1. Startup

Go-Ventures Rebranding Jadi Argor, Umumkan Dana Kelolaan Baru

Dana kelolaan kedua yang baru diumumkan senilai $240 juta, naik signifikan dari kelolaan pertama $175 juta di 2020

Lengan investasi dari GoTo, Go-Ventures, mengumumkan rebranding menjadi Argor Capital Management (Argor), sekaligus umumkan dana kelolaan senilai $240 juta (lebih dari 3,6 triliun Rupiah) dalam bentuk komitmen modal untuk dana kelolaan kedua, serta beberapa fasilitas yang dikelola secara terpisah.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan hari ini (20/6), dana kelolaan tersebut berasal dari Sovereign Wealth Fund (SWF), investor institusi, korporasi, dan family office yang berasal dari Asia, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Meskipun GoTo tetap menjadi investor di dana kelolaan Argor, strategi dan keputusan investasi Argor tetap dilakukan secara independen.

"Argor merupakan nama unik yang berasal dari kombinasi kata 'ardor (semangat)', 'rigor (tegas)', dan 'go (maju)'. Nama ini mencerminkan gairah serta semangat kemitraan yang tim kami miliki dalam berinvestasi dan membantu perusahaan-perusahaan portofolio kami di Asia Tenggara mengubah hidup jutaan orang menjadi lebih baik. Meskipun perubahan nama ini dilakukan pada masa ekspansi, kata 'Go' pada nama kami menjadi pengingat penting akan kesuksesan serta dukungan kuat yang telah kami terima dari GoTo serta para investor awal sejak perjalanan ini di mulai pada tahun 2018,” kata Partner Argor Aditya Kamath.

Dalam kiprahnya sejak 2018, perusahaan menutup dana kelolaan pertamanya pada 2020 dengan total komitmen sebesar $175 juta. Dana ini telah diinvestasikan di 19 startup regional, yang mana startup tersebut berhasil menggalang pendanaan lanjutan dari investor pihak ketiga dengan total mencapai $1,4 miliar.

Berdasarkan keberhasilan tersebut, Go-Ventures memutuskan untuk mengubah nama menjadi Argor agar memperkuat kemandirian perusahaan, serta memperluas kemampuannya untuk mendorong pertumbuhan perusahaan portofolionya. Meski demikian, Argor menegaskan tetap menjaga hubungan erat yang dimiliki dengan GoTo dan investor-investor perusahaan lainnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada para investor yang telah mendukung langkah baru ini. Walau menghadapi tantangan makro secara global, kami tetap optimis dengan potensi yang dimiliki ekosistem teknologi di Asia Tenggara, yang mana didukung oleh konsumsi serta adopsi teknologi di kalangan konsumen dan juga bisnis. Kami akan tetap fokus dalam mencari dan memberikan dukungan kepada startup-startup terbaik di Asia Tenggara.”

Selama dua tahun terakhir, Argor telah secara cepat memperluas kemampuan investasi serta dukungan untuk portofolionya dengan bergabungnya Siddharth Pisharody dan Adrian Foo sebagai Partner. Selain itu, Argor mengalami pertumbuhan ukuran tim sebesar tiga kali lipat. Penambahan anggota tim baru ini termasuk eksekutif industri terkemuka di berbagai bidang seperti teknologi, produk, data science, talenta, dan pemasaran.

Dengan dirampungkannya penggalangan dana teranyar ini, Argor berencana untuk meningkatkan dampak yang diciptakannya terhadap ekosistem teknologi di Asia Tenggara dengan berinvestasi di startup-startup tahap awal dan menengah yang menyasar peluang-peluang pasar besar dan menarik sambil terus mendorong terciptanya dampak sosial yang signifikan.

“[..] Kami akan tetap agnostik dalam menyelusuri sektor industri, dan berfokus pada investasi ke perusahaan-perusahaan dengan jumlah terbatas namun memiliki tingkat keyakinan tinggi yang memberikan hasil bagi investor kami sekaligus mentransformasikan kehidupan masyarakat di Asia Tenggara,” pungkasnya.

More Coverage:

Hingga kini, Argor telah mendanai tujuh perusahaan dari permodalan ventura keduanya yang menjangkau berbagai sektor, seperti marketplace B2B, bisnis konsumen berbasis teknologi, platform digitalisasi UKM, teknologi lingkungan, serta sistem keuangan.

Adapun portofolio perusahaan adalah sebagai berikut:

Pickup Coffee (Filipina)Juragan Material
Paper.idSegari
FairatmosPluang
AgriAkuFood Market Hub (Malaysia)
KitaBeliNOICE
KitaLulusSkuad
Mobile Premier League (India)eFishery
Rebel Foods (India)SafeBoda (Uganda)
Narasi TVKumparan
Vara (exit,  acquired di 2021)Vietcetera (Vietnam)
PasarPolisMall91 (India)
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again