1. Lifestyle

Wedge, Infrastruktur Jaringan Terbaru Milik Facebook

Dengan kebutuhan internet yang terus meningkat, Facebook berniat membuat sebuah infrastruktur jaringan yang menyerupai cara kerja sebuah server. Setelah merancang server komputer untuk sendiri, perangkat data storage, dan perlengkapan kelistrikan demi menunjang fasilitas komputasi yang melayani situs dan aplikasi mobile mereka, kini infrastruktur jaringan baru tersebut akan menggandakan kinerja keseluruhan sistem yang ada.

Blog resmi Facebook pada hari Rabu lalu (18/6) memaparkan teknologi itu yang diberi nama Wedge. Wedge mampu mengirimkan data-data dengan sangat cepat melalui data center yang sangat besar, dan menyatukan komputer server dengan perangkat jaringan sehingga jauh lebih meringankan upaya kerja para engineer.

Berdasarkan kutipan Jay Parikh selaku Vice President of Engineering yang dimuat di Wired, “Selama ini kami bekerja justru memperlambat banyak hal. Ini berarti tidak memberikan kesempatan kami untuk melakukan dan mengatur hal yang kami mau, memonitori, menyesuaikan alur jaringan ke Messenger, Instagram, Search, dan semua pekerjaan lainnya. Mampu mengatur segalanya dalam satu jaringan adalah kesempatan yang sangat baik.”

Wedge dirancang agar dapat bekerja dengan produk jaringan open-source komersil lainnya. Awalnya dibuat untuk bekerja pada kecepatan hingga 40Gb per detik, namun seiring pesatnya kemajuan teknologi masa kini, Wedge dikabarkan mampu mengirimkan data hingga 100Gb per detik.

Menurut New York Times, langkah ini sangatlah besar. Pasalnya produk baru seperti ini bisa mengancam control pasar dan profit margin dari perusahaan IT raksasa lainnya seperti Cisco, Hewlett-Packard, dan Arista Networks. Facebook merancang Wedge dalam modul-modul yang dikabarkan akan tersedia secara open-source sebelum tahun ini berakhir.

Beberapa tahun belakangan ini Facebook memang sedang fokus terhadap sebuah proyek yang membuat perangkat keras menjadi open-source dengan nama Open Compute. Proyek ini menarik banyak perusahaan, baik di dalam maupun di luar industri IT. Tujuan proyek ini adalah untuk berbagi ide-ide dan memanfaatkan jumlah pekerja untuk mengerjakan proyek-proyek yang baru. Konsep ini meminimalisir biaya perangkat komputer persis dengan cara Linux mengurangi biaya sistem operasi.

Facebook juga dikabarkan semakin tertarik untuk menggarap “deep learning,” suatu konsep yang lebih maju dari analisis big data yang kini semakin berkembang di lingkup perusahaan-perusahaan IT raksasa.

 

[ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Michael Erlangga. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again