudah dapat dinikmati oleh para pengguna.

Gonla, layaknya situs online travel lainnya, melayani reservasi hotel dan tiket pesawat secara online. Untuk saat ini sepertinya hanya fokus melayani pengguna pada kedua hal tersebut. Namun hal yang membuat Gonla agak berbeda adalah pada sistem pembayaran yang mereka terapkan di situsnya. Sistem pembayaran Gonla sendiri dapat dikatakan optimal karena menyesuaikan dengan culture belanja online di Indonesia.

Gonla dapat melayani pembayaran menggunakan kartu kredit, Paypal, e-banking, ATM, bank transfer, dan bahkan mendukung pembayaran tunai di kantor Gonla. Dibandingkan dengan pemain lainnya di segmen travel, bisa dibilang Gonla adalah yang memiliki dukungan mekanismen pembayaran paling lengkap.

Untuk bank transfer, Gonla sendiri telah bekerja sama dengan beberapa bank besar seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, dan Permata Bank. Namun, untuk layanan transfer bank sendiri tampaknya baru dapat digunakan untuk reservasi tiket pesawat saja, sedangkan layanan reservasi hotel untuk saat ini juga baru dapat menggunakan kartu kredit, PayPal, dan layanan online banking milik BCA yaitu KlikPay.

Memang, Gonla sendiri adalah pemain (startup) baru di segmen travel ini, namun mereka sama sekali tidak bisa diremehkan. Kedepannya, persaingan di segmen online travel sendiri akan semakin panas dengan adanya startup seperti Tiket, GoIndonesia, RajaKamar, Wego, Valadoo dan sebagainya. Tentunya, dengan dukungan grup konglomerasi besar yang ada di belakangnya, Gonla memiliki keuntungan tersendiri meskipun tidak ada jaminan Gonla akan mengalahkan pemain lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again