1. Startup

SuperBestDeal.com: Aggregator Layanan Daily Deals Lokal

Kita tentunya telah mendengar berbagai berita, baik di DailySocial maupun di media yang lain tentang pertumbuhan layanan penawaran kupon diskon atau daily deals, tulisan saya terdahulu juga menyebutkan bahwa masing-masing layanan punya target sendiri-sendiri meski rata-rata mengarah ke pangsa pasar yang sama.

Dengan pertumbuhan ini tentunya membuka peluang bagi sebuah layanan yang mengumpulkan atau menyediakan informasi atas berbagai layanan daily deals, peluang itulah sepertinya yang ingin diambil oleh SuperBestDeal.com. Dikembangkan oleh dua orang Sanny Gadafi serta Terry, aplikasi web dan mobile ini menyediakan layanan utama yaitu aggregator dari layanan daily deals yang ada di Indonesia.

Dari penjelasan yang ada di blog Sanny, SuperBestDeal awalnya dikembangkan bukan sebagai aggregator, tetapi sebuah website daily deals atau situs yang memberikan layanan pembelian secara grup, bahkan mereka telah mendapatkan merchant yang ingin diajak kerja sama, namun pada akhirnya Sanny dan Terry memutuskan untuk berubah haluan dan menjadikan SuperBestDeal sebagai aggregator layanan daily deals.

Banyaknya layanan yang memberikan penawaran kupon potongan harga memang memunculkan tingkat persaingan yang cukup tinggi, ada sekitar 20 lebih layanan daily deals yang ada di Indonesia, dengan sebagian besar bersaing di penawaran yang sama, yang berhubungan dengan gaya hidup, elektronik, makanan dan wisata.

SuperBestDeal juga merupakan salah satu peserta yang pitch di JVN 2011, Jumat kemarin, dari penjelasan Terry, layanan mereka akan dimaksimalkan pada perangkat bergerak, ini juga dijelaskan oleh Sanny, "konsentrasi penuh di aplikasi mobile-nya, dan integrasi SuperBestDeal dengan website-website yang di aggregate bisa lebih dalam lagi dengan implementasi API yang sudah disediakan oleh SuperBestDeal, sehingga kedepannya setiap website daily deal ini cukup berkonsentrasi kepada mendapatkan deal mereka masing-masing, pengembangan aplikasi mobile nantinya mereka bisa mengandalkan SuperBestDeal."

Saat ini ada 8 layanan daily deals yang diaggregasi oleh SuperBestDeal, diantaranya adalah DealKeren, Disdus, OgahRugi. Untuk monetisasi, Sanny menjelaskan bahwa ada beberapa rencana pemasukan yang akan dijalankan SuperBestDeal, selain referral fee yang didapatkan dari merchant yang diaggregasikan, yang paling utama adalah location based add yang mengarah ke iklan yang berhubungan dengan lokasi dimana pengguna berada. Dengan fokus pada pengembangan aplikasi untuk perangkat bergerak, penempatan iklan ini bisa dimaksimalkan.

Saat ini memang pengembangan mobile app dari SuperBestDeal sepertinya masih tahap awal, seperti juga situs mereka saat ini baru menyediakan informasi berupa kotak-kotak yang berisi penawaran dari layanan daily deals yang diaggregasi dengan pilihan untuk memilih kategori penawaran.

Meski dengan model dan format yang berbeda, saya sendiri jadi ingat dengan layanan AdaDiskon, yang mengumpulkan berbagai informasi diskon dari berbagai merchant, baru-baru ini AdaDiskon juga akhirnya meluncurkan layanan daily deals mereka sendiri yang bernama AkuPlusKamu.

Fokus pada perangkat bergerak dan memberikan akses layanan aplikasi untuk para pengguna dari ponsel juga bisa menjadi strategi yang tepat, meski beberapa layanan daily deals telah memilki mobile app masing-masing, namun sejauh yang saya tahu, masih banyak juga yang belum mengembangkan secara serius mobile app-nya karena masih memaksimalkan pelayanan dari web, yang berarti peluang yang ingin disasar SuperBestDeal masih terbuka lebar.

Strategi mengaggregasi para groupon clone memang sebenarnya tidak benar-benar baru, terutama di negara yang jumlah layanan group buying-nya tumbuh pesat, bahkan Bing juga merilis aggregator untuk layanan daily deals, namun setahu saya, untuk Indonesia, baru SuperBestDeal yang mengumumkan secara resmi aplikasi mereka.

SuperBestDeal memang sepertinya tidak akan menyediakan pembelian kupon dari layanan mereka sendiri, SuperBestDeal lebih memilih untuk berteman dengan para pemain daily deals dari pada bersaing dengan mereka. Seperti juga yang dikatakan Sanny, "If you cannot compete them, aggregate them!"

Mari kita lihat perkembangan apa yang akan dilakukan SuperBestDeal, saya sendiri tertarik untuk melihat strategi iklan mereka yang nantinya akan diimplementasikan pada mobile app SuperBestDeal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again