1. Startup

Tips Bagi Perempuan Yang Ingin Sukses Berkarir di Bidang Teknologi

Mulai dari memberi dukungan sesama perempuan hingga menemukan perusahaan dengan kultur yang baik

Artikel berikut ini diharapkan bisa membuka pikiran Anda para perempuan Indonesia yang bersemangat untuk menjadi penggiat startup, engineer, entrepreneur dan pebisnis lainnya di bidang teknologi. Teknologi sering dibilang sebagai dunia yang menakutkan bagi sebagian perempuan (dalam kaitannya dengan bisnis dan persaingan), namun sedikit demi sedikit banyak perempuan yang mulai membuktikan kiprahnya di dunia teknologi, bahkan sukses membangun perusahaan berbasis teknologi.

Pada dasarnya teknologi memiliki keunggulan untuk dioptimalkan oleh siapa saja, apa pun latar belakang Anda, baik itu dari bidang keuangan, jurnalistik, musik, desain, seni, kuliner dan berbagai pengalaman lainnya. Teknologi juga mampu menjadi bagian improvisasi untuk inovasi dari passion yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba sebagai perempuan yang ingin mengetahui lebih jauh keuntungan bekerja di dunia teknologi. Rangkuman ini diambil dari pengalaman pribadi para pemilik startup dan engineer perempuan di dunia, seperti CTO Minted Niniane Wang, Founder ThinkUp Gina Trapani dan lainnya.

Diskriminasi gender bukan alasan untuk bertahan

Saat ini masih banyak startup hingga perusahaan teknologi yang mempekerjakan programmer perempuan hanya untuk memberikan suasana yang sedikit berbeda di antara dominasi para programmer dan engineer laki-laki. Ketika hal tersebut terjadi kepada Anda, dan perusahaan yang mencoba untuk merekrut Anda menghiraukan kemampuan Anda sebagai seorang engineer, coba sikapi dengan bijak dan carilah perusahaan lain yang benar-benar menghargai kemampuan Anda.

Menjadi satu-satunya perempuan di perusahaan tempat Anda bekerja tentunya merupakan hal yang istimewa, namun demikian hal ini juga bisa berdampak negatif dalam hal perlakuan serta kebiasaan di perusahaan tersebut. Temukan perusahaan teknologi yang mengedepankan kultur perusahaan yang baik, saling menghormati dan beradab. Anda sebagai perempuan berhak untuk mendapatkan perlakuan yang baik dari para atasan, rekan kerja dan lainnya.

Ajak perempuan lain untuk terlibat dan ciptakan peluang

Bosan melihat kompetisi seperti hackathon atau acara lainnya yang didominasi oleh peserta laki-laki? Kenapa tidak membuat acara atau kompetisi yang diperuntukkan khusus untuk perempuan? Bukan hanya Anda akan melihat lebih banyak perempuan yang tertarik untuk mencoba, namun Anda juga bisa menambah wawasan serta ide-ide baru dari para perempuan yang memiliki pengetahuan lebih di dunia teknologi.

Inisiasi kegiatan yang lebih banyak melibatkan perempuan

Salah satu kegiatan yang wajib untuk dihadiri oleh pelaku startup dan engineer adalah menghadiri acara workshop atau seminar bertemakan teknologi. Jangan heran jika acara tersebut kembali akan didominasi oleh pria, untuk mengakalinya cobalah dekati pihak penyelenggara, dan lontarkan ide-ide segar seputar narasumber perempuan yang layak untuk dihadirkan. Selain bisa mengundang lebih banyak peserta perempuan, siapa tahu suatu saat nanti Anda juga bisa terinspirasi lebih dan berbalik menjadi narasumber sebagai gambaran sukses perempuan di dunia digital.

Mau belajar dari orang lain

Jika hingga sekarang Anda merasa belum memiliki cukup pengalaman, pengetahuan hingga kepercayaan diri untuk memulai usaha di bidang teknologi, namun Anda meyakini bahwa bisa sukses di dunia tersebut, cobalah untuk mencari mentor yang Anda rasa cocok dengan kepribadian dan tentunya visi dan misi. Carilah pakar, rekanan sukses atau ahli yang berhubungan dengan minat Anda, gali lebih banyak pengalaman yang dimiliki oleh mereka dan tentunya ciptakan hubungan baik dengan mereka.

Berpikir positif

Sesulit apa pun tantangan serta kendala yang Anda hadapi cobalah untuk berpikir positif, teruslah untuk belajar dan koreksi semua kesalahan yang ada. Tunjukkan kepada semua bahwa Anda seorang perempuan yang mampu memimpin, bekerja dengan baik dan tentunya menciptakan pekerjaan yang tak kalah hebat dengan para pria.

Memulai dengan persiapan yang matang

Sebelum Anda menunjukkan produk kepada publik, pemangku kebijakan dan investor, persiapkan dengan benar bisnis model, pitch-deck dan kebutuhan presentasi lainnya. Kenalkan diri Anda dan produk yang ingin ditawarkan kepada jurnalis, media dan kanal publikasi lainnya. Cobalah lakukan latihan di kalangan terbatas terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda siap untuk melakukan pitching kepada pihak terkait.

Teruslah belajar

Dunia teknologi kerap mengalami perubahan yang cepat, teruslah belajar dan lakukan adaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang ada. Jika diperlukan ada baiknya untuk Anda menambah pengetahuan seputar teknologi secara lebih intend untuk memperluas wawasan dan tentunya menambah kredibilitas Anda sebagai perempuan yang cemerlang di dunia teknologi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again