1. Startup

Visa Sertifikasi Sejumlah Smartphone untuk NFC Payment

Visa telah memasukkan sejumlah merk smartphone yang menggunakan platform Android dan BlackBerry ke dalam daftar produk yang disertifikasi untuk NFC (Near Field Communication) payment. Seperti yang dilaporkan oleh Computer World, smartphone yang masuk dalam daftar di putaran pertama adalah Samsung Galaxy SII, LG Optimus NET NFC, BlackBerry Bold 9900, BlackBerry Bold 9790, BlackBerry Curve 9360, dan BlackBerry Curve 9380. Sertifikasi ini berarti smartphone tersebut telah memenuhi persyaratan untuk menggunakan teknolog payWave milik Visa.

Mesin payWave saat ini telah tersebar sebanyak 185 ribu buah di seluruh Eropa. Ketimbang negara-negara lainnya di dunia, nampaknya kawasan Eropa merupakan early adopter terhadap teknologi NFC ini. Nilai tambah dari penggunaan teknologi payWave ini adalah kompatibilitas dengan layanan Google Wallet. Dengan demikian jika Anda menggunakan ponsel Anda sebagai media pembayaran, Anda bisa memilih untuk menggunakan Google Wallet untuk kegiatan transaksi yang cepat dan nyaman.

Adopsi NFC sendiri menurut saya berlangsung cukup lambat. iPhone dari Apple sendiri sampai sekarang belum secara built-in memberikan fitur NFC. Meskipun demikian ada chip patch di casing iPhone yang  memungkinkan iPhone menjadi media transaksi keuangan, sebagaimana yang diterapkan oleh Commonwealth Bank Australia.

Di Indonesia sendiri, tahun 2012 nampaknya akan menjadi momen bagi para pengembang untuk menunjukkan prototipe aplikasinya yang memanfaatkan NFC. Dengan kebanyakan smartphone yang disertifikasi telah tersedia di Indonesia, semoga saja penggunaan payWave sebagai metode pembayaran yang praktis dapat segera diwujudkan. Antrian pembayaran di kasir hypermarket bisa diminimalisir jika pembayarannya menggunakan metode ini.

Kapan lagi Anda tidak perlu membawa uang sepeser pun di dompet ataupun kantong untuk membayar di sebuah minimarket. Cukup tempelkan smartphone Anda dan pembayaran berhasil dilakukan. Tentu saja jangan lupa untuk menjaga batas credit/pulsa di smartphone Anda tersebut. Jangan sampai credit-nya berada di bawah nilai barang/jasa yang ingin Anda beli dan bayarkan.

Sebelumnya, DailySocial juga mengadakan kategori khusus untuk area NFC di ajang Kompetisi Nokia DevStart yang mentahbiskan Sajian Sedap NFC sebagai pemenang. Semua aplikasi di kompetisi ini dibuat untuk platform MeeGo.

[sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again