1. Startup

Vidiator dan MKN Luncurkan Platform Mobile Streaming "Strim" untuk Musik dan Video

Vendor telekomunikasi Mitra Komunikasi Nusantara (MKN) bekerja sama dengan perusahaan multimedia Vidiator mengumumkan ketersediaan platform "Strim" untuk layanan mobile streaming untuk musik dan video. Showcase Strim dilakukan di Singapura dalam ajang CommunicAsia 2012. MKN merupakan perusahaan lokal pembuat ponsel Android dengan merk Cyrus dan akan menggandeng operator dan perusahaan penyiaran untuk mengisi platform ini.

Berbasiskan solusi Xenon yang ditawarkan oleh Vidiator, Strim akan mengakomodasi pengaksesan konten musik dan video secara streaming dengan kualitas tinggi, termasuk di layar kecil. Solusi ini selain bisa diakses melalui web browser, juga bakal bisa diakses melalui WAP ataupun tersedia dalam bentuk aplikasi Android di waktu dekat. Semua konten bakal hosted di Indonesia dan dapat diakses melalui cloud.

Vidiator sendiri merupakan perusahaan multimedia global yang memiliki kantor di Hong Kong, Korea, dan Inggris. Operator besar yang menjadi client Vidiator antara lain Telefonica, Orange, dan Three. Selain itu Vidiator juga berpartner dengan berbagai perusahaan yang bergerak di bidang ini, termasuk di dalamnya Nokia Siemens Network.

Seperti disebutkan dalam rilis resminya, CEO MKN Martin Suharlie mengatakan bahwa dengan kerjasama MKN dan Vidiator ini, konsumen akan bisa mengakses layanan (streaming) yang dibutuhkan dan mengatasi hambatan yang selama ini dihadapi oleh kualitas jaringan seluler di sini -- yang bisa dibilang masih belum optimal. Nantinya bakal tersedia kartu prabayar yang secara otomatis terdaftar dengan layanan Strim. Tidak disebutkan operator mana yang menjadi partner kerjasamanya.

Saat ini layanan streaming di Indonesia, baik konten musik maupun video memang mulai booming. Baru saja kami melakukan review tentang Ohdio yang memberikan fasilitas streaming untuk konten musik. Hanya saja Ohdio belum melayani pengaksesan melalui mobile. Untuk ranah mobile sendiri, sudah ada ViKi yang fokus di berbagai platform smartphone.

Strim bakal mencari celah di mana feature phone ataupun ponsel Android low-end bisa mengakses konten musik dan video secara streaming dengan kualitas yang optimal. Selama ini yang cukup dikenal bermain di segmen yang serupa dengan Strim adalah Vuclip. Dengan solusi menyeluruh dari hulu sampai hilir, tentu diharapkan Strim bakal memberikan pengalaman yang lebih baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again