1. Entrepreneur

Solusi Jitu Mengatasi Kendala Pengiriman di Tokopedia

Pelajari Cara Mengatasi Kendala Pengiriman dan Tingkatkan Penjualan Anda di Tokopedia

Dalam dunia bisnis online, kenyamanan pelanggan dan keberhasilan pengiriman barang merupakan hal yang sangat penting. Namun, seiring dengan pertumbuhan bisnis di marketplace seperti Tokopedia, kita harus siap menghadapi kemungkinan adanya kendala dalam pengiriman. Baik itu terkait jadwal pick up yang tidak sesuai harapan maupun persoalan terkait kurir pengiriman.

Sebagai seorang penjual di Tokopedia, memahami cara mengatasi kendala-kendala ini adalah langkah penting untuk menjaga reputasi bisnis Anda dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Mari kita bahas lebih lanjut tentang cara mengatasi kendala pengiriman ini.

Kendala Kurir Pengiriman

Dalam dunia perdagangan online, terkadang kita perlu mengubah kurir pengiriman untuk memastikan pengiriman barang berjalan sesuai rencana. Namun, perlu diingat bahwa perubahan kurir memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipatuhi.

Pertama, perubahan kurir hanya dapat dilakukan ketika status transaksi pesanan sudah mencapai tahap "Pesanan Diterima". Selain itu, perubahan kurir juga bisa dipertimbangkan jika resi pengiriman tidak dapat dilacak karena paket mengalami kendala di saat pengambilan oleh kurir. Dua syarat tambahan yang harus ada adalah pembeli menggunakan layanan "Jaminan Tepat Waktu" dan pesanan tersebut memiliki opsi "Bebas Ongkir".

Tetapi, jika Anda menemui situasi di mana resi pengiriman belum dapat dilacak melalui situs web kurir, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengunggah bukti resi fisik sesuai dengan panduan berikut ini:

  • Buka halaman Dalam Pengiriman di platform Tokopedia.
  • Pilih invoice atau pesanan yang sedang mengalami kendala dalam pelacakan.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Unggah Bukti Resi. Penting untuk memastikan bahwa foto yang Anda lampirkan memiliki kualitas resolusi yang baik, sehingga semua detail resi terlihat dengan jelas. Pastikan juga tidak ada bagian dari resi yang terpotong. Tindakan ini sangat penting untuk memudahkan tim Tokopedia Care dalam melakukan validasi yang diperlukan untuk mengatasi kendala pengiriman yang Anda hadapi.

Cara Mengubah Kurir Pengiriman di Tokopedia

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan layanan pengiriman yang ingin digunakan sebelum melakukan perubahan kurir.
  • Pilih pesanan yang akan diubah kurirnya, lalu klik opsi Ganti Kurir.

Credit picture by Tokopedia

  • Pilih kurir baru, jenis pengiriman, dan masukkan nomor resi. Selanjutnya, klik tombol Ganti Kurir.

Credit picture by Tokopedia

  • Konfirmasikan nomor resi pengiriman dan proses perubahan kurir pengiriman telah berhasil dilakukan.

Sebagai seorang penjual di platform Tokopedia, Anda memiliki fleksibilitas untuk mengajukan perubahan jadwal pick up dalam beberapa situasi khusus. Ini termasuk ketika barang yang akan dikirim belum siap, toko sedang tutup, belum ada kurir yang datang untuk pick up, atau jika permintaan pick up dibatalkan oleh kurir. Dengan memiliki opsi ini, Anda dapat mengelola proses pengiriman dengan lebih fleksibel dan tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Credit picture by Tokopedia

Perlu diingat bahwa kendala dalam pengiriman tidak selalu dapat dihindari, namun dapat diatasi dengan pemahaman yang baik dan kerjasama yang kuat antara penjual, marketplace, dan logistik. Dengan tetap mengutamakan kepuasan pelanggan dan menjaga komunikasi yang baik, Anda dapat meminimalkan dampak negatif dari kendala-kendala tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again