1. Startup

Tempa Labs dan mig33 Perkenalkan Desa Farm

Di bulan Juli lalu, mig33 meluncurkan Developer Program untuk membawa berbagai social games di platform miliknya. Ada sejumlah pengembang permainan, termasuk dari Indonesia, yang menjadi partner mig33. Dengan semakin banyaknya permainan yang tersedia di platform ini, semakin banyak pula waktu yang dihabiskan untuk bermain dan tentu saja diharapkan semakin banyak pendapatan yang diperoleh oleh mig33 dan partnernya.

November ini mig33 menghadirkan permainan Desa Farm yang merupakan permainan sosial yang dibuat oleh pengembang permainan lokal, Tempa Labs. Apakah nama permainannya terdengar familiar? Ya, Desa Farm sendiri adalah permainan yang memenangkan kompetisi aplikasi Blaast baru-baru ini dan menghantarkan pengembangnya untuk jalan-jalan ke kantor pusat Blaast di Finlandia.

Meski memiliki nama yang sama, Alif Harsan Pradipto dari Tempa Labs menjelaskan bahwa Desa Farm di platform mig33 adalah permainan WAP yang tidak memiliki animasi dan antarmuka khusus seperti halnya yang dibuat untuk Blaast. Gampangnya, ini adalah versi simplifikasinya. Permainannya cukup sederhana. Sebagai pemilik ladang Anda harus mengelola perkebunan, menternakkan hewan peliharaan, memancing ikan, dan kegiatan umum di pedesaan lainnya. Untuk menjalankannya Anda harus menggunakan ponsel yang memiliki fitur WAP dan mig33 versi 4.2 ke atas.

Menurut Alif, alasan mereka bergabung dengan platform mig33 adalah komunitasnya yang masif dan solid. Dengan pengguna di Indonesia yang mencapai hampir 30 juta orang, mig33 adalah platform online terbesar kedua di Indonesia setelah Facebook. Selain itu mig33 sudah terintegrasi dengan OpenSocial, sehingga fitur sosial dan pembayarannya sudah tersedia dan siap dipakai.

Fitur pembayaran? Bukankah Desa Farm adalah permainan gratis? Betul, memang Desa Farm adalah permainan yang gratis. Meskipun demikian seperti halnya permainan sosial yang dibuat oleh Zynga di Facebook, seperti yang ditegaskan oleh Alif, ada fungsi in-app purchase bagi Anda yang menginginkan kemudahan dalam mengelola permainan ini. Salah contohnya adalah pembelian pupuk untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Ini merupakan strategi monetisasi yang diharapkan oleh Tempa Labs, meskipun saya belum tahu seberapa murah biaya pembelian dalam aplikasi ini.

Anda mungkin berpikir bahwa mig33 yang diakses melalui feature phone tidak akan mampu menarik pengguna berbayar. Faktanya adalah perputaran uang di mig33 sangatlah besar. Dari sekedar membeli emoticon ataupun berbagai gift dengan harga (sangat) murah, mig33 membuktikan bahwa petty cash yang dikeluarkan oleh penggunanya mampu menjadi lahan pendapatan yang besar.

Dengan larisnya permainan buatan Zynga di Indonesia, jika Desa Farm mampu membawa sensasi ketagihan yang mirip tentunya tidak sulit bagi Desa Farm untuk memperoleh pendapatan yang signifikan dari platform ini. Saya sendiri yakin bahwa format in-app purchase di social games merupakan salah satu format yang efektif bagi pengembang lokal untuk memperoleh pendapatan di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again