1. Startup

Akuisisi Astra Terhadap OLX Tidak Termasuk Lini Otomotif dan Properti

Perwakilan Lamudi mengonfirmasi bahwa OLX Properti tetap akan dikelola tim mereka

PT Astra Digital Mobil (ADMO) mengungkap masih akan mempertahankan nama OLX Indonesia sebagai merek platform iklan baris digital pasca-akuisisi. Namun, pihaknya terbuka terhadap kemungkinan rebranding OLX Indonesia di masa depan yang akan mengikuti dinamika pasar dan bisnis.

"Memperkuat ekosistem digital Astra dan memberikan solusi lengkap bagi pelanggan, serta mempertahankan merek OLX yang telah mapan menjadi faktor penting dari strategi akuisisi ini. Saat ini, ADMO akan memanfaatkan ekuitas merek dan top-of-mind OLX Indonesia yang memiliki basis pelanggan luas untuk mendukung strategi pertumbuhan kami," tutur Presiden Direktur Astra Digital Mobil Naga Sujady dalam keterangan tertulis kepada DailySocial.id.

Pernyataannya sekaligus ingin menegaskan aksi korporasi Astra tidak melibatkan afiliasi PT Tokobagus dengan OLX Autos sebagaimana ditulis dalam pemberitaan DailySocial.id sebelumnya.

Perlu diketahui, OLX Indonesia sebelumnya menaungi platform iklan baris (OLX Classifieds) dan platform jual-beli mobil bekas (OLX Autos). Namun, OLX Autos berada di bawah entitas terpisah, yakni PT Mobil Laku Indonesia (MLI). Demikian juga unit bisnis OLX Properti yang kepemilikannya telah dilepas OLX Indonesia ke Lamudi pada 2022. Perwakilan Lamudi telah mengonfirmasi bahwa OLX Properti masih dikelola oleh platform real-estate tersebut.

Adapun, PT Astra International Tbk (IDX: ASII) resmi mengakuisisi 100% kepemilikan saham PT Tokobagus (OLX Classifieds) melalui anak usahanya, yakni PT Astra Digital Mobil (ADMO) sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional (ADI) sebesar 0.02% pada akhir Juli 2023.

Naga tidak mengelaborasi lebih lanjut mengenai rencana pengembangan platform iklan baris OLX dan sinerginya dengan Grup Astra. Ia memastikan sampai saat ini OLX  akan tetap menjadi satu entitas tersendiri di bawah PT Astra Digital Mobil. Adapun, OLX Classifieds memulai debutnya dengan identitas baru pasca-akuisisi di pameran otomotif GIIAS 2023.

"Struktur organisasinya masih menjadi salah satu topik yang kami bahas dalam proses transisi ini. Kami pastikan bahwa layanan kami kepada pelanggan akan terus berjalan seperti normal," tambahnya.

More Coverage:

OLX Autos tidak ikut serta dalam transaksi akuisisi ini bisa jadi dikarenakan Grup Astra telah punya platform jual-beli mobil bekas sendiri, yakni mobbi. Platform tersebut menghubungkan showroom di Grup Astra kepada pembeli mobil bekas. Mobbi juga diintegrasikan penuh ke seluruh ekosistem Astra, mulai dari Toyota, Daihatsu, IBID, Auto TRUST, ACC group, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra Buana, hingga AstraPay.

OLX dikenal luas sebagai platform iklan baris populer di Indonesia. Berdasarkan data Similarweb per Juli 2023, total kunjungan OLX.co.id mencapai 12 juta per bulan. Pasar iklan baris digital di Indonesia masih besar sejalan dengan peningkatan penetrasi internet yang telah menembus 78% atau setara 215 juta jiwa berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again