1. DScovery

Kreatif: Definisi, Ciri-Ciri hingga Bentuk dan Contohnya

Kemampuan kreatif inilah yang menjadi sumber energi bagi lahirnya inovasi. Itu sebabnya bakat kreatif sering digunakan dalam bisnis

Saat ini, setiap orang selalu harus berpikir kreatif, terutama dalam kehidupan kerja, sehingga banyak yang mengatakan bahwa kreativitas saat ini seperti bakat yang harus dimiliki setiap orang. Setiap orang memiliki kemampuan kreatif ini, namun tidak semua orang dapat memaksimalkan kemampuan ini.

Padahal hampir semua aktivitas modern membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Jadi jangan pernah malas untuk meningkatkan skill kreatif ini.

Kemampuan kreatif inilah yang menjadi sumber energi bagi lahirnya inovasi. Itu sebabnya bakat kreatif sering digunakan dalam bisnis. Dalam dunia korporat, talenta-talenta kreatif digunakan dalam pengembangan produk baru agar tetap kompetitif menghadapi persaingan dan konsumen tidak bosan.

Bahkan, kreativitas dalam berbisnis juga digunakan untuk memikirkan bagaimana produk bisa dipromosikan. Dengan promosi yang kreatif ini kamu bisa meningkatkan penjualan produk.

Bakat kreatif tentu up to date. Jadi, kamu harus dapat menyesuaikan keterampilan kreatif kamu dengan waktu agar tetap kompetitif dengan individu lain. Semakin cepat kamu menyesuaikan keterampilan kreatif  dengan waktu, semakin cepat kamu dapat bersaing dengan orang lain.

Untuk lebih jelasnya mengenai kreatif, berikut penjelasan oleh DailySocial.id di bawah ini!

Definisi Kreatif

Sebelum mendalami kreativitas, mari kita bahas dulu pengertian kreativitas. Kebanyakan orang ketika mendengar "kreatif" selalu memikirkan seniman dan penulis.

Padahal, kreatif itu sendiri memiliki arti yang sangat luas, sehingga tidak bisa hanya ditujukan kepada seniman atau penulis saja. Sederhananya, kreativitas adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu.

Padahal, kreativitas adalah milik setiap orang, jadi ketika melihat dua orang mendesain rumah, tidak selalu sama. Itu karena kreativitas setiap orang berbeda-beda.

Selain itu, dalam kaitannya dengan kemampuan kreatif perlu digarisbawahi bahwa kemampuan kreatif dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan sendiri. Oleh karena itu, keterampilan kreatif dapat diperoleh secara otodidak atau disempurnakan dengan berpartisipasi dalam beberapa kursus.

Pada prinsipnya pengertian kreatif ini bisa bermacam-macam dan biasanya disesuaikan dengan bidang pekerjaan. Namun secara umum, kreativitas mengacu pada kemampuan atau pengetahuan yang sudah dimiliki seseorang atau kelompok untuk menemukan berbagai inovasi dan memecahkan masalah dengan cara baru.

Oleh karena itu, seseorang yang kemampuan kreatifnya baik, ketika suatu masalah muncul, dia dengan cepat menemukan solusi dari masalah tersebut, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan tepat dan cepat.

Sementara itu, kemampuan kreatif yang berkaitan dengan inovasi terlihat pada diri seseorang atau kelompok yang selalu menemukan hal-hal baru yang lebih segar dan disukai banyak orang. Oleh karena itu, bakat-bakat kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk menciptakan produk-produk baru dan juga dibutuhkan dalam dunia kreatif baik itu di televisi maupun media sosial.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreativitas berarti daya cipta atau kemampuan mencipta. Berdasarkan definisi KBBI dapat dikatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru. Itulah sebabnya ada yang mengatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan menemukan inovasi. Jadi mulailah meningkatkan bakat kreatif kamu sekarang.

Bentuk Kreatif

Ide

Ide adalah pemikiran kreatif yang unik dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, ide juga bisa disebut sebagai pemikiran yang dapat menghasilkan solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah saat ini.

Produk

Produk adalah ide kreatif yang dapat menghasilkan suatu produk yang dapat digunakan oleh konsumen, dan produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam hal ini produk dapat berupa barang atau jasa.

Gagasan

Gagasan adalah ide kreatif yang seolah-olah dapat memecahkan suatu masalah. Gagasan ini dapat dikomunikasikan kepada orang lain secara tertulis atau secara langsung. Gagasan dikomunikasikan melalui tulisan, misal publikasi, buku, dll.

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Nah, supaya kamu mudah mengetahui seseorang, apakah memiliki kemampuan kreatif atau tidak, maka perlu mengenali ciri-ciri kreatif. Berikut ini ciri-ciri orang kreatif, yaitu:

Suka dengan Tantangan dan Hal-Hal Baru

Ketika kamu melihat seseorang yang sangat menyukai hal-hal baru dan tantangan, apakah itu berarti dia memiliki bakat kreatif atau mungkin kamu sangat menyukai tantangan? Dalam sebuah tantangan seseorang dengan kemampuan kreatif akan sangat senang karena dapat meningkatkan semangat dalam dirinya.

Mudah Merasa Bosan

Pikiran kreatif cenderung mudah bosan karena sangat menyukai hal-hal baru di sekitarnya. Itu sebabnya orang kreatif selalu menemukan ide kreatif yang lebih segar dan bisa mengubahnya menjadi barang atau jasa.

Sangat Senang Berimajinasi

Seseorang yang sangat senang membayangkan sesuatu cenderung melakukannya jika mereka memiliki keterampilan kreatif yang baik. Hal ini dikarenakan imajinasi dapat mengasah berpikir kreatif, bahkan berpikir kreatif dapat diwujudkan.

Secara umum, bagian otak kanan orang yang sering bermimpi lebih dominan daripada belahan otak kirinya. Oleh karena itu, seseorang yang suka membayangkan sesuatu sering disebut sebagai pemimpi yang mampu mewujudkan imajinasinya.

Perilakunya Cepat Berubah

Tingkah laku seorang pemikir kreatif berubah dengan sangat cepat, atau bisa dikatakan bahwa perubahan tingkah laku tersebut disebabkan oleh perubahan suasana hati. Oleh karena itu, sulit untuk memprediksi kepribadian orang yang kreatif. Selain itu, orang kreatif memiliki tingkat empati yang cukup tinggi.

Mudah Beradaptasi

Seseorang yang dapat berpikir kreatif beradaptasi dengan sangat cepat, terutama ketika memunculkan ide atau gagasan untuk menciptakan hal baru. Selain itu, kemampuan beradaptasi ini dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah secara cepat dan akurat.

Cara Mengembangkan Sifat Kreatif

Mengamati Hal-Hal di Sekitar

Amati berbagai hal di sekitar kamu dengan semua indra. Pengamatan yang dilakukan melalui panca indra melatih kamu secara maksimal untuk mempertajam daya ingat. Ingatan baja meningkatkan kemampuan kreatif, sehingga ide-ide kreatif terus bermunculan.

Dalam hal ini, hal-hal yang ditemukan bisa berupa apa saja yang kamu suka dan hal-hal yang baru. Semakin banyak kamu mengamati dengan indera, semakin baik indra milikmu terlatih, yang memengaruhi ide kreatif yang akan membuahkan hasil.

Sering Berimajinasi

Kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa imajinasi dapat mempertajam pikiran. Semakin banyak keterampilan berpikir yang maju menghasilkan semakin banyak ide kreatif, bahkan pentingnya imajinasi pernah diungkapkan oleh Albert Einstein: “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”.

Pada prinsipnya imajinasi ini dapat diperoleh secara individu dari mana saja dan kapan saja. Namun secara umum, imajinasi dapat muncul ketika seseorang berimajinasi, berpikir dan mencari cara untuk memperbaiki sesuatu atau bekerja. Jadi jangan pernah berhenti membayangkan.

Selalu Menggunakan Pola Pikir Out of the Box

Seperti yang telah disebutkan, kreativitas adalah sumber inovasi. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan kreatif, kamu perlu menerapkan cara berpikir yang berbeda saat menghadapi masalah dan menciptakan suatu produk atau karya.

Out-of-the-box thinking sebenarnya bisa diasah, jadi terserah kamu mau mempertajam cara berpikir yang berbeda secara umum atau tetap menggunakan cara berpikir yang sudah lazim.

Selalu Berusaha Melakukan Hal yang Baru

Langkah selanjutnya dalam pengembangan kreatif adalah selalu mencoba sesuatu yang baru. Pada dasarnya tidak selalu harus sesuatu yang baru, bisa juga hal yang jarang dilakukan orang lain. Sehingga kamu terbiasa mencari ide-ide kreatif yang layak, baik untuk diri sendiri maupun untuk kebutuhan industri atau perusahaan.

Menambah Wawasan

Dalam mengembangkan keterampilan kreatif, peningkatan pemahaman sangat penting karena semakin banyak pemahaman yang dimiliki, semakin mudah memunculkan ide-ide kreatif dan semakin mudah menerapkannya.

Umumnya, kamu bisa mendapatkan pemahaman dengan membaca buku. Namun seiring berjalannya waktu, wawasan bisa bertambah melalui artikel online, media sosial, pameran, jalan-jalan ke luar negeri, dll.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again