1. DScovery

Memahami Pengertian Tata Boga, Proses beserta Prospek Pekerjaannya!

Tata boga adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai seni dalam industri kuliner. Tata boga tidak hanya terbatas pada membuat masakan saja, tetapi tata boga memiliki aspek yang lebih luas bahkan hingga jenjang karirnya. Berikut ini prospek pekerjaan dan pengertian tata boga!

Apakah kamu pernah mendengar istilah tata boga? Tata boga adalah salah satu ilmu dengan fokus pada seni dalam industri kuliner. Ilmu mengenai tata boga seringkali dianggap hanya sebatas memasak atau menyajikan makanan, padahal ilmu mengenai tata boga lebih dari itu.

Tata boga memiliki prospek yang lebih luas tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga internasional. Tata boga dijadikan sebagai ilmu profesional mengenai seni kuliner, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pengertian tata boga:

Pengertian Tata Boga

Tata boga adalah sebuah seni yang berkaitan dengan bidang kuliner atau masak. Tata boga biasanya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan persiapan memasak, proses memasak, penyajian makanan dan lain sebagainya. 

Pengertian tata boga sebenarnya memiliki arti yang lebih luas dari memasak, tata boga berfokus pada gambaran mengenai industri kuliner yang ada di masyarakat. Tata boga dalam sudut pandang profesional, mempelajari dan mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan nutrisi, bahan dan bumbu, tekstur makanan, waktu yang digunakan untuk memasak, penyajian makanan dan lain sebagainya.

Di Indonesia tata boga biasanya merupakan pelajaran yang memiliki institusi pendidikan yang profesional juga, bidang tata boga biasanya tidak disatukan dengan perguruan tinggi seperti program studi lainnya. Jurusan atau program studi tata boga biasanya sudah memiliki tingkatan jenjang karir yang jelas. 

Proses dalam Tata Boga

Dalam mempelajari tata boga kita dilibatkan dalam tahapan proses yang menjadi dasar pembelajaran tata boga. Berikut ini proses dalam tata boga meliputi:

  • Pemilihan bahan dan perencanaan resep

Dalam tata boga biasanya terdapat proses dalam memilih bahan dasar yang segar, setiap bahan yang digunakan juga harus dapat memaksimalkan cita rasa dari resep yang ada. Bahkan terkadang muncul pengembangan dari resep atau resep baru melalui pertimbangan kualitas bahas, kelebihan dan kekurangan dalam rasa dan lain sebagainya.

  • Mempersiapkan makanan

Tata boga juga melibatkan proses mempersiapkan makanan dengan mempelajari teknik tertentu dalam tingkatan yang profesional. Persiapan makanan merupakan bagian dari proses tata boga, dimana akan dipilih orang-orang yang akan membuat menu hidangan dengan metode, bahan dan rasa yang benar. Seorang juru masak harus dapat menggunakan segala jenis peralatan masak yang tersedia di dapur atau alat masak yang dibutuhkan untuk menyiapkan hidangan.

  • Pementasan makanan yang kreatif

Proses dalam tata boga yang berikutnya adalah memastikan bahwa makanan yang disajikan memiliki penampilan yang menarik, sehingga mampu meningkatkan keinginan orang lain untuk memakannya. Pementasan makanan disusun dengan kreatif dan dekoratif, tata boga juga membutuhkan elemen visual dalam mengatur formasi artistik pada hidangan makanan.

  • Pelayanan makanan

Tata boga melibatkan proses pelayanan makanan yaitu sebuah proses dimana makanan disajikan. Pelayanan makanan dalam tata boga tidak hanya sekedar meletakan piring di meja makan, tetapi bagaimana makanan yang disajikan akan menarik. Pada saat pelayanan makanan juga diperlukan komunikasi interpersonal yang baik, ilmu tata boga mengajari bagaimana seseorang harus merekomendasikan menu sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Prospek Pekerjaan Tata Boga

Terdapat beberapa prospek pekerjaan yang dapat dimiliki sebagai jenjang karir lulusan tata boga. Berikut ini prospek pekerjaan dalam tata boga:

  • Koki garis
  • Penata makanan
  • Penulis makanan
  • Professional catering
  • Manajer dapur
  • Chef sous
  • Pattisier (Pembuat kue)
  • Pemilik restoran

Sejumlah peluang karir bagi lulusan tata boga juga luas, karena dapat bekerja di banyak tempat seperti, restoran lokal  maupun internasional, kapal pesiar, hotel, agen katering, dan lain sebagainya. Prospek untuk lulusan tata boga sangat terbuka luas, karena banyak mempelajari mengenai seni dalam industri makanan.

Sekian penjelasan seputar pengertian tata boga hingga pada peluang pekerjaan yang dapat menjadi pilihan jenjang karir lulusan tata boga. Ilmu tata boga tidak hanya seputar memasak saja, tetapi ada lebih banyak aspek yang dapat dipelajari di tata boga.

Jadi untuk kamu yang tertarik masuk ke dunia tata boga tidak perlu khawatir lagi, karena tata boga memiliki jenjang karir yang cukup luas. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again