1. Startup

Sri Sultan Hamengku Buwono X Resmikan Tokopedia Care Ramah Difabel di Yogyakarta

Untuk meningkatkan kesetiaan konsumen, grup GoTo meresmikan Tokopedia Care ramah difabel di Yogyakarta.

Pusat layanan pengguna Tokopedia Care diresmikan di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada (15/06). Dengan adanya peresmian ini, Tokopedia berusaha memperkuat basis layanan bagi konsumen yang berada di Kota Pelajar sekaligus menebar lapangan pekerjaan bagi talenta digital terbaik.

Selain dihadiri oleh Vice-Chairman and Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, serta Senior Vice President of Sales Operation and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe. Acara ini juga diresmikan secara langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Pemerintah DIY mengapresiasi Tokopedia yang mendirikan Tokopedia Care di Yogyakarta. Semoga pusat layanan pengguna ini dapat terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Hadirnya Tokopedia Care Yogyakarta juga bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk talenta terbaik di DIY, termasuk perempuan dan difabel,” ungkap Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Leontinus mengungkapkan alasan dibalik layar pendirian Tokopedia Care di Yogyakarta adalah jumlah konsumen Tokopedia di Yogyakarta mengalami lonjakan dua kali lipat selama kuartal I 2020. Sehingga, dengan hadirnya Tokopedia Care bisa mempermudah masyarakat DIY mendapatkan layanan yang terbaik.

Selain itu, Tokopedia Care Yogyakarta membentangkan peluang kerja seluas-luasnya untuk talenta digital terbaik DIY dan sudah berhasil memberdayakan lebih dari 900 talenta digital, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, talenta adalah aset terbesar perusahaan dan Tokopedia percaya, siapa pun dapat berperan dalam upaya mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital,” jelas Leon.

Meningkatkan kesetiaan konsumen melalui Tokopedia Care

Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia juga mengedepankan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) di setiap inisiatifnya, tidak terkecuali dalam layanan Tokopedia Care.

“Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital,” tambah Rudy.

Adapun, layanan Tokopedia Care merupakan salah satu wujud strategi bisnis Grup GoTo untuk meningkatkan kesetiaan konsumen dalam bertransaksi di ekosistem GoTo. Melalui layanan ini, pengguna Tokopedia dapat mengakses dan menyelesaikan segala kendala secara cepat, tepat dan transparan melalui layanan 24/7 Tokopedia Care yang tersedia lewat berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, email hingga pusat resolusi.

Dengan selalu memberikan upaya terbaik kepada penggunanya membuat Tokopedia berhasil mencapai penghargaan di sepanjang 2021. Beberapa di antaranya, ajang Indonesia Customer Service Quality (ICSQ) Award 2021, Contact Center World 2021 (Asia Pacific Level), Contact Center World 2021(Global Level) dan CX Excellence Asia Award 2021 di berbagai kategori.

Dorong Lingkungan Kerja yang Inklusif

Sementara guna mendukung lingkungan kerja yang inklusif, Tokopedia Care Yogyakarta dilengkapi dengan sederet fasilitas yang mendukung produktivitas tim dari berbagai latar belakang.

“Gedung Tokopedia Care memiliki infrastruktur yang ramah difabel. Mulai dari meja khusus pengguna kursi roda, jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal hingga mushola dan kamar kecil yang dirancang khusus untuk difabel,” jelas Senior Vice President of Sales Operation and Product Tokopedia, Rudy.

Kemudian untuk mempermudah pelaku UMKM Yogyakarta dalam mengembangkan usaha, Tokopedia Care nantinya akan dilengkapi dengan Merchant Engagement Hub yang bisa digunakan bagi pelaku UMKM untuk berkumpul, berkonsultasi dengan tim Tokopedia Care dan mengikuti berbagai program edukasi lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again