1. DScovery

Cara Membuat Mind Map Sebagai Pedoman dalam Berpikir Kritis

Mind map dapat digunakan untuk membantu seseorang menyusun alur berpikirnya ke dalam beberapa poin yang lebih penting. Mind map dapat membantu juga agar seseorang dapat menghafal dengan lebih cepat. Baca artikel ini untuk mengetahui cara membuat mind map sebagai pedoman dalam berpikir kritis.

Cara membuat mind map akan berbeda pada setiap orang tergantung pada kebutuhan dan kreativitasnya. Terkadang seseorang membutuhkan sebuah peta berpikir untuk membantunya menyampaikan suatu ide secara terstruktur di dalam otaknya.

Mind map yang dilakukan beberapa orang merupakan bentuk proyeksi atas ide miliknya secara garis besar. Mind map digunakan sebagai suatu panduan dalam mengungkapkan dan menjelaskan pikirannya.

Cara membuat mind map dapat dilakukan dengan berbagai visualisasi yang berbeda, tidak ada peraturan pasti mengenai hal yang perlu dilakukan oleh seseorang dalam membuat mind map. 

Meskipun demikian ada beberapa poin dan cara yang dapat dilakukan untuk menyusun mind map dalam membantu mu berpikir kritis. Berikut ini cara membuat mind map sebagai pedoman dalam berpikir kritis:

Strategy Preview

Strategy Preview adalah salah satu tahapan awal yang dibutuhkan seseorang ketika membuat mind mapping. Melalui strategi ini maka kita diajarkan untuk membuat sebuah pendahuluan sebelum membuat mind mapping.

Pendahuluan yang dimaksud adalah rangkaian pemikiran abstrak yang akan digunakan untuk melengkapi informasi pada mind mapping tersebut. Tahapan strategy preview memiliki beberapa poin utama yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Initial Idea

Merupakan ide utama atau judul dari ide dalam pikiran kita. Initial idea menjelaskan mengerti topik utama yang ingin dibahas dalam mind mapping. Sebagai contoh seseorang akan membuat mind mapping mengenai kesehatan mental, ia akan memberikan posisi pada dirinya untuk memandang kesehatan mental, apakah kesehatan mental itu positif atau negatif dan lainnya. 

Maka topik utama yang akan memunculkan ide-ide berikutnya adalah kesehatan mental, inilah yang menjadi initial idea yang akan dituliskan pada mind mapping.

  • Supporting point

Poin yang akan mendukung argumen atau penilaian yang dihasilkan dari ide milik kita. Ketika membuat mind map, setelah menentukan ide atau topik utama yang akan kita bahas selanjutnya adalah poin pendukung atas ide yang kita miliki tersebut. 

Jika seseorang berpendapat bahwa kesehatan mental adalah hal yang negatif, ia perlu menyertakan poin yang mendukung pendapatnya bahwa kesehatan mental itu hal yang negatif. Hal ini akan dimasukan dalam mind mapping sehingga akan membantu seseorang dalam menjelaskan pola berpikirnya.

  • Counter point

Poin argumen yang akan perbedaan pendapat atau perspektif akan ide yang dimiliki oleh kita. Pada saat membuat mind mapping seseorang harus mempertimbangkan juga penilaian lain dan faktor diluar dari ide yang dimilikinya, tidak semua akan memiliki pemikiran serupa. 

Sehingga untuk membuat suatu peta berpikir yang baik, seseorang perlu juga mempertimbangkan poin yang dapat menyangkal pendapat miliknya. Jika sudah menemukannya maka ia perlu melakukan pencarian untuk menyangkal perbedaan ide tersebut.

  • Opposing point

Poin argumen yang akan menolak ide yang dimiliki oleh anda dengan sudut pandang yang berbeda sejak poin awal mengenai supporting poin dilakukan. Merupakan poin yang perlu dipertimbangkan juga dalam membuat mind mapping, yaitu mengenai pertimbangan atas ide-ide orang lain yang berbeda dengan milik kita.

Seperti misalnya jika seseorang memandang kesehatan mental sebagai hal yang negatif, bisa jadi orang lain memandang kesehatan mental sebagai hal yang positif. Tergantung pada dasar pemikiran yang membentuk peta berpikir tersebut.

Critical Thinking Summary

Ketika membuat sebuah mind map, secara sadar seseorang menuliskan poin-poin penting dan utama sebagai sebuah ide pada argumen atau pendapat miliknya. Untuk membuat mind map sebagai pedoman berpikir kritis, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai fokus utama dari tujuan pembuatan mind map tersebut. 

Berpikir kritis bukan berarti pendapat kita harus berlawanan dengan orang lain, tidak berarti bahwa kita harus menyangkal pendapat atau ide orang lain, dan bukan juga mengenai argumen siapa yang salah dan benar. Berpikir kritis berarti mempertanyakan suatu fakta melalui kumpulan ide-ide sehingga membentuk suatu penilaian.

Mind mapping pada umumnya digunakan untuk menggambarkan peta konsep terkait ide yang dimiliki seseorang, setiap poin informasi di dalamnya akan saling berkaitan. Berikut ini cara membuat mind mapping dalam melalui tahapan critical thinking summary:

  • Introduce 

Membahas mengenai sumber bacaan atau sumber yang kita jadikan referensi sebagai bahan ide dalam mind mapping. Ketika membuat mind map seseorang membutuhkan bahan atau sumber yang pada akhirnya memunculkan pemikiran yang ada pada dirinya. 

Sebagai contoh jika seseorang ingin membuat mind mapping mengenai sejarah perang dunia, maka ia membutuhkan sumber bacaan yang relevan terkait sejarah perang dunia. Karena sumber bacaan atau referensi tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan ide dan peta berpikir seperti apa yang akan disampaikan oleh orang tersebut.

  • Explain 

Membahas mengenai bagaimana dan apa yang orang lain pikirkan akan suatu topik ide yang juga kita miliki. Maksudnya adalah bagaimana orang lain memandang suatu peristiwa dan bagaimana kita memandang peristiwa tersebut. Hal ini akan berbeda tergantung pada persepsi yang dimiliki masing-masing orang.

  • Exemplify 

Membahas mengenai bukti yang dapat mendukung argumen atas ide yang dimiliki oleh orang lain dan bukti yang mendukung ide kita pada mind mapping. Ketika seseorang membuat mind mapping, segala poin informasi harus diberikan bukti-bukti konkrit sebagai bentuk validasi bahwa ide dan pemikiran yang disampaikan pada mind mapping relevan.

More Coverage:

Sebagai contoh jika seseorang akan membuat mind mapping mengenai isu kesehatan mental sebagai hal yang dianggap negatif oleh masyarakat, maka ia harus menyertakan bukti yang menyatakan bahwa masyarakat memang menganggap negatif isu kesehatan mental.

  • Problematize 

Membahas mengenai interpretasi atau penjelasan yang dimiliki oleh seseorang terkait suatu topik atau ide yang juga kita miliki. Maksud dari poin problematize adalah bagaimana mind mapping yang dibuat dipengaruhi oleh asumsi-asumsi lainnya, apakah ada faktor lain yang mempengaruhi pola pemikiran tersebut seperti, nilai-nilai sosial, pengetahuan, pengalaman dan lain sebagainya. 

  • Extend 

Membahas mengenai kelanjutan ide argumen atas pola berpikir yang diberikan. Bagaimana dampak yang akan terjadi jika ide yang kita tuliskan pada mind mapping dipahami oleh orang lain, bagaimana ide yang diberikan dapat melanjutkan perkembangan ide atau pandangan selanjutnya. 

Nah, itu dia beberapa poin dan cara membuat mind map yang dapat kamu terapkan jika ingin membuat mind map sebagai pedoman dalam berpikir kritis, Mind mapping ini akan berfungsi untuk membantu dalam menunjukan apa saja hal penting yang perlu kita pertimbangkan, bagaimana hal tersebut akan membentuk dan membuat kita memahami poin penting dari ide yang telah kita buat.

Mind mapping pada dasarnya sering dijumpai di sekolah-sekolah, pelajar biasanya membuat mind map sebagai bagian dari tugas pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk membantu pelajar menuangkan ide dan alur berpikirnya tanpa melewatkan hal-hal yang penting. Jadi mind mapping ini dapat menjadi solusi untuk menguraikan poin-poin penting terkait peta berpikir seseorang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again