1. Startup

Strategi Telkomsel Lewat Konvergensi Mobile dan Fixed Broadband

Telkomsel meresmikan wajah baru layanan konvergensi dengan IndiHome lewat "Telkomsel One"

Beberapa hari lalu, Telkomsel resmi memperkenalkan Telkomsel One sebagai wajah baru penggabungan layanan mobile broadband dan IndiHome. Peresmian ini menandai langkah awal operator pelat merah ini masuk ke layanan fixed-mobile convergence (FMC).

FMC merupakan perpaduan antara layanan telekomunikasi berbasis mobile dan fixed broadband. Sebelum diresmikan, penyatuan unit bisnis IndiHome ke Telkomsel ditandatangani lewat Perjanjian Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-Off Agreement) pada 6 April 2023.

Per kuartal I 2023, IndiHome tercatat punya 9,5 juta pengguna, naik 7% dari periode sama tahun lalu. IndiHome mengklaim telah menguasai 75,2% pangsa pasar broadband di Indonesia.

Pengalihan ini menandai strategi Telkom Group untuk menata bisnis. Telkom akan fokus pada layanan B2B, sedangkan anak Telkomsel mengelola penuh layanan telekomunikasi untuk B2C. Adapun, integrasi Telkomsel dan IndiHome mencakup pengelolaan layanan fixed broadband, fixed line, IPTV, dan bundling layanan digital lainnya.

Dalam keterangannya waktu itu, Direktur Utama Hendri Mulya Sjam mengungkap bahwa langkah FMC ini dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di tanah air,  konvergensi ini dapat mengakselerasi pengalaman masyarakat menikmati layanan digital yang setara.

Strategi akuisisi baru

Industri telekomunikasi dihadapkan pada tantangan untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis seiring dengan penetrasi pengguna seluler yang sudah melampaui 100%. Hal ini membuat ruang untuk akuisisi pelanggan baru menjadi sulit.

Laporan Capital IQ, Telkom, dan Kearney di 2021 menyebutkan bahwa industri telekomunikasi berdasarkan pendapatan 30 perusahaan telekomunikasi global teratas di periode 2011-2021 hanya tumbuh rata-rata sebesar 2%.

Kendati pasar seluler sudah jenuh, menurut analisis McKinsey Oxford Economic, ada peluang pendapatan baru yang dapat diciptakan lewat konvergensi layanan telekomunikasi mengingat penetrasi fixed broadband di Indonesia baru 14%.

Perlu diketahui, pelanggan Telkomsel menyusut signifikan hingga 20 juta menjadi 156 juta di 2022, dari posisi tahun sebelumnya yang sebesar 175 juta. Pihaknya menyebut bahwa penyusutan tersebut adalah upaya 'bersih-bersih' Telkomsel untuk menyisihkan pelanggan pasif yang tidak berkontribusi terhadap bisnisnya.

Churn rate

Sementara, dalam laporan analisis Oliver Wyman, konvergensi mobile dan fixed broadband diperkirakan bakal menjadi senjata ampuh bagi operator telekomunikasi untuk memaksimalkan retensi pelanggan, meningkatkan ARPU, menurunkan tingkat perpindahan pelanggan ke kompetitor (churn rate), hingga mendapatkan pangsa pasar baru.

More Coverage:

Di sisi operasional, konvergensi memungkinkan operator untuk menyatukan seluruh prose berkaitan dengan layanan customer, mulai dari marketing, penjualan, aktivasi, hingga customer care. Demikian juga integrasi di back-end.

Sumber: Oliver Wyman

Laporan ini menyebut bahwa pengguna layanan konvergensi menunjukkan penurunan tingkat churn rate hingga 50% dibandingkan pengguna yang tidak terkonvergensi. Operator layanan FMC di Prancis tercatat telah mencapai penetrasi mobile tertinggi di atas 60% dengan layanan fixed broaband.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again