1. DScovery

Venture Capital Adalah: Contoh dan Daftarnya di Indonesia

Umumnya, perusahaan modal ventura ini menghimpun dana sendiri dari berbagai kalangan seperti investor kaya, lembaga keuangan, bank investasi dan lain-lain

Kamu yang saat ini sedang mengembangkan dunia startup pasti tahu apa itu venture capital. Ini adalah lembaga keuangan yang menyediakan banyak dana untuk startup. Keberadaan VC (venture capital) tentunya sangat penting untuk keberlangsungan pembiayaan start up itu sendiri.

Kali ini DailySocial.id akan memberikan rekomendasi venture capital di Indonesia terbaik!

Pengertian Venture Capital

Modal ventura sendiri merupakan pendanaan yang diberikan investor kepada usaha kecil, seperti startup, yang dinilai memiliki potensi jangka panjang yang besar. Umumnya, perusahaan modal ventura ini menghimpun dana sendiri dari berbagai kalangan seperti investor kaya, lembaga keuangan, bank investasi dan lain-lain.

Namun perlu diketahui, tidak semua perusahaan modal ventura menawarkan modal dalam bentuk dana. Terkadang bantuan juga diberikan dalam bentuk keahlian teknis atau keterampilan khusus.

Pada prinsipnya, setiap investor yang memberi VC sejumlah uang, yang kemudian mengalir kembali ke startup, mengambil risiko tinggi. Oleh karena itu, tidak semua startup mendapatkan pendanaan yang cepat dan lancar dari perusahaan modal ventura.

Beberapa Venture Capital di Indonesia

Convergence

Jika kamu berpikir ini adalah perusahaan asing, kamu salah. Padahal, ini adalah bagian dari grup Bakrie. Diketahui perusahaan ini menyiapkan dana sekitar 333 miliar rupiah untuk diinvestasikan pada startup di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk menerima pendanaan dari VC ini sebaiknya mempelajari syarat dan besaran pendanaan yang dimiliki oleh perusahaan ini.

Fenox Ventures Capital

Ini adalah Venture Capital yang berasal dari Silicon Valley yang cukup terkenal. Ketika portofolio yang kamu miliki masuk ke dalam kategori portofolio yang perusahaan tersebut inginkan. Sudah pasti sejumlah dana akan langsung digelontorkan.

Gree Ventures

Gree Ventures juga termasuk perusahaan modal ventura yang cukup aktif berinvestasi di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Seperti perusahaan modal ventura lainnya, perusahaan ini memiliki beberapa kategori pendanaan.

Yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa perusahaan ini berasal dari Jepang dan dipimpin oleh Yusuke Amano, Naoki Aoyagi dan juga Tatsuo Tsutsumu.

Ada beberapa perusahaan startup yang dibiayai oleh Gree Ventures seperti Urbanindo, Berrybenka, Pricearea, Back Bukalapak dan lainnya. Sementara dari negara lain ada startup LuXola (perusahaan kosmetik asal Singapura) dan lain-lain.

Rebright Partners

Ini adalah salah satu perusahaan modal ventura yang berinvestasi di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Didirikan oleh Takeshi Ebihara, perusahaan asal Jepang ini berfokus pada startup internet dan mobile di enam negara besar Asia termasuk Indonesia.

Sebelum mendirikan firma VC, ia bekerja di Batavia Incubator, Fortune Institute dan juga di GMO Venture Partners. Rebright Partners, singkatnya RP, saat ini menawarkan berbagai jenis pendanaan.

Dalam jumlah yang berbeda tentunya. Beberapa startup yang dibiayai oleh perusahaan ini antara lain Tataduit, Indottrading, aplikasi pemesanan restoran Qraved dan lain-lain.

IMJ Investment

IMJ Investment juga merupakan salah satu pemodal ventura yang dapat membantu kamu mendapatkan modal awal. Selain pembiayaan, perusahaan ini juga menawarkan bantuan berupa layanan pengembangan produk, pengembangan relasi bisnis untuk start-up hingga akses internet.

Beberapa startup berhasil menggalang dana dari perusahaan-perusahaan tersebut antara lain iMoney, Urbanindo dan juga Bukalapak.

Ideosource

Ini adalah salah satu venture capital yang didirikan dan dikembangkan oleh anak bangsa seperti Andi S. Boediman dan juga Edward Ismawan Chamdani. Tidak seperti kebanyakan pembiayaan lainnya. Ideosource berfokus pada pembiayaan media dan e-commerce.

Sejauh ini, Indonesia memiliki cukup banyak startup yang dibiayai oleh perusahaan-perusahaan tersebut, seperti eEvent, Orori, Female Daily, Saqina, Touchten dan lain-lain.

Emtek Group

Emtek group adalah perusahaan venture capital yang cukup terkenal di Indonesia juga. Nama resminya sendiri adalah PT. Elang Mahkota Teknologi atau disingkat EMTEK.

More Coverage:

Emtek sendiri merupakan induk perusahaan dari beberapa saluran televisi nasional seperti Indosiar, SCTV dan juga O Channel. Saat ini perusahaan telah berinvestasi di beberapa startup terkemuka di Indonesia seperti Bukalapak, Kudo, Bobobobo dan lainnya.

East Ventures

Perusahaan modal ventura ini sendiri sudah ada sejak tahun 2010 dan bisa dikatakan ini adalah perusahaan modal ventura pertama di Indonesia. Faktanya, bisa dibilang ini adalah salah satu perusahaan paling aktif dalam pendanaan startup.

Didirikan oleh Batara Eto, Chandra Tjan dan Willson Cuaca, perusahaan ini sukses mendanai berbagai startup seperti Tokopedia, BerryKitchen, Apps Foundry, Berrybenka, Traveloka dan lain-lain.

500 Durians

500 Startups adalah venture capital Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional. 500 Startups mulai berinvestasi di Indonesia pada tahun 2013 dengan tahap pendanaan seed funding hingga Seri D. Salah satu startup yang mendapat pendanaan dari 500 Startups adalah Bukalapak.

Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures adalah dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama di Indonesia. VC ini meluncurkan dana pertamanya pada tahun 2016 sebesar US $ 50 juta. Dana tersebut telah diinvestasikan di 34 perusahaan di Asia Tenggara, sebagian besar di Indonesia, di mana lebih dari 90% di antaranya telah mendapatkan pendanaan lanjutan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again