1. Startup

9 Ide Bisnis Jasa untuk Mahasiswa, Tidak Perlu Modal!

Ide bisnis sampingan untuk mahasiswa tidak perlu modal banyak dan dapat dilakukan di mana saja

Anda anak kuliahan atau mahasiswa? Ingin mencari usaha sampingan tapi tidak punya modal banyak? Coba simak ide bisnis ini!

Bagi Anda para mahasiswa yang ingin menghasilkan uang lebih, Anda dapat mencoba untuk membuka jasa. Modal yang dibutuhkan dalam membuka jasa ini jauh lebih minim dibanding harus menjual produk. Pasti kalian lebih ingin keluar uang sedikit dan menghasilkan uang yang lebih banyak kan?

Anda dapat membuka bisnis ini sesuai dengan keahlian dan waktu yang Anda punya. Sesuaikan dengan jadwal kuliah Anda dan pastikan bisnis jasa yang akan Anda jalankan sesuai dengan keahlian, agar saat menjalankannya bisa dilakukan secara maksimal.

Berikut ide bisnis jasa bagi mahasiswa yang bisa Anda coba.

1. Jasa Print 

Tidak dipungkiri, menjadi mahasiswa tidak terlepas dari banyaknya beban tugas termasuk untuk print makalah, jurnal, laporan praktikum, hingga skripsi. Kebutuhan tersebut dapat mendorong Anda untuk membuka bisnis print. Jika Anda sudah memiliki printer, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka jasa ini,

Banyaknya mahasiswa yang mengerjakan hingga larut malam atau pagi buta, sehingga tidak bisa langsung ke toko print, mungkin kendala jarak atau waktu. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuka layanan 24 jam dengan pemesanan via online chat atau offline.

2. Laundry Manual

Jika Anda memiliki cukup waktu dan tenaga, Anda dapat membuka jasa Laundry manual. Anda bisa memberi harga per pakaian. Terkadang, banyak anak kuliah, khususnya anak kos yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, atau biasanya mereka hanya mencuci pakaian yang ringan saja. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan membuka jasa laundry manual yang dikenakan biaya per satu pakaian dan sesuaikan dengan jenis pakaiannya.

3. Jasa Fotografi, Edit Foto dan Video

Credit: Pixabay

Jika Anda punya hobi di bidang fotografi, Anda dapat menggunakannya untuk buka jasa di bidang tersebut. Anda dapat menyewa model untuk portofolio awal, dan nantinya dapat Anda tawarkan untuk buka jasa pre wedding, foto produk, acara kelulusan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki modal banyak dan tidak punya alat fotografi, Anda dapat membuka usaha di bidang edit foto dan video. Jika Anda memiliki keahlian dalam edit foto dan video, Anda dapat memaksimalkan usaha ini. Anda cukup memiliki aplikasi edit foto dan video, sepeti Canva, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Filmora, CapCut, dan masih banyak lagi.

Saat ini, banyak yang membutuhkan jasa tersebut untuk kebutuhan sosial media maupun untuk kebutuhan komersil. Anda dapat menawarkan jasa Anda ke UMKM sebagai awal, atau mungkin Anda dapat mengambil projek melalui website freelance. Anda dapat mengerjakannya di mana saja.

4. Desain

Credit: Pixabay

Bagi Anda yang kuliah di bidang desain khususnya, Anda dapat mencoba usaha ini. Desainer grafis saat ini terbagi menjadi beberapa macam, seperti desain grafis untuk illustrator, marketing, advertising, dan motion graphic. Anda dapat mencoba untuk menawarkan jasa di website freelance atau bisa juga magang di agensi yang bergerak di bidang ini.

5. Penerjemah

Dengan kecanggihan teknologi saat ini dan adanya Google Translate, tidak dipungkiri jasa seorang penerjemah yang ahli masih banyak dibutuhkan, baik untuk kebutuhan penerbitan artikel, jurnal, buku, skripsi, dan masih banyak lagi. Berbekal laptop saja Anda sudah bisa membuka jasa ini, pastikan juga Anda mahir di bidang ini untuk meyakinkan klien atau calon pembeli terhadap kredibilitas Anda sebagai penerjemah.

6. Jasa Titip Beli Produk

Jika Anda kuliah di kota yang cukup trendi. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka jasa titip produk. Cara kerjanya sangat mudah, Anda cukup mempromosikan produk yang sedang hype saat ini atau jika ada event besar, seperti bazar buku, kecantikan, brand fashion, dan lainnya, ke sosial media yang Anda punya dengan target pasar yaitu orang di luar kota tempat Anda tinggal. Anda dapat memberikan tarif per belanjaannya. 

7. Penulisan Artikel

Credit: Pixabay

Hobi menulis juga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda sudah terbiasa menulis dan memiliki portofolio, bisa saja banyak orang melirik jasa tulis Anda.

Tidak butuh modal besar, Anda cukup memiliki laptop dan bisnis ini dapat dilakukan di mana saja. Apalagi jika berstatus mahasiswa yang ingin mencari penghasilan lewat usaha sampingan bisnis ini mungkin cocok untuk Anda. 

8. Les Privat

Jasa les privat ini termasuk bisnis dengan modal kecil yang dapat Anda jalankan sebagai mahasiswa. Anda dapat menargetkan murid Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Jenis usaha ini cocok untuk kalian yang ingin memberikan manfaat lebih banyak kepada orang lain. 

Anda dapat mempromosikan ke orang terdekat terlebih dahulu agar mendapat testimoni yang dipercaya sebagai materi promosi yang nantinya dapat disebarkan ke target pasar yang lebih luas, baik dari mulut ke mulut, aplikasi atau media sosial.

9. Guru Ngaji

Selain les privat, bagi Anda pemeluk agama muslim, Anda dapat membuka jasa sebagai guru mengaji. Anda dapat melakukannya secara privat atau berkelompok. Saat ini, banyak orang, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa yang berkeinginan untuk belajar mengaji tapi tidak tau harus mulai dari mana dan ke mana. Anda dapat mengambil kesempatan untuk membuka jasa ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again