1. Entrepreneur

Panduan Membuat Welcome Message di Chatbot dari Mekari Qontak

Welcome message memiliki peran vital dalam membangun hubungan positif dengan pelanggan

Dalam era e-commerce yang semakin berkembang, keberadaan omnichannel CRM yang terintegrasi dengan chatbot AI menjadi sangat penting bagi online shop. Integrasi ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan merek secara mulus melalui berbagai saluran, mulai dari situs web hingga aplikasi seluler dan media sosial. Dengan memiliki sistem ini, online shop dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan respons cepat dan personalisasi dalam menjawab pertanyaan, menangani keluhan, serta memberikan rekomendasi produk secara akurat.

Selain integrasi teknologi, welcome message yang diberikan oleh chatbot online shop juga memiliki peran vital dalam membangun hubungan positif dengan pelanggan. Pesan sambutan yang ramah dan informatif tidak hanya memberikan kesan pertama yang baik, tetapi juga membuat pelanggan merasa dihargai dan didengar.

Untuk sebagian orang yang belum familiar dengan teknologi AI chatbot, membuat welcome message dapat menjadi hal yang menyulitkan. Lantas, bagaimana cara membuat welcome message di chatbot Mekari Qontak? Simak panduannya berikut ini.

Cara membuat welcome message di chatbot Mekari Qontak

  • Ketika berada di halaman dashboard, klik Conversation Name yang telah dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke tampilan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

  • Untuk menambahkan welcome message, klik pada kotak bubble.
  • Setelah itu, akan muncul Bot Response Settings – General sebagai tempat untuk mengatur welcome message yang akan dikirimkan kepada pelanggan.

 

  • Anda bisa memilih salah satu dari tiga jenis Bot Response Type, yaitu Text, Button, atau List. Biasanya, untuk welcome message yang membuka percakapan, jenis respon bot yang paling umum digunakan adalah Text.
  • Pada bagian Bot Response Name, masukkan nama Bot Response dengan nama default “Welcome Message”.
  • Pada bagian Bot Response Content, tulis pesan atau sapaan standar yang ingin digunakan sebagai welcome message.
  • Anda juga bisa melampirkan file di bagian Attachment. Anda dapat mengunggah maksimal 10 file dengan ukuran maksimal 64 MB. Jenis file yang dapat diunggah meliputi Image (.jpeg, .jpg, .png, dan .gif), Video (.mkv, .mov, dan .mp4), dan Document (.pdf, .xlsx, .docx, .pptx, .xls, .csv, .s20, dan .cdr).
  • Untuk mengelompokkan percakapan berdasarkan tag pilihan, Anda dapat menambahkan tag pada percakapan di bagian Conversations tags.
  • Untuk menyesuaikan respon bot secara lebih lanjut, klik Additional Setting.

Dengan komitmen untuk memberikan dukungan bagi bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan, mengelola peluang, serta meningkatkan hasil dari upaya pemasaran dan penjualan, Mekari Qontak dapat menjadi salah satu pilihan bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan pengalaman pelanggan mereka dalam lingkungan digital yang semakin kompleks.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again