1. Entrepreneur

Dari Nol Hingga Terkenal: Cara Membangun Branding Usaha Jasa yang Menarik Perhatian Pelanggan

Ingin Membuat Eksistensi Merek Terasa? Simak Tips Membangun Branding yang Efektif untuk Usaha Jasa Anda!

Branding adalah suatu proses menciptakan, membangun, atau membentuk citra atau identitas produk di benak target konsumen. Citra atau identitas tersebut biasa dibangun dengan melibatkan berbagai elemen, termasuk visual, pesan, dan nilai merek yang ditujukan untuk target konsumennya.

Dengan membangun branding yang kuat, diharapkan merek bisa menempati posisi teratas di benak konsumen atau dengan kata lain merek menjadi mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Selain itu, branding yang kuat juga membuat merek memiliki kedekatan emosional dan mendorong terciptanya loyalitas dari konsumen. Semakin kuat branding yang diciptakan, semakin kuat posisi suatu bisnis atau perusahaan untuk menjadi market leader.

Perbedaan Cara Branding Produk dan Jasa

Produk dan jasa adalah dua layanan berbeda yang ditawarkan oleh bisnis. Hal itu menjadikannya memiliki cara branding yang berbeda juga. Apa saja perbedaannya? Simak lebih lengkapnya dibawah ini, ya!

  • Sifat produk dan jasa

Produk adalah barang fisik yang dapat dirasakan oleh indra manusia, sedangkan jasa adalah layanan yang melibatkan tindakan dan memberikan pengalaman untuk konsumen.

  • Karakteristik pemasaran

Branding produk biasanya lebih menonjolkan aspek visual yang bisa menunjukkan fisik dan kualitas produk, sedangkan branding jasa biasanya menonjolkan pengalaman konsumen yang akan menunjukkan kualitas dari layanan atau jasa yang ditawarkan.

  • Interaksi dengan konsumen

Interaksi dengan produk biasanya bersifat satu arah, sedangkan interaksi dengan jasa bersifat dua arah di mana konsumen bisa berpartisipasi aktif dalam pengalaman layanan yang diberikan. Karenanya, bisnis jasa seringkali lebih sulit untuk untuk membangun branding karena sifatnya yang abstrak dan bergantung pada interaksi dengan konsumen.

Tips Membangun Branding untuk Usaha Jasa

  • Tentukan nilai dan visi merek

Visi dan nilai sangat penting untuk menentukan arah dan tujuan branding yang akan dilakukan. Maka dari itu, tentukan nilai dan visi merek dari jasa yang Anda tawarkan, bagaimana jasa tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan pesan apa yang ingin Anda sampaikan yang mudah diingat oleh konsumen serta bisa dijadikan untuk membangun kedekatan dengan konsumen.

  • Kenali target pasar Anda

Kenali target pasar Anda dan cari tahu apa yang mereka butuhkan dan inginkan dari layanan Anda. Hal ini akan sangat membantu dalam upaya menyusun dan mengembangkan strategi pemasaran dan branding sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  • Konsisten dalam penggunaan identitas merek

Nilai, visi, dan pemahaman akan target konsumen akan membantu Anda untuk menciptakan suatu visual sebagai identitas merek, seperti logo. Pastikan bahwa identitas merek Anda konsisten dan mudah diingat oleh konsumen.

  • Berikan pengalaman yang unik dan berkesan

Tidak seperti produk yang menonjolkan fisik, usaha jasa mengandalkan pengalamannya dengan konsumen. Karena itu, berikanlah pengalaman yang unik dan berkesan kepada konsumen. Hal itu akan membantu Anda membangun branding yang kuat untuk usaha jasa Anda.

  • Gunakan testimoni pelanggan

Dalam usaha jasa, testimoni pelanggan adalah faktor yang bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan layanan atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, testimoni juga sekaligus menjadi pendorong kredibilitas merek yang akan membantu memperkuat citra atau identitas dari merek yang Anda tawarkan.

  • Aktif di media sosial

Aktif di media sosial bisa dilakukan, baik oleh bisnis produk maupun jasa. Bagi usaha jasa, media sosial bisa dimanfaatkan untuk mengunggah pengalaman atau testimoni konsumen dengan layanan atau jasa yang Anda tawarkan. Hal itu bisa mendorong terciptanya kredibilitas merek.

  • Brand ambassador

Memiliki brand ambassador yang terkenal dan relevan dengan layanan atau jasa Anda dapat membantu memperkuat citra merek Anda dan meningkatkan brand awareness. Brand ambassador dapat membantu memberikan daya tarik tambahan bagi konsumen potensial.

  • Pantau dan evaluasi kinerja merek

Langkah akhir yang tidak boleh terlewatkan adalah memantau dan mengevaluasi kinerja branding yang sudah dilakukan. Cari tahu apa yang membuat branding berhasil atau tidak berhasil, apa yang perlu diubah atau ditingkatkan, dan lain sebagainya.

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, penting juga untuk memilih media branding yang tepat. Pilihlah media branding yang sesuai dengan visi, misi, nilai, dan tujuan usaha jasa Anda.  Hal itu akan turut membantu Anda untuk mencapai target pasar dan target konsumen yang tepat serta membantu kelancaran proses branding.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again