YouTube Hapus Fitur Collections pada 20 Mei 2015, Akankah Ada Penggantinya?

Untuk mempermudah penggunanya mengumpulkan koleksi video dalam channel,YouTube menyediakan sebuah fitur bernama Collections. Fitur ini membantu pengguna untuk mengelompokkan channel yang sama ke dalam satu tag atau nama, sehingga memudahkan pengguna jika sewaktu-waktu ingin menontonnya.

Bagi sebagian orang fitur ini sangat berguna, tapi tampaknya tidak demikian bagi Google atau entah karena mereka mempunyai rencana baru yang lebih menarik, YouTube baru-baru ini telah mengkonfirmasi penghentian fitur Collection, efektif per 20 Mei mendatang.

Menurut halaman support resmi YouTube untuk Collections, mereka akan menghentikan fitur tersebut, memberikan waktu kepada pengguna yang masih aktif menggunakannya hanya sembilan hari sebelum menghilang benar-benar.

Info Menarik: Tidak Akan Ada Windows 11?

YouTube tidak memberikan penjelasan mendetail terkait keputusan ini. Namun dalam pemberitahuan singkatnya itu tersirat adanya keinginan untuk membuat aktivitas berlangganan lebih menyenangkan. Mengindikasikan YouTube sedang mengupayakan fitur baru yang lebih baik sebagai pengganti.

Saat ini fitur Collections masih dapat dipergunakan. Namun segelap latar belakang penutupannya, saat ini pun tidak diketahui apa yang akan terjadi dengan channel yang sudah diikuti oleh pengguna. Apakah akan hilang atau akan muncul di daftar riwayat atau akan melebur kembali ke daftar channel yang tampil berdasarkan aktivitas dan abjad.

Kabar yang kurang sedap memang, tapi bukan berarti akhir dari segalanya. Saya pribadi percaya Google sebagai induknya YouTube sudah punya rencana yang lebih indah di balik keputusannya yang kontroversial ini. Let's wait and see!

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Your Design/Shutterstock.