1. DScovery

Total Addressable Market (TAM) : Pengertian dan Cara Menghitungnya

TAM menggambarkan besarnya potensi pasar yang tersedia bagi bisnis.

Sebelum membuat rencana bisnis, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pasar yang akan kita masuki. Salah satu cara untuk memahami pasar adalah menghitung TAM, SOM dan SAM. Ketiga istilah ini adalah metode menghitung pasar yang cukup mudah untuk memulai bisnis.

Namun dalam penjelasan selanjutnya, kita akan fokus membahas Total Addressable Market, atau disingkat TAM. Apa itu TAM? dan mengapa penting untuk mengetahui TAM dalam pemasaran? Selengkapnya di percakapan berikutnya.

Apa Itu TAM?

TAM adalah singkatan dari Total Addressable Market atau Total Tersedia Pasar. TAM menggambarkan ukuran pasar potensial yang tersedia untuk bisnismu. Seluruh pasar menggunakan produk mu atau produk serupa.

Karena TAM adalah gambaran dari keseluruhan pasar potensial, hampir tidak mungkin mengharapkan sebuah perusahaan untuk mendapatkan angka tersebut. Ini berarti bahwa kamu adalah satu-satunya pemasok (di seluruh dunia) dari produk atau layanan tersebut tanpa persaingan.

TAM menunjukkan potensi ukuran pasar. Penilaian TAM merupakan langkah awal bagi pengusaha untuk memulai usaha. Penting untuk mengevaluasi TAM secara objektif, daripada melebih-lebihkan atau meremehkan nilai ini dengan sikap subjektif.

Karena sangat penting untuk mengalokasikan kapasitas sesuai dengan pertumbuhan pasar.

Pendanaan atau investor sering mencari pasar dengan skor TAM yang tinggi karena skor TAM yang tinggi menunjukkan potensi pasar yang tinggi, sehingga permintaan akan produk dan layanan diharapkan tumbuh pesat di masa mendatang.

Namun, nilai TAM yang tinggi belum tentu merupakan pertanda baik. Karena angka TAM yang tinggi belum tentu menyebabkan tingginya permintaan.

Banyak juga faktor lain seperti tingkat persaingan pasar, ketersediaan sumber daya, kapasitas produksi yang tersedia dan lain-lain yang juga mempengaruhi kinerja perusahaan sebelum tujuan TAM yang diinginkan akhirnya tercapai.

Karena itu, ada beberapa perhitungan lain seperti SAM dan SOM yang juga diperlukan sebagai indikator layak tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan atau diinvestasikan.

Cara Menghitung TAM

Secara sederhana, menghitung TAM dapat dibagi menjadi tiga cara, yaitu:

1. Top Down

Polanya akan seperti piramida terbalik. Yakni, terlebih dahulu menghitung besar populasi yang bisa menerima produk tersebut. Ini kemudian dikurangi dan disaring hingga segmen pasar yang paling cocok untuk mendirikan perusahaan ditemukan.

2. Bottom Up

Terkadang cara ini dianggap lebih handal karena menggunakan perhitungan pangsa pasar yang ada. Metode ini menggunakan riset pasar, yang awalnya divalidasi, untuk menentukan titik awal segmen pasar. Baru setelah itu potensi pasar terkait populasi yang lebih besar dihitung.

3. Value Theory

Ini adalah cara baru untuk menghitung TAM. Sering digunakan pada startup inovatif dimana produk tersebut merupakan produk yang belum pernah ada di pasaran sebelumnya.

Teori ini berfokus pada berapa banyak pelanggan potensial yang benar-benar menjadi pelanggan dan nilai yang bersedia mereka bayarkan untuk layanan baru.

Kamu yang mengetahui besarnya pasar melalui metode TAM akan dapat membantu melihat prospek perkembangan bisnis ke depannya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan deskripsi yang relevan untuk membantu kamu menghitung potensi pasar sebelum memperdagangkan produk.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again