Categories

Gadget

Wynd Ialah Pemurni Udara Portable Pintar, Bisa Menakar Kualitas Udara di Sekitar Anda

Rahasia kemampuan Wynd menyaring partikel hingga 210 kali lebih tipis dari rambut manusia terletak pada filter medical-grade di dalam.

Yoga Wisesa - 12 July 2016

Rendah kualitas udara memberi efek negatif berbeda pada setiap orang. Ada banyak faktor penyebabnya, di antaranya karena alergen, kuman, hingga asap kotor. Terus-menerus terpapar zat-zat ini sudah pasti akan berujung pada masalah kesehatan serius, dan inilah alasannya satu startup dari Kalifornia melakukan riset selama 18 bulan buat menyempurnakan kreasi mereka.

Lewat situs Kickstarter, developer memperkenalkan Wynd bulan Juni silam. Wynd dirancang sebagai pemurni udara pintar dan personal, mampu menakar mutu udara di sekitarnya dan segera melakukan proses pembersihan saat dibutuhkan. Di dalam ‘zona bubble‘, Wynd akan membersihkan segala macam polusi. Keunggulan lain device ini dibanding air purifier lain adalah ukurannya yang hanya sebesar botol air minum, dan didukung baterai build-in.

Meski ukurannya cukup kecil (berbentuk seperti tabung), Wynd sanggup menyingkirkan partikel-partikel pengganggu kesehatan dalam waktu singkat, menghasilkan delapan liter udara bersih per detik. Device mampu menyaring partikel hingga 0,3-micron, termasuk serbuk sari, spora, jamur, kotoran dari bulu kucing, bakteri, tungau, sampai polutan industri semisal serbuk gergaji, bubuk batu bara, debu pengecoran, dan emisi mesin bermotor.

Wynd 2
Wynd memiliki ukuran kecil sehingga mudah dibawa-bawa.

Wynd menghisap udara dari lubang-lubang di tubuhnya, kemudian mengeluarkan hasil filter dari atas. Developer ingin memberikan keleluasaan di sisi setting, dan Anda bisa menyesuaikan daya filter dari angka 0 sampai 100 dengan memutar light ring LED di sisi atas. Lampu ini juga berfungsi sebagai indikator mutu dan aliran udara, filter, serta level baterai.

Rahasia kemampuan Wynd menyaring partikel hingga 210 kali lebih tipis dari rambut manusia terletak pada filter medical-grade di dalam. Komponen ini memanfaatkan layer anti-mikroba dari perak, memungkinkan udara lewat dengan leluasa namun dapat membunuh bakteri dan jamur. Device juga dibekali filter electrostatic buat menangkap zat yang lebih besar dari 1-micron. Jika tidak tersambung ke sumber listrik, unit baterai Wynd bisa menjaganya tetap menyala hingga delapan jam.

Wynd 3
Udara kotor masuk dari lubang-lubang di samping, disaring, lalu dikeluarkan dari bagian atas.

Wynd turut disertai unit Air Quality Tracker (detachable, tersembunyi di bawah device). Ia cukup kecil untuk dibawa-bawa, dan dengan dikombinasi bersama app mobile, Air Quality Tracer bisa memonitor mutu udara secara real-time dan segera mengingatkan Anda ketika kadarnya melewati batas wajar. Aplikasi sendiri disediakan buat platform iOS dan Android.

Di Kickstarter, developer menawarkan Wynd di harga yang cukup ekonomis, hanya US$ 70 – US$ 20 lebih murah dari versi retail-nya nanti. Jadwal pengiriman pada backer jatuh pada bulan November 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter