21 December 2021

by Lukman Azis

Teardown OPPO A95 Oleh Teknisi Bersertifikat Tunjukkan Kualitas Komponennya

Sekaligus menunjukkan kesiapan layanan purna jual dalam mendukung setiap permasalahan yang mungkin terjadi pada OPPO A95 lewat para teknisi tersertifikasi

Saat membeli smartphone baru, tentu kita berharap perangkat tersebut awet dan dapat selalu diandalkan dalam jangka waktu yang lama. Namun namanya barang elektronik, meski kita sudah memperlakukannya dengan sangat baik, kemungkinan mengalami gagal fungsi tetap ada.

Itulah kenapa layanan purna jual sangat penting, termasuk bagi OPPO yang melengkapi setiap produknya dengan garansi resmi. Baru-baru ini lewat acara bertajuk "OPPO A95: Quality Teardown & O-elite Certification" yang berlangsung di OPPO Service Center ITC Roxy Mas, OPPO menunjukkan kualitas komponen dari OPPO A95 dan kesiapan layanan purna jualnya dalam mendukung setiap permasalahan yang mungkin terjadi pada perangkat A95 lewat para teknisi tersertifikasi.

"OPPO membuktikan kualitas A95 dengan melakukan sesi bongkar perangkat untuk menunjukkan bagian komponen berkualitas yang membuat smartphone ini layak dibeli konsumen, terlebih perangkat ini kami rekomendasikan sebagai pilihan hadiah Natal dan Tahun Baru 2021," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

"Kami juga bertujuan memberikan gambaran kesiapan dukungan dari layanan purna jual OPPO dengan teknisi-teknisi handal tersertifikasi. Pada kesempatan ini, perangkat OPPO A95 akan dibongkar oleh salah satu teknisi wanita yang baru saja menyelesaikan tingkatan sertifikasi teknisi secara global," tambah Aryo.

Sesi bongkar perangkat A95 ini dilakukan oleh teknisi wanita yang bernama Ayu yang merupakan teknisi berpengalaman dan baru saja lulus untuk memperoleh tingkatan sertifikasi yang lebih tinggi. Sertifikasi sangat dibutuhkan agar dalam setiap melakukan pembongkaran perangkat smartphone dapat terhindar dari kegagalan yang menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat yang dilakukan perbaikan.

OPPO sendiri menyarankan untuk melakukan pembongkaran perangkat harus dilakukan oleh teknisi bersertifikat, tidak untuk dilakukan oleh konsumen sendiri. Dari sesi bongkar perangkat inilah terlihat berbagai kualitas komponen dari A95.

OPPO A95 merupakan smartphone kelas menengah dan model paling top di seri A. Perangkat ini punya sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan akan cipratan air normal. Jadi, aman jika terkena gerimis air hujan atau tumpahan air yang tidak disengaja.

OPPO Glow pada perangkat ini juga membuat A95 teruji melalui wear–resistance testing, bagian penampang belakangnya diuji gosok dengan berbagai material seperti sabut baja, karet dan kain flanel untuk mensimulasikan perangkat saat diletakkan pada saku celana. Hasilnya, A95 memiliki ketahanan goresan yang amat sangat baik.

Selain itu ada beberapa uji kualitas pada A95 seperti:

  • Core Heat Test, merupakan uji dengan membakar lapisan dalam penutup belakang yang tahan api untuk memastikannya tidak mudah terbakar.
  • Charging Safety Test, merupakan uji lanjutan keamanan pengisian daya dengan menggunakan perangkat lunak yang secara otomatis dapat menghentikan pengisian daya saat mencapai suhu tertentu.
  • Uji radiasi UV, menempatkan perangkat A95 di bawah sinar UV selama 96 jam lamanya untuk memastikan cover belakang tidak mengalami perubahan warna saat digunakan dalam jangka waktu lama.

Sertifikasi Teknisi OPPO Service Center Indonesia

Sertifikasi sendiri rutin dilakukan oleh OPPO Service Center terutama untuk tenaga teknisi dan service assistant. Kegiatan ini dilakukan tiap 6 bulan sekali untuk menghasilkan berbagai tingkatan sertifikasi yang ditandai dengan pembubuhan tanda bintang pada setiap nama teknisi atau service assistant.

Setiap kegiatan sertifikasi ini akan dipantau langsung oleh pabrik pusat OPPO yang berada di Dongguan, Tiongkok. Para penguji dari pabrik OPPO di Tiongkok akan memantau secara daring proses sertifikasi termasuk berbincang langsung dengan para peserta melalui sesi wawancara.

Di Indonesia sendiri, program ini diselenggarakan secara terpusat, beberapa teknisi dan service assistant terseleksi dari berbagai daerah akan bertemu di Jakarta. Tentunya program ini dilaksanakan OPPO Service Center untuk memberikan sebuah kepercayaan kepada konsumen dalam menangani setiap permasalahan perangkat OPPO A95.

Dengan begitu, konsumen tidak perlu khawatir terhadap kualitas sumber daya manusia dari teknisi OPPO Service Center. Bahkan, untuk menjamin semua trasnparansi proses perbaikan, OPPO Service Center menetapkan sistem perbaikan face to face, konsumen dapat melihat proses perbaikan secara langsung yang dilakukan oleh para teknisi bersertifikat.