1. Startup

Tada Perluas Layanan, Luncurkan Platform Kirim Hadiah “Tada Gifting”

Engine Tada Gifting digunakan untuk bisnis Giftee di Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Australia

Startup pengembang platform loyalty & reward Tada merilis layanan baru Tada Gifting untuk memudahkan perusahaan skala menengah hingga besar mengirimkan hadiah ke pelanggan, klien, mitra, dan karyawannya. Tada Gifting berbentuk perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengirim hadiah dengan beberapa klik melalui satu dasbor.

“Tada Gifting merupakan produk terbaru kami yang diluncurkan sebagai jawaban atas kerumitan yang dihadapi berbagai perusahaan dalam hal memberikan hadiah yang tepat sasaran dengan mudah, guna membangun relationship dan meningkatkan loyalty,” ujar Co-founder Tada Rebecca Agiestha dalam konferensi pers, kemarin (29/9).

Platform Tada Gifting ini menyasar perusahaan skala menengah ke atas sebagai pengguna, saat ingin memberikan hadiah kepada stakeholder penting dalam bisnisnya, mulai dari prospek, klien, pelanggan setia, mitra, dan karyawan. Sebagai nilai lebih, perusahaan hanya perlu membayar hadiah yang di-redeem saja sehingga pemberian hadiah dapat lebih terencana dan terukur.

Senior Business Director Tada Juan Ariestya menambahkan, consumer journey dari Tada Gifting ini simpel, perusahaan hanya perlu sign up, mengatur budget, memilih item hadiah, kirim tautan ke kontak yang sudah dimiliki melalui email, SMS, atau WhatsApp, dan track jumlah orang yang redeem hadiah tersebut. Beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Tada Gifting ini, di antaranya Alfamart, Blibli, Shopify, MAP Club, Garuda Miles, Lazada, Sirclo, Jubelio, dan lainnya.

Pengiriman hadiah juga bisa disertai dengan catatan atau pesan personal untuk si penerima, sehingga memungkinkan terjalinnya hubungan yang lebih dekat ke depannya. “Saat ini, di mana semua orang memiliki kesibukan yang sangat tinggi dan segala sesuatu diautomasi secara massal, hubungan personal yang dibangun melalui apresiasi seperti gifting akan memberikan kesan mendalam bagi penerimanya,” kata Juan.

Tak hanya sekadar gifting, sambungnya, Tada Gifting dapat menjadi alternatif bagi perusahaan pemilik brand untuk mengirim sampel dari produk yang baru dirilis melalui database konsumernya untuk melihat respons pasar. Jadi pilihan hadiah bisa terkostumisasi, tanpa harus mengandalkan sepenuhnya dari merchant yang bekerja sama dengan Tada.

Perusahaan juga mendapat fleksibilitas untuk mengirimkan hadiah dalam satu voucher, pilih salah satu dari beberapa pilihan voucher, atau bisa menerima lebih dari satu jenis voucher. Fleksibilitas tersebut sebelumnya belum disediakan oleh pemain loyalty & reward yang ada di Indonesia. Hal ini membawa optimisme Tada bisa mengembangkan lebih jauh terkait solusi ini.

Oleh karena itu, solusi Tada Gifting ini akan diperluas ke bisnis Tada lainnya di luar Indonesia, melalui Giftee, investor Tada yang memiliki cakupan bisnis di Asia. Menurut Juan, Malaysia sudah turut mengimplementasikan engine dari Tada untuk bantu pemerintah setempat dalam memberikan apresiasi kepada pekerja dan bantuan sosial.

Adapun saat ini, Tada punya kantor perwakilan di Negeri Jiran tersebut yang melayani konsumen bisnis yang berada di Singapura dan Filipina. Sementara di Australia, terdapat mitra bisnis yang memanfaatkan engine Tada untuk memakai solusi reward & loyalty demi melayani kebutuhan korporasi di sana.

More Coverage:

“Karena bisnis kami ini bebas teritori, artinya secara umum diumumkan semua pihak di mana pun mereka berada. Jadi, mitra bisnis bisa pakai engine kami untuk melayani target konsumen mereka.”

Berdasarkan temuan Tada, saat pandemi ini tren e-gift banyak diberikan dalam bentuk voucher belanja di convenience store atau e-commerce dan saldo e-wallet. Dengan demikian, memudahkan penerima hadiah untuk langsung membelanjakannya di mana pun. Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya, yang mana banyak penerima hadiah cenderung lebih menyukai barang fisik, terutama peralatan rumah tangga, seperti penanak nasi, kompor listrik, dan sebagainya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again