1. Entrepreneur

Panduan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Akuaja

Cara lengkap menggunakan Akuaja, pengenalan dashboard hingga pengaturannya.

Aplikasi Akuaja accounting, menawarkan keunggulannya yaitu kemudahan dalam penggunaannya karena sederhana dan cocok untuk pemula. Bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi Akuaja, simak panduan cara menggunakan aplikasi Akuaja untuk laporan keuangan bisnis Anda berikut ini.

Pengenalan Dashboard

Aplikasi Akuaja berbasis Microsoft Excel 2013, sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain. Pada tampilan dashboard, terdapat kas dan saldo rekening dari berbagai bank per tanggal yang Anda tetapkan. Tanggal tersebut dapat diubah dan saldo akan mengikuti sesuai dengan tanggal yang Anda tuliskan secara otomatis.

Pada bagian bagan atau diagram, diagram tersebut sebagai rangkuman hasil penjualan bisnis Anda. Pada diagram batang tersebut dapat diketahui jumlah kuantitas penjualan per produk, sehingga dapat diketahui produk mana yang paling banyak penjualannya. Lalu, ada diagram penjualan, HPP atau harga modal, dan laba kotor untuk membandingkan produk mana yang untungnya paling besar. 

Diagram garis pada trend penjualan selama seminggu terakhir dan trend penjualan 30 hari terakhir. Diagram garis menjelaskan keadaan bisnis apakah sedang naik, turun, atau stagnan. 

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Bagian piutang yaitu hak Anda yang ada di pihak lain, dimana orang lain harus membayar ke Anda, ada utang yang mana Anda meminjam uang kepada orang lain dan harus dibayarkan.

Kolom kas masuk dan kas keluar akan terlihat sesuai dengan periode tanggal yang Anda tentukan di awal. Pengambilan pribadi yaitu Anda mengambil uang bisnis untuk keperluan pribadi bukan untuk operasional bisnis. Total aset adalah seluruh kekayaan dalam bisnis Anda, yaitu piutang, kas masuk, persediaan, dan pembayaran di muka. Total modal adalah sejumlah uang yang dikeluarkan di awal periode untuk bisnis. Lalu ada kolom penjualan, laba kotor, dan laba bersih.

Diagram beban operasional, berfungsi untuk mengontrol biaya yang Anda keluarkan paling besar, sehingga dapat diefesiensi kembali. Diagram transaksi kas lainnya berfungsi untuk melihat biaya yang tidak berhubungan dengan operasional bisnis, seperti pengambilan pribadi, bayar utang, pemberian pinjaman, pembelian aset, dan lain sebagainya.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Pada bagian stok produk diberikan informasi jumlah stok produk, untuk mengetahui produk yang harus ditingkatkan penjualannya, selain dalam bentuk data dalam bentuk angka, terdapat pula data dalam bentuk batang agar lebih mudah membacanya.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Menu Penjualan

Pada menu penjualan, terdapat form yang harus diisi. Dimana produk dan jumlah yang dimasukkan akan memunculkan harga jual satuan, dan total harga akan muncul secara otomatis.

Jika Anda memberikan diskon, maka jumlah harga akan otomatis terpotong dan harga setelah diskon akan dimunculkan. Metode pembayaran ini merupakan opsi pembayaran melalaui uang tunai (kas) atau transfer ke rekening. Jika semua telah terisi, maka selanjutnya klik simpan dan akan dibuat nota otomatis oleh sistem.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Menu Pembelian

Pada menu pembelian digunakan untuk mengetahui barang yang kita beli untuk dijual. Anda perlu mengisi form produk, kuantitas, dan total harga dari kuantitas yang dibeli dan klik tambah, maka total yang harus dibayar dan total belanja akan secara otomatis terisi. 

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Pembayaran Operasional

Pada menu ini digunakan untuk mencatat sejumlah uang yang dikeluarkan untuk menunjang usaha, seperti upah, pembayaran sewa, pajak, listrik, air, dan lain sebagainya. Anda perlu mengisi bagian penerima, keterangan, jumlah, dan metode pembayaran.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Konversi Kas

Konversi kas atau perpindahan kas digunakan untuk mencatat record setor uang ke bank dari mulanya uang cash ke rekening. Masukkan data rekening awal, rekening tujuan, keterangan, jumlah, dan biaya administrasi. Begitu pula dengan menarik uang dari rekening juga diinput ke konversi kas.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Transaksi Kas Lainnya

Transaksi kas lainnya digunakan untuk mencatat kas masuk atau keluar. Misalnya untuk kas pribadi, pembayaran utang, pemberian pinjaman, pembelian aset atau lainnya dan bukan untuk operasional. Hal ini diperlukan untuk manage keuangan agar tidak berlebih untuk mengambil uang bisnis. Anda perlu mengisi form nama transaksi, rekening, keterangan, jumlah, dan baiay administrasi.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Pengaturan

Pada menu ini, diperlukan untuk mengisi hal-hal yang dibutuhkan untuk keperluan mengisi form pada menu dashboard, penjualan, pembelian, pembayaran, konversi kas, dan transaksi lainnya. Anda dapat mengisi informasi bisnis pada pengaturan umum untuk keperluan nota otomatis pada sisterm penjualan. Lalu, terdapat infomasi rekening, pengaturan produk, pengaturan pengeluaran, dan informasi jumlah utang dan piutang untuk dapat diakumulasi dengan transaksi yang dijalankan.

Credit: Youtube Akuaja Accounting

Nah, itulah cara menggunakan aplikasi Akuaja, solusi pembukuan untuk UMKM. Pengerjaannya mudah dan otomatis cocok digunakan untuk Anda yang masih awam dengan accounting.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again