1. Entrepreneur

Cara Menjangkau Konsumen Secara Efektif di Shopee

Mengenal Lebih Dekat Fitur Pengelolaan Pembeli di Shopee

Di era digital saat ini, perdagangan elektronik telah menjadi salah satu cara paling populer bagi penjual untuk menawarkan produk mereka kepada target pasar. Shopee, salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia, menyediakan Fitur Pengelolaan Pembeli.

Fitur tersebut memungkinkan penjual untuk mengelola pesan, mempromosikan produk, dan berinteraksi dengan pembeli secara efektif.

Apa Itu Fitur Pengelolaan Pembeli di Shopee?

Fitur Pengelolaan Pembeli adalah fitur yang memungkinkan penjual untuk mengirimkan pesan broadcast promosi kepada grup pembeli tertentu, memantau respons dan interaksi pembeli terhadap pesan yang dikirimkan.

Melalui Fitur Pengelolaan Pelanggan, Anda bisa membuat kategori grup yang spesifik. Dengan begitu, Anda dapat menargetkan dan mengirimkan pesan sesuai preferensi pelanggan agar lebih efektif.

Chat Broadcast bisa dibuat dengan mudah, baik melalui aplikasi Shopee maupun Seller Centre. Namun, untuk memaksimalkan penggunaan fitur dan tampilan, disarankan untuk mengelolanya melalui Seller Centre.

Manfaat Menggunakan Fitur Pengelolaan Pembeli

Meningkatkan Kunjungan Pembeli

Dengan kemampuan untuk mengirimkan pesan promosi dan update produk, penjual dapat menarik perhatian pembeli dan mengarahkan mereka untuk mengunjungi toko dan produk yang ditawarkan.

Memberikan Promosi Eksklusif

Fitur ini memungkinkan penjual untuk memberikan apresiasi kepada pembeli dan pengikut toko mereka dengan memberikan promosi eksklusif. Hal itu dapat mendorong peningkatan loyalitas pelanggan.

Berinteraksi Secara Langsung

Fitur Pengelolaan Pembeli memudahkan penjual untuk berinteraksi langsung dengan pembeli, sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan respon secara cepat.

Cara Membuat Grup Penerima dan Pesan Broadcast

Pesan Chat Broadcast dapat dibuat melalui Seller Centre dan aplikasi Shopee. Namun, grup penerima pesan broadcast hanya dapat dibuat melalui Seller Centre. Jika Anda ingin membuat dan mengirim pesan broadcast melalui aplikasi Shopee, pastikan Anda sudah membuat grup penerima terlebih dahulu di Seller Centre.

Selain itu, pastikan Anda sudah melakukan verifikasi nomor handphone sebelum mengirimkan pesan Chat Broadcast. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grup penerima dan membuat pesan Chat Broadcast melalui Seller Centre:

  • Masuk ke akun Seller Centre Anda, lalu pilih opsi Chat Broadcast pada menu yang tersedia

Credit image by Shopee

  • Pilih Buat pada menu Pengikut atau Pembeli

Credit image by Shopee

  • Klik Pilih Grup Broadcast

Credit image by Shopee

  • Pilih kategori grup yang tersedia atau Anda juga dapat membuat grup kategori tertentu dengan klik Buat Grup Baru, lalu klik Konfirmasi.

Credit image by Shopee

  • Lengkapi informasi dasar dan konten broadcast, seperti nama broadcast, waktu broadcast, pesan broadcast dan konten broadcast (seperti voucher, foto produk, atau promo). Klik Kirim untuk menyebarkan pesan broadcast.

Credit image by Shopee

Tips Membuat Pesan Broadcast yang Efektif

Untuk memaksimalkan hasil dari penggunaan Fitur Pengelolaan Pembeli, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Gunakan kalimat CTA (Call to action) singkat yang menarik perhatian, seperti "Beli Sekarang!".
  • Sertakan produk atau promosi yang relevan dan cantumkan batas akhir promosi. Hal itu guna mendorong pembeli segera mengambil tindakan pembelian.
  • Pilih waktu broadcast yang tepat sehingga pesan dapat diterima oleh pembeli pada waktu yang paling efektif.
  • Kenali target pembeli Anda dan buatlah grup penerima broadcast berdasarkan kategori sesuai dengan preferensi mereka.
  • Kirimkan pesan pengingat kepada pengguna yang telah menambahkan produk ke keranjang namun belum melakukan checkout dalam 30 hari terakhir.
  • Manfaatkan fitur Lihat Wawasan untuk melihat performa pesan Chat Broadcast, termasuk Persentase Klik Chat Broadcast dan Persentase Pesanan Berdasarkan Konten Broadcast.

Dengan mengoptimalkan Fitur Pengelolaan Pembeli di Shopee, Anda dapat menciptakan interaksi yang lebih dekat dengan pembeli. Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan produk dengan lebih efektif guna meningkatkan penjualan dalam dunia bisnis online yang semakin kompetitif.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again