1. Entrepreneur

Pelajari Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis UMKM dengan Strategi FOMO Marketing

Tingkatkan Daya Tarik Bisnis UMKM Anda dengan Strategi FOMO Marketing

Pemasaran biasa dilakukan dalam suatu bisnis untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Karenanya, marketer harus menerapkan strategi pemasaran tertentu guna mencapai tujuan.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah FOMO Marketing. Apa itu FOMO Marketing? Bagaimana cara dan tips untuk menerapkannya? Apa saja keunggulan dan kelemahan dari strategi FOMO Marketing? Semua akan terjawab dalam artikel ini. Simak artikelnya sampai habis, ya!

Mengenal FOMO Marketing

Fear of missing out atau yang lebih sering dikenal dengan istilah FOMO adalah rasa ketakutan dan kekhawatiran akan kehilangan atau ketertinggalan akan suatu tren. FOMO seringkali terkait dengan penggunaan media sosial dan teknologi, di mana seseorang dapat melihat aktivitas orang lain dan akan merasa tertinggal.

FOMO Marketing didefinisikan sebagai suatu strategi yang digunakan oleh para marketer dengan cara menciptakan rasa mendesak dan eksklusivitas pada produk atau layanan melalui penawaran terbatas. Situasi itu diciptakan agar konsumen merasa bahwa produk atau layanan yang ditawarkan bersifat eksklusif dan mendesak konsumen untuk melakukan pembelian.

Keuntungan menggunakan Strategi FOMO Marketing

Menciptakan urgensi

Dengan adanya batas waktu penawaran pada strategi FOMO marketing akan menciptakan urgensi atau rasa mendesak kepada konsumen untuk segera membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Jika tidak segera membeli, konsumen akan merasa tertinggal.

Meningkatkan brand awareness

Dukungan strategi berupa event, konten yang menarik di media sosial, dan batasan waktu penawaran akan menarik perhatian konsumen. Hal itu bisa meningkatkan brand awareness dan memperkuat citra merek di benak konsumen,

Meningkatkan kepercayaan konsumen

FOMO marketing akan menunjukkan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memiliki nilai yang tinggi dan eksklusif. Strategi tersebut akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek.

Meningkatkan penjualan

Kesan ekslusif dan terbatas yang dihasilkan dari strategi FOMO marketing akan mendesak konsumen untuk segera membeli produk atau layanan sehingga akan meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Kelemahan Strategi Marketing FOMO

Menimbulkan Rasa Tidak Nyaman

Strategi FOMO marketing yang tidak tepat berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman pada konsumen dan mempengaruhi turunnya citra merek. Karenanya, buatlah strategi FOMO marketing yang efektif. Jangan sampai strategi yang dibuat justru memberikan kesan memaksa atau memanipulasi konsumen.

Berpotensi Mengurangi Loyalitas Konsumen

FOMO marketing dilakukan untuk membuat konsumen merasa FOMO dan pada akhirnya melakukan pembelian. Namun, setelah merasakan FOMO dan melakukan pembelian, pastikan konsumen tidak merasa kecewa atas produk atau layanan yang dibeli. Hal itu berpotensi mengurangi loyalitas konsumen di kemudian hari. Karenanya, sampaikan informasi yang akurat terkait produk atau layanan yang ditawarkan dan jangan sampai membohongi konsumen.

Tidak Sesuai dengan Segmen Pasar Tertentu

Tidak semua target konsumen bisa dijangkau dengan strategi FOMO marketing. Misalnya, segmen pasar yang lebih tua dan segmen pasar yang mementingkan nilai produk. Segmen pasar yang lebih tua cenderung tidak memperhatikan tren dan mereka membeli suatu produk berdasarkan kebutuhan, bukan karena FOMO. Sedangkan segmen yang mengutamakan nilai adalah mereka yang cenderung mengutamakan manfaat dari produk atau layanan daripada status sosial atau tren. Karenanya, pastikan Anda sudah melakukan analisis target konsumen sebelum memutuskan menggunakan strategi FOMO marketing.

Strategi FOMO Marketing

Berikut adalah beberapa tips dan strategi untuk Anda yang ingin menerapkan FOMO Marketing:

Buat Event Khusus

Adanya event khusus, misalnya event peluncuran, akan membantu menarik perhatian konsumen terhadap produk atau layanan baru yang akan diluncurkan. Event tersebut juga akan membantu konsumen untuk mengenal lebih detail terkait produk atau layanan sebelum mereka memutuskan pembelian.

Batasi Waktu

Salah satu unsur penting dalam strategi FOMO Marketing adalah pembatasan waktu. Berikan batasan waktu penawaran atau promosi agar konsumen merasa bahwa mereka harus bertindak dengan cepat sebelum kesempatan itu hilang.

Gunakan Media Sosial dan Buatlah Konten yang Menarik

Media sosial memiliki potensi jangkauan yang besar. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada konsumen. Untuk membuat konsumen tertarik, perhatikan pembuatan konten promosi Anda. Pastikan Anda membuat konten yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan target konsumen.

Tawarkan Bonus atau hadiah

Tambahkan bonus atau hadiah kepada konsumen yang membeli produk atau layanan pada jangka waktu yang ditetapkan. Dengan begitu, konsumen akan semakin merasa bahwa produk atau layanan tersebut benar-benar ekslusif dan terbatas sehingga harus segera membelinya.

Tunjukkan Antusiasme Konsumen secara real-time

Tunjukkan jumlah pembeli tiap harinya yang sudah membeli produk atau layanan. Hal itu akan menunjukkan seberapa cepat produk atau layanan terjual sehingga akan mendorong terciptanya rasa FOMO pada konsumen dan mendesak mereka untuk segera melakukan pembelian.

Selain tips yang sudah disebutkan di atas, penting untuk diingat bahwa strategi FOMO marketing harus dilakukan secara etis tanpa memanipulasi konsumen. Sampaikan informasi yang akurat tentang produk atau layanan yang ditawarkan sehingga konsumen tidak akan merasa kecewa setelah melakukan pembelian. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again