17 March 2013

by wiku

Teliti Sebelum Membeli Juga Penting untuk Pembelian Online

Jargon teliti sebelum membeli biasanya lebih lekat untuk pembelian secara offline, namun slogan ini juga harus dimiliki bagi mereka yang ingin melakukan pembelian secara online.

Membeli online pada dasarnya sama dengan membeli barang secara offline. Intinya adalah proses jual beli barang. Ada pedagang dan ada pembeli, ada pula pihak yang berperan sebagai pasar dan ada pula sistem pembayaran yang menjaga agar transaksi bisa aman.

Menjadi konsumen yang teliti dalam melakukan pembelian online bisa dilakukan pertama-tama dengan melakukan pengecekan apakah penjual online yang akan diajak transaksi memang benar aman atau tidak. Calon pembeli harus bisa mengecek reputasi penjual tersebut. Salah satu cara adalah melakukan pencarian di internet atas toko atau penjual tersebut atau bertanya pada teman.

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah tata cara pembayaran yang akan dilakukan, ada kalanya calon pembeli kurang jeli melihat tata cara pembayaran sehingga terkena kejadian tidak mengenakkan.

Calon pembeli pun harus jeli melihat bentuk jual beli online tersebut. Ada beberapa tipe dasar jual beli online atau e-commerce. Secara lengkap bisa dilihat di tautan ini.

Jika tempat melakukan pembelian itu merupakan sebuah pasar atau marketplace, maka calon pembeli harus tetap jeli untuk melihat reputasi penjual. Ada kalanya pasar tertentu memiliki reputasi baik namun penjual yang 'nakal'. Terkadang calon pembeli pun kurang mengetahui secara pasti bentukan jual beli online sehingga salah melakukan protes atau komplain.

Teliti sebelum membeli juga termasuk melihat sistem pembayaran apa yang disediakan penjual online. Jika tipe penjual ada di marketplace, biasanya telah tersedia sistem pembayaran yang diproteksi, jika e-commerce telah menyediakan sistem pembayaran yang lebih lengkap biasanya telah pula disediakan sistem pembayaran yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur pencegahan penipuan.

Sitem pembayaran menjadi penting karena fasilitas ini bisa memberikan perlindungan atas transaksi yang dilakukan secara online, terutama pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Salah satu hal yang bisa diteliti adalah, cek apakah layanan e-commerce tersebut mengunakan sistem pembayaran sistem pembayaran online yang mengimplementasikan ReD Shield untuk sistem deteksi fraud secara realtime dan comply dengan PCI-DSS (Level 1) adalah salah satu usaha pencegahan dan jaminan agar proses pembayaran bisa aman.

Hal di atas adalah sebagian kecil dari cara calon pembeli untuk melakukan cek ricek sebelum melakukan pembelian online agar terhindar dari hal yang tidak mengenakkan. Tentunya masih banyak cara mengecek lainnya agar transaksi bisa berjalan lancar, namun yang pasti calon pembeli harus tetap teliti sebelum melakukan transaksi pembelian online dan mengutamakan transaksi yang dilakukan dengan sistem pembayan terproteksi.

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Veritrans Indonesia, layanan yang menjadikan pembayaran online lebih mudah, cepat dan lebih aman.