1. Startup

DSInnovate Luncurkan “Startup Report 2023”, Bahas Dinamika Startup Indonesia

Laporan ini menyoroti berbagai data ekosistem startup Indonesia seperti pendanaan, M&A, hingga sektor yang diproyeksikan naik daun di tahun ini

DSInnovate, unit riset dari DailySocial.id, baru saja merilis Startup Report 2023. Ini merupakan laporan tahunan yang mengulas tentang dinamika ekosistem startup di Indonesia dalam satu tahun terakhir.

Gambaran tentang ekosistem di tahun 2023 menjadi menarik diketahui, pasalnya banyak founder dan investor mengatakan bahwa tech-winter masih sangat terasa di tahun lalu. Hal ini terbukti dengan catatan data yang dikemukakan dalam laporan, bahwa terjadi penurunan total pendanaan mencapai 33,19% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini sekaligus menjadi tren penurunan yang terjadi berturut-turut pascapandemi, membawa perolehan investasi kembali di titik sebelum pandemi.

Data pendanaan di Startup Report 2023

Selain soal pendanaan, Startup Report 2023 juga membahas tentang daftar dana kelolaan yang berhasil ditutup putarannya oleh pemodal ventura untuk startup Indonesia. Terdapat juga data mengenai tren M&A yang melibatkan startup lokal dan perspektif mengenai startup yang akhirnya melakukan pivot atau menutup unit bisnisnya.

Laporan ini juga mengangkat perspektif dari stakeholder di industri, untuk mendapatkan komentar mengenai topik pembahasan tertentu. Misalnya Founder & CEO Baskit Yann Schuermans, memberikan gambaran tentang tren digitalisasi di sektor manufaktur dan distribusi. Ia mengatakan bahwa salah satu 'pembunuh' terbesar dalam bisnis ini adalah 'asset heaviness', saat pebisnis terlalu fokus pada persediaan dan mengambil posisi kredit yang terlalu besar.

Tidak dimungkiri sepanjang dua tahun terakhir, digitalisasi di sektor distribusi memang tengah gencar dilakukan oleh inovator, baik melalui model B2B Commerce ataupun Digital Supply Chain.

Untuk mendapatkan gambaran selengkapnya, termasuk mengenai proyeksi sektor yang akan menjadi tren di tahun 2024, unduh Startup Report 2023 melalui tautan berikut ini: klik di sini.

-

Disclosure: Mandiri Capital Indonesia dan Xendit mendukung pengembangan laporan ini

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again