Supply Chain Manager: Pengertian, Tugas, Kemampuan dan Keterampilannya
Sebagai orang yang sangat ini di karier SCM, kamu perlu mengetahui dasar-dasarnya sebelum terjun langsung di bidang ini.
Supply cain mencakup tiga aliran, yaitu material, informasi, dan sumber daya. Ketiga aliran ini saling bergantung. Tantangan bagi supply chain manager adalah mengelola tiga arus material, informasi, dan sumber daya dalam lingkungan bisnis dan kerja yang semakin kompleks dan kompetitif.
Kita tahu bahwa tujuan utama supply chain management (SCM) adalah membuat organisasi dan bisnis dengan perseptif lintas fungsi, berlawanan dengan perspektif fungsional atau berbasis silo. Oleh karena itu, supply chai manager di masa mendatang membutuhkan keterampilan profil berbentuk T (T-shaped).
Sebelum lebih lanjut lagi, kamu perlu tahu dulu dasar-dasar mengenal supply chain manager. Berikut Dailysocial.id merangkumnya pada tulisan di bawah ini!
Apa Itu Supply Chain Manager?
Supply Chain Manager adalah orang yang mengarahkan atau mengoordinasikan produksi, pembelian, penyimpanan, distribusi, dan perkiraan layanan atau operasi untuk mengendalikan biaya dan meningkatkan akurasi, layanan pelanggan, atau keselamatan.
Supply chain manager juga mencari cara untuk menyederhanakan berbagai fungsi untuk memenuhi kebutuhan distribusi produk. Mereka juga mengontrol pergerakan, penyimpanan, atau penggunaan inventaris.
Tugas dari Supply Chain Manager
Menjadi supply chain manager harus siap menjalankan beberapa tugas ini. Berikut 5 tugas dari supply chain manager:
• Memperkirakan permintaan pembeli dan membuat rencana inventaris yang memastikan ketersediaan bahan atau produk.
• Memantau perkiraan dan kuota untuk memenuhi perubahan dan mengetahui dampaknya terhadap operasi supply chain.
• Menetapkan metrik kinerja untuk mengevaluasi faktor rantai supply seperti biaya atau kualitas produk.
• Menganalisis gudang untuk mengetahui cara meningkatkan sirkulasi gudang, mengurangi pemborosan, atau meningkatkan layanan pelanggan.
• Mengembangkan prosedur untuk mengkoordinasikan manajemen supply chain dengan area lain seperti penjualan, pemasaran, keuangan, manufaktur, atau jaminan kualitas.
Pengetahuan untuk Menjadi Supply Chain Manager
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen, termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik manajemen, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses layanan pelanggan dan personal. Ini termasuk menilai kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan dan mengevaluasi kepuasan pelanggan.
Matematika
Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, analisis, statistik dan aplikasinya.
Produksi dan Pengolahan
Pengetahuan tentang bahan baku, proses manufaktur, kontrol kualitas, biaya dan teknik lainnya untuk memaksimalkan produksi produk dan efisiensi distribusi.
Transportasi
Pengetahuan tentang prinsip dan metode transportasi orang atau barang melalui udara, kereta api, laut atau jalan raya, termasuk pertimbangan biaya-manfaat.
Skill yang Dibutuhkan Supply Chain Manager
Aktif Mendengarkan
Membereskan perhatian sepenuhnya pada apa yang dikatakan orang lain, luangkan waktu untuk memahami poin-poin yang disampaikan, ajukan pertanyaan yang masuk akal, dan interupsi pada waktu yang tepat.
Memecahkan Masalah yang Kompleks
More Coverage:
Identifikasi masalah yang kompleks dan tinjau informasi yang relevan untuk mengembangkan dan mengevaluasi alternatif dan solusi yang layak.
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang diambil dengan tindakan orang lain.
Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja
Berbicara
Berbicara dengan orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif
Nah, demikianlah pengetahuan mengenai supply chain manager. Tentu untuk berkarir di sini membutuhkan perjuangan tapi pasti kamu bisa mendapatkannya. Apakah kamu tertarik dengan karir ini?
Sign up for our
newsletter