Categories

Dukung Pertumbuhan Pelaku UMKM Kota Bandung, Blibli Hadirkan Pasar Kreatif Bandung 2020 Secara Online

Admin Newswire - 24 September 2020

Jakarta, 23 September 2020 – Pemerintah Kota Bandung menggandeng Blibli untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi corona (COVID-19) agar dapat tetap mengembangkan bisnisnya secara online. Blibli meluncurkan laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 yang tersedia di platform Blibli mulai 4 September-25 Oktober 2020. Kolaborasi ini berhasil menghadirkan lebih dari 200 pelaku UMKM lokal Kota Bandung dengan total produk lokal hingga 1000 varian yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Blibli.

Pasar Kreatif Bandung 2020 adalah event yang digagas oleh Pemerintah Kota Bandung untuk memajukan pelaku UMKM lokal untuk bangkit di tengah pandemi dan memajukan usaha di tengah kondisi kenormalan baru (new normal). Selain itu inisiatif ini juga diharapkan dapat berkontribusi menggerakkan perekonomian Bandung dengan meningkatkan konsumsi terhadap produk-produk lokal dari para pelaku UMKM.

Pada laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 yang tersedia di Blibli tersebut, para pelanggan dengan mudah dapat mencari produk-produk lokal UMKM Bandung. Adapun pilihan produknya mencakup produk fesyen, hijab, produk home décor, produk aksesoris pakaian, dan juga produk kriya dan kerajinan.

“Melalui laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 ini, Blibli ingin mendukung UMKM dengan berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Kota untuk dapat terus menggerakkan perekonomian lokal sejalan dengan menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Kami juga ingin mendorong transformasi digital pada industri UMKM dan membantu para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya,” ujar Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas A. Pramaditya.

Menurut Andreas, sebagai platform e-commerce yang mengedepankan teknologi digital, Blibli dapat mengoptimalkan keseluruhan ekosistem yang dimiliki oleh Blibli untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, Blibli memberikan fasilitas foto produk, dukungan logistik, ragam pilihan pembayaran dan pelayanan Customer Care yang dapat dimanfaatkan oleh para mitra seller khususnya pelaku UMKM.

“Pasar Kreatif Bandung 2020 adalah pagelaran Pasar Kreatif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang berjalan di sembilan pusat pembelajaran guna meningkatkan pemulihan perekonomian di Kota Kembang, namun juga sejalan penerapan adaptasi kebiasaan baru yang diperketat. Pasar Kreatif Bandung 2020 juga menjadi model pameran yang menerapkan protokol kesehatan. Acara yang menggandeng Dekranasda Kota Bandung dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat ini juga sekaligus rangkaian perayaan HUT ke-210 Kota Bandung.” ujar Ketua Dekranasda Kota Bandung Hj. Siti Muntamah Oded, S.Ap.

Para pelanggan Blibli yang mengunjungi laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 selain menikmati pilihan produk lokal yang lengkap dapat juga memanfaatkan berbagai fasilitas pembayaran dari Blibli. Termasuk Cicilan 0% dan opsi bertransaksi dengan memilih 10 metode pembayaran dari 38 partner keuangan, termasuk pembayaran dompet digital seperti DANA, OVO, Gopay, LinkAja, QRIS, dan Sakuku.

Semenjak pertama kali beroperasi pada tahun 2011, Blibli berfokus membantu UMKM dalam pengembangan ekonomi kreatif serta selalu mengedepankan produk lokal Indonesia dalam setiap layanannya. Melalui Galeri Indonesia, kategori produk di Blibli yang dikhususkan untuk pelaku usaha kreatif tanah air dan UMKM, Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mengakomodir dan mengembangkan produk lokal.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Blibli terhadap pertumbuhan para pelaku UMKM Indonesia khususnya di tengah situasi pandemi ini, Blibli menyediakan halaman khusus untuk menyambut kampanye nasional mendukung perkembangan produk lokal #BanggaBuatanIndonesia.

Blibli turut ambil bagian dalam inisiatif ini melalui kampanye #KarenaLokalNo1 yang mengangkat produk-produk lokal di Blibli. Inisiatif yang dilakukan oleh Blibli bertujuan untuk mendukung para pelaku bisnis UMKM yang terkena dampak akibat pandemi COVID-19, agar tetap dapat menjalankan usahanya melalui dukungan platform Blibli.

Melalui strategi bisnis yang mengedepankan kepuasan pelanggan, Customer Satisfaction First, Blibli mengintegrasikan enam manfaat untuk kenyamanan ketika berbelanja di Blibli. Keenam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100% barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari (24/7 Customer Care), pembayaran yang aman, dan jaminan 15 hari pengembalian barang.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.