26 January 2017

by Yoga Wisesa

Smartfren Luncurkan Dua Handset Andromax Baru, Gagas Program Gratis Internet Setahun

Selain dua smartphone, Smartfren juga memperkenalkan device MiFi Andromax M3S.

Dalam acara pers pertama Smartfren di tahun 2017, perusahaan telekomunikasi penggagas teknologi 4G LTE-Advanced di Indonesia itu menjelaskan bahwa meningkatnya penggunaan internet berbasis 4G mendorong mereka untuk terus memperlihatkan keseriusan mengayomi konsumen. Salah satu caranya ialah dengan memperkenalkan sejumlah device dan program baru.

Di sana, Smartfren meluncurkan sepasang smartphone Andromax baru, memperkenalkan perangkat mobile Wi-Fi Andromax M3S, serta menyingkap paket 'Gratis Internet Setahun' berbasis jaringan 4G LTE. Layaknya anggota keluarga Andromax lain, dua handset anyar tersebut ditawarkan di harga yang sangat kompetitif, disiapkan sebagai smartphone entry-level. Mereka adalah New Andromax L dan Andromax B.

Hardware Andromax L dan Andromax B diproduksi oleh Haier, diramu sebagai instrumen terjangkau bagi semua kalangan untuk mengakses konten internet - baik bagi Anda yang sedang berhemat ataupun para pengguna pemula.

Andromax B

Diramu untuk menjembatani mingrasi user 2G/3G yang ingin mulai mencoba menikmati kecanggihan 4G LTE. Smartphone ini dilengkapi berbagai fitur layaknya device Android modern dan sudah beroperasi di platform Android 6 Marshmallow. Menariknya lagi, Smartfren betul-betul menekan harga Andromax sehingga ia bisa dimiliki dengan mengeluarkan uang kurang dari Rp 900 ribu.

Andromax B ialah smartphone berlayar IPS FWVGA (854x480, dengan rasio 16:9) seluas 4,5-inci. Panel tersebut menyimpan teknologi sunlight visibility improvement racikan Snapdragon sehingga konten tetap terlihat jelas walaupun handset dipakai di bawah teriknya sinar matahari.

Ia memang bukan device bertubuh tipis, tapi berkat ukuran display yang tidak terlalu besar, Andromax B masih keluar-masuk kantong celana dengan mudah. Dua tombol fisik (volume dan power) bisa ditemukan di sisi kanan, lalu port micro USB untuk charging dan transfer data berada di kiri.

Device ini diotaki sytem-on-chip Qualcomm Snapdragon 210, berisi CPU quad-core ARM Cortex A7 1,1GHz dan GPU Adreno 304. Andromax B turut dibekali RAM sebesar 1GB dan flash memory 8GB, ditenagai oleh unit baterai 1.950mAh. Haier membubuhkan sensor ambient light, proximity, beserta fungsi radio FM, Wi-Fi tethering dan GPS. Selain itu, device sudah ditopang teknologi VoLTE dan VoWIFI.

Untuk kebutuhan fotografi sendiri, Andromax B mempunyai kamera depan 5-megapixel dan kamera belakang 5-megapixel.

Andromax L

Meskipun penampilan Andromax L tak jauh berbeda dari saudaranya itu, device ini lebih mumpuni dalam menyajikan konten multimedia seperti game, musik, hingga video. Anda mendapatkan cover baterai berbahan plastik dengan tekstur garis-garis halus, lalu letak tombol fisik serta port microUSB-nya sama seperti Andromax B, juga berjalan di sistem operasi Android 6 Marshmallow.

Bedanya, Andromax L menghidangkan layar IPS 5-inci 720p dengan perlindungan kaca 2.5D Dragontrail, dipadu teknologi SVI sehingga video tersuguh lebih optimal. Di sisi audio, Andromax L ditunjang fitur DTS Audio Enhancer - menjanjikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih berkualitas. Lalu fitur VoLTE dan VoWIFI juga tersedia di sana.

Sebagai otaknya, produsen menyematkan SoC Qualcomm Snapdragon 212 ke dalam Andromax L, terdiri atas prosesor quad-core ARM Cortex A7 1,3GHz dan GPU Adreno 304. Komponen tersebut dibantu RAM sebesar 2GB dan menyuguhkan penyimpanan internal 16GB. Selanjutnya, unit baterai 2.400mAh di dalam didukung fungsi quick charge, sehingga proses isi ulang dayanya bisa berjalan lebih cepat. Device turut dilengkapi sensor magnet, accelerometer, proximity, ambient, terdapat pula radio FM, GPS serta fitur Wi-Fi tethering.

Spesifikasi kameranya tentu saja lebih canggih dari Andromax B. Ada sensor back-illuminated 8Mp autofocus di kamera utama plus flash LED, serta kamera depan fixed-focus berlensa wide angle 5Mp untuk selfie.

Gratis Internet Setahun (GIS)

Seperti tajuknya, Smartfren menawarkan akses internet gratis selama satu tahun, berlaku untuk setiap pembelian Andomax A, B dan L (sebesar 30GB) serta MiFi M3S (hingga 39GB). Promo ini bisa diperoleh dengan melakukan isi pulsa minimal Rp 60 ribu, disajikan 2GB tiap bulan - maksimum 12 kali pengisian pulsa atau 12 bulan sejak aktivasi dilakukan.

Andromax M3S

Merupakan hasil dari kolaboasi Smartfren dengan LG, Andromax M3S adalah modem Wi-Fi LTE Cat. 4 dengan chipset Qualcomm MDM 9307. Ia bisa menampung sampai 32 user, ditunjang fitur penyimpanan wireless, mempunyai slot microSD (kompatibel hingga 32GB), dan ditenagai baterai 3.000mAh. Tersedia dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih.

Harga & ketersediaan

Smartphone New Andromax B, Andromax L, MiFi Andromax M3S bisa segera Anda beli di toko-toko retail lokal. Dan dengan tersedianya produk-produk ini, program Gratis Internet Setahun juga sudah bisa dinikmati. Di bawah ini adalah daftar harganya:

  • Andromax M3S - Rp 500 ribu
  • New Andromax B - Rp 850 ribu
  • New Andromax L - Rp 1,25 juta