1. DScovery

10 Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Kecil

Untuk menambah penghasilan kamu bisa memilih untuk melakukan usaha sampingan modal kecil bahkan beberapa usaha ini bisa dilakukan secara online.

Menjadi seorang karyawan yang bekerja di kantoran terkadang belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, maka tidak jarang banyak karyawan yang memilih memiliki usaha sampingan. Namun, tidak semua usaha sampingan itu memiliki modal yang sedikit, kadang ada beberapa yang mengeluarkan modal yang besar.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena masih banyak usaha sampingan modal kecil yang bisa kamu lakukan sekarang untuk menambah penghasilan yang sudah kamu dapatkan saat ini.

Apa saja usaha sampingan modal kecil yang bisa kamu lakukan saat menjadi seorang karyawan? Simak rekomendasi usaha sampingan modal kecil untuk karyawan berikut!

10 Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan

1. Guru les online untuk pelajar

Usaha sampingan modal kecil yang pertama adalah menjadi guru les online, tentunya karena dilaksanakan secara daring kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya ongkos dan juga kamu bisa melihat kurikulum mata pelajaran siswa yang kamu ajari secara online. Sehingga, kamu hanya perlu menyediakan paket internet saja untuk mengajar, agar lebih mudah dalam mengajar kamu bisa menggunakan aplikasi Google Meet selain gratis, aplikasi ini juga unlimited.

2. Membuka kursus online

Ternyata jasa kursus tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang masih sekolah saja, loh! Bahkan banyak karyawan kantoran yang sering mengikuti kursus online. Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka kursus online sepertidigital marketing, copywriting, sales, hingga kursus online yang berhubungan dengan IT. Selain dijadikan sebagai usaha sampingan modal kecil, cara ini juga bisa dijadikan sebagai sharing dan menambah relasi. 

3. Jasa desain grafis

Kamu memiliki keahlian untuk mengedit gambar atau video? Maka kamu bisa gunakan keahlian tersebut menjadi desainer grafis freelance. Usaha sampingan ini bahkan tidak memerlukan modal sama sekali, asalkan kamu memiliki perangkat yang mendukung seperti gadget atau laptop yang sudah memiliki aplikasi desain grafis. 

4. Content Writer

Punya hobi menulis dan ingin menghasilkan uang? Di zaman sekarang hal ini bisa dilakukan, loh! Bahkan tidak hanya penulis novel saja, ada banyak keahlian penulis yang bisa dijadikan ladang cuan contohnya SEO content writer atau juga blog writer. Biasanya kamu akan dibayar sejumlah artikel yang dibuat atau seberapa banyak kata yang kamu tulis.

5. Affiliate

Usaha sampingan dengan modal kecil selanjutnya adalah affiliate, saat ini bisnis affiliatemenjadi salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh karyawan, mahasiswa, hingga pelajar, karena kamu tidak memerlukan modal sepeserpun. Kamu hanya perlu menggiring pengunjung untuk mengunjungi website merchant melalui kode referral. 

Jika ada pengunjung yang berhasil melakukan transaksi dengan kode referal kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi.

6. Social media Ads Advertiser

Saat ini media sosial menjadi salah satu channel pemasaran yang sering dituju oleh banyak bisnis, karena memiliki biaya yang cukup murah dengan massa yang banyak. Sebagai bentuk dari digital marketing, tentunya iklan di media sosial harus bisa disesuaikan agar dapat memaksimalkan pengunjung. Jika, kamu memiliki kemampuan dalam menganalisa dan mengoperasikan ads di berbagai media sosial, kamu bisa mengandalkan keterampilan tersebut sebagai kerja sampingan, karena banyak bisnis-bisnis yang lebih sering membutuhkan social media ads advertiser freelance untuk mengembangkan iklan di media sosial perusahaan mereka

7. Model Reviewer

Jika kamu memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi dan tidak malu untuk tampil di depan kamera, kamu bisa memilih menjadi model reviewer, karena seperti yang diketahui media sosial menjadi sebuah medium pemasaran yang cukup legit. Sehingga, menjadi model reviewer adalah hal yang cukup menarik, kamu hanya perlu menggunakan produk tersebut dan melakukan review di media sosial untuk bisa menarik pembeli. Namun, kamu harus memberikan review yang menarik dan jujur.

8. Jasa desain undangan pernikahan

Ternyata hobi desain juga bisa kamu jadikan ladang cuan dengan cara membuat desain undangan pernikahan, loh! Akhir-akhir ini jasa desain undangan pernikahan juga sering dicari, karena tentunya setiap pasangan yang akan menikah ingin semua halnya terasa sempurna, spesial, dan berbeda. 

Kamu bisa memanfaatkan momen ini membuat desain undangan pernikahan, cukup menggunakan aplikasi foto seperti Canva, Photoshop, Adobe, ataupun Coreldraw juga sudah cukup membantu. Namun, kamu harus memiliki taste desain yang unik dan berbeda dengan yang lain agar menarik.

9. Jasa penitipan hewan

Terdengar menarik, tetapi usaha sampingan modal kecil ini memang sering kita jumpai. Bahkan, saat di penghujung tahun atau juga libur lebaran, jasa penitipan hewan cukup diminati masyarakat. Kalo kamu pecinta hewan dan sudah biasa mengurusi hewan, kamu bisa membuka jasa penitipan hewan, loh!

Sebagai permulaan, kamu dapat menawarkan jasa penitipan hewan ke rekan-rekan kantor yang akan melakukan perjalanan jauh dan tidak bisa membawa peliharaan mereka. Namun, usaha sampingan ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang sudah mengerti tentang cara merawat hewan dan juga memiliki detail yang cukup tinggi. Jangan sampai hewan yang dititipkan terluka atau sakit.

10. Gameronline

Usaha sampingan modal kecil yang terakhir adalah menjadi gamer online. Memangnya bisa bermain game menghasilkan uang? Di zaman sekarang, hal ini bukan hal yang mustahil lagi, bahkan ada banyak perlombaan e-sport yang cukup bergengsi dengan hadiah yang juga terbilang besar. Jika, kamu juga sudah memiliki pengalaman bermain game dengan waktu yang lama dan pro, kamu bisa menjadi pelatih e-sport juga.

Sebenarnya ada banyak usaha sampingan modal kecil yang bisa kamu pilih dan kebanyakan usaha tersebut dilakukan secara daring.. Kamu juga bebas memilih usaha yang sesuai dengan bidang dan passion kamu. Namun, jangan sampai hal tersebut mengganggu pekerjaan di kantor!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again