1. Startup

WTF, Blogspot diblok oleh FirstMedia

Akibat terlalu lama melakukan pembalasan (dengan tidur 13 jam) setelah OHD, rupanya pagi ini dunia maya diributkan dengan kasus pemblokiran yang lagi-lagi terjadi. Dimulai dari sebuah blog di blogspot.com yang berisi komik yang berbau SARA, rupanya kementrian Kominfo yang dikepalai oleh Tifatul Sembiring mengirimkan surat kepada salah satu ISP (First Media) untuk memblok akses ke situs Blogspot (milik Google).

Tak lama kemudian gelombang aksi protes-pun berdatangan memprotes aksi pemblokiran oleh pemerintah melalui Depkominfo, menuntut agar pemerintah mencabut larangan tersebut. Beralasan memang, satu blogger idiot menyebabkan kegagalan satu negara mengakses situs yang juga sebenarnya sarat informasi tersebut. Dari pihak Depkominfo sendiri mengirimkan surat keputusan pemblokiran tersebut beberapa hari lalu, dan sampai sekarang (senin 23 November) sepertinya masih juga belum bisa diakses dan protes masih terus berdatangan lewat updates di Twitter.

Saya jujur saja sangat menyesalkan dengan dilahirkannya orang-orang idiot yang membuat komik yang menghina agama lain seperti itu, sangat dangkal dan biadab. Di satu sisi, saya mengerti betul dengan ditutupnya blog tersebut namun tidak juga dengan memblok satu situs secara keseluruhan. Itu seperti ingin membunuh satu tikus kecil dengan menembakkan rudal untuk menghancurkan satu kota sekaligus.

Saya berharap dari pihak Depkominfo, diwakili oleh Tifatul Sembiring bisa secara bijaksana me-manage kasus ini dan keluar dari pemblokiran dalam bentuk apapun. Masyarakat Indonesia secara umum sudah cukup bijaksana dan cerdas untuk menentukan apa yang baik dan apa yang buruk.

Sampaikan pendapat anda mengenai aksi pemblokiran ini di kolom komentar.

PS : Jangan lupa soal kasus Cicak VS Buaya ya, jangan sampai kita teralihkan dan lupa dengan kasus ini gara2 blokir2an ini :)

UPDATE : Ternyata sesuai keterangan dari Tifatul Sembiring, pihak Depkominfo mengirimkan instruksi untuk menutup akses ke komiknabimuhammad.blogspot.com, namun ternyata yang diblokir justru root domain blogspot.com. Kesalahan ada di siapa? Siapa aja deh yang mengaku. Yang penting, sekarang akses menuju blogspot sudah normal kembali.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again