Twitter Gembleng Bot Layanan Pelanggan yang Mampu Memberi Solusi

Saat ini bot masih dalam tahap pengembangan di kalangan terbatas

Kendati tak benar-benar stagnan, namun inovasi yang dilahirkan oleh Twitter untuk penggunanya terbilang jauh dari kata menarik. Sekarang ini mereka justru sibuk membentuk diri menjadi platform layanan pelanggan dengan mencoba menghadirkan solusi baru bagi merek dan perusahaan. Salah satu pembaruan terdahulu menghadirkan tool layanan pelanggan yang dapat dibenamkan di dalam direct message (DM).

Menginginkan traksi yang lebih solid, Twitter mengonfirmasi sedang menguji bot baru yang lagi-lagi ditujukan untuk melengkapi tool layanan pelanggan yang sudah ada sebelumnya. Bot baru tersebut dikatakan mempunyai kemampuan untuk menjawab pertanyaan dan keluhan dari pelanggan. Pengujian itu menggunakan akun @support dan baru bisa merespon beberapa pertanyaan sederhana yang terdiri dari 5 topik melalui direct message.

Berdasarkan bocoran yang ditulis oleh Buzzfeed News, akun @support mampu merespon permintaan untuk mengakses akun yang bermasalah, berususan dengan pengguna tertentu dan pelaporan aktivitas berbahaya. Saat tersedia, pengguna nantinya dapat memulai percakapan dengan memilih satu dari sekian kategori yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda kesulitan mengakses akun atau akun dibanned karena suatu alasan, bot kemudian mampu memeriksa dan mengembalikan akun jika Anda dapat melengkapi data dan verifikasi yang diminta.

Mengingat bot saat ini masih dalam tahap pengembangan, hanya pengguna terpilih yang bisa menggunakannya untuk sementara. Twitter berencana untuk memperkaya koleksi data di dalam bot, kemudian melakukan otomatisasi sistem dengan opsi dan kemampuan mengobrol yang lebih baik.

Sumber berita Buzzfeed dan gambar header Realtybiznews.