1. DScovery

Skala Prioritas: Definisi, Faktor dan Manfaatnya bagi Bisnis

Analisis yang membantumu mengambil keputusan terbaik bagi bisnismu

Mengelola bisnis dalam situasi ekonomi yang tidak menguntungkan memang tidak mudah, tetapi jika kamu mengingat prioritas bisnismu, kemungkinan besar bisnis milikmu akan bertahan.

Tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis dan hal ini kadang membuat kita bingung mana hal yang paling penting dan mana yang harus didahulukan.

Oleh karena itu, skala prioritas bisnis dapat membantu kamu awas terhadap urusan penting.

Lalu apa yang dimaksud dengan skala prioritas?

Bagaimana cara menetapkan prioritas dalam bisnis? Apa manfaat dari membuat skala prioritas?

Berikut DailySocial.id akan menjelaskannya secara sederhana padamu!

Definisi Skala Prioritas

Skala Prioritas adalah ukuran kebutuhan yang disusun dalam bentuk daftar menurut tingkat kebutuhan seseorang, dimulai dari kebutuhan yang paling penting dan diakhiri dengan kebutuhan yang bisa ditunda.

Skala prioritas ini juga dapat digunakan sebagai strategi dalam menjalankan bisnis atau memulai bisnis baru. Pembuatan skala prioritas ini dapat dimulai dari yang tertinggi, misal saat mengajukan modal ventura dan melakukan riset pasar.

Selain itu, segala persiapan untuk memulai usaha dapat dimasukkan dalam skala prioritas ini, agar nantinya pengelolaan usaha berjalan lebih baik dan tidak dibingungkan dengan permasalahan kebutuhan yang tidak begitu diperhitungkan.

Faktor Pengaruh Skala Prioritas

Dalam menyusun sebuah skala prioritas dalam bisnis dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar. Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi pembuatan skala prioritas :

Tingkat Pendapatan

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat membuat skala prioritas adalah tingkat pendapatan. Saat membuat skala prioritas, faktor ini merupakan indikasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan modal.

Tentu saja, jika kamu memiliki penghasilan tinggi, kemungkinan besar menyisihkannya untuk modal lebih baik begitupun sebaliknya.

Status Sosial

Status sosial mencakup hal-hal yang mempengaruhi kamu saat membuat skala prioritas. Semakin tinggi status sosial, semakin besar kebutuhannya. Hal ini sedikit banyak mengganggu fokus kamu dalam membangun bisnis karena kamu memiliki tanggung jawab lain selain menjalankan bisnis.

Lingkungan Sosial

Faktor yang tidak kalah pentingnya selain status sosial adalah lingkungan sosial. Lingkungan mempengaruhi cara berpikir dan gaya hidup seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jadi sekarang kamu bisa membuat skala prioritas, kamu bisa memperhatikan kondisi lingkungan, kemudian kamu bisa menyusun skala prioritas yang akan membantu kamu memenuhi kebutuhan hidup anda secara akurat dan cermat.

Manfaat Adanya Skala Prioritas

Adanya skala prioritas yang disusun akan sangat memudahkan kamu dalam merencanakan dan mempersipkan bisnis yang akan dijalankan.

Sebagai Penyortir

Skala prioritas ini berguna untuk memilah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda.

Keadaan ini membuat kamu lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang lebih penting dari kebutuhan lain tanpa melupakan hal-hal lain.

Sebagai Petunjuk

Skala prioritas ini juga bisa menjadi petunjuk kamu dalam mengelola kebutuhan yang diperlukan saat bisnis yang dikerjakan sedang berlangsung.

Kamu bisa menyusun skala kepentingan yang dimiliki oleh masing-masing subjek atau kegiatan.

Sebagai Acuan

Kamu memerlukan rujukan untuk memperluas atau menambah bisnis yang sudah ada.

Oleh karena itu, menetapkan skala prioritas sebelum memulai bisnis, ini akan sangat membantu jalanmu. Kamu dapat mulai menulis secara ekstensif tentang keterampilan dan peluang, dan mulai memikirkan manfaat bisnis milikmu.

Skala prioritas menunjukkan kepada kamu kapan kamu perlu berinovasi agar produk atau jasa yang kamu tawarkan menarik lebih banyak konsumen. Kamu juga bisa mengetahui kapan waktu yang tepat ketika ingin mengurangi atau menambah produk yang dihasilkan.

Dengan skala prioritas ini, bisnis kamu benar-benar dapat berjalan lebih lancar dan berorientasi pada tujuan.

Menyusun Skala Prioritas

Memiliki skala prioritas dalam bisnis baru sangatlah penting. Kamu jadi tahu hal apa saja yang harus disiapkan baik dari sisi teknis maupun non teknis. Sebelum menyusun skala prioritas ini, kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut ini :

Tingkat Urgensi

Urgensi memiliki arti mendesak dan merupakan kebutuhan yang paling utama. Dari segi prioritas, urgensi ini diartikan sebagai hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Jadi jika ingin menetapkan skala prioritas, yang terpenting adalah kebutuhan yang mendesak.

Misalnya membuat daftar kebutuhan terpenting yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar bisnis yang direncanakan berjalan dengan baik.

Jangan lupa untuk membuat daftar kebutuhan yang harus kamu bayar setiap bulannya, seperti biaya operasional, gaji karyawan, dan pajak. Bahkan jika kamu memiliki hutang bisnis, kamu harus menjadikannya sebagai prioritas.

Menilai Jumlah Produk

Produk yang dijual harus diverifikasi. Ini mungkin mengacu pada bahan baku dari produk yang dijual. Jika produk yang diinginkan sulit didapat, maka harus dimasukkan dalam skala prioritas tertinggi.

Hal itu karena agar kamu tidak akan kesulitan mendapatkan bahan baku yang berkualitas nantinya.

Kualitas produk yang ditawarkan merupakan aset terpenting untuk menarik minat konsumen. Selain itu, manajemen inventaris yang tepat juga dapat meningkatkan kecepatan bisnis kamu.

Pertimbangan Masa Depan

Saat menetapkan prioritas, masa depan perusahaan yang akan dikelola juga harus diperhitungkan. Kamu harus hati-hati mempertimbangkan rencana jangka panjang perusahaan pelaksana, termasuk melakukan analisis pasar.

Analisis pasar dapat membantu kamu menemukan cara baru untuk mengembangkan bisnis milikmu. Saat mempersiapkan dan merencanakan, kamu harus memiliki beberapa opsi alternatif untuk rencana bisnis ini.

Oleh karena itu, jika nanti kamu menerima hal-hal yang tidak diharapkan mengenai masa depan bisnis ini, kamu sudah memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Kesempatan yang Dimiliki

Peluang menarik yang tidak muncul untuk kedua kalinya tentunya akan mengubah skala prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika kamu dihadapkan pada peluang yang menguntungkan, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang tersebut.

Namun, sebelum kamu menggunakan opsi ini, kamu dapat melihat skala prioritas yang dibuat sebelumnya. Kamu bisa mempertimbangkan kemungkinan ini setelah melihat skala prioritasnya.

Hal ini dilakukan agar nantinya kamu tidak menyesal memanfaatkan kesempatan ini atau menyerah.

Kemampuan yang Dimiliki

Ini harus diperhitungkan saat menetapkan prioritas saat memulai bisnis. Skill adalah hal terpenting yang dibutuhkan dalam bisnis.

Keterampilan yang dimaksudkan dapat bervariasi, misalnya; kemampuan menyusun anggaran, kemampuan bersaing dengan pesaing dan keterampilan lain yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia atau bahan produksi.

Oleh karena itu, dalam bisnis, membuat skala prioritas, analisis kemampuan kamu harus diperhitungkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian, faktor, dan manfaat dalam menyusun skala prioritas dalam bisnis.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika skala prioritas ini merupakan hal yang penting dan sangat berguna jika kamu ingin mengembangkan sebuah bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again