1. Startup

LINE Adaptasi Tren Lokal dalam Pengembangan Layanan Selanjutnya

Mengungkap tengah mengembangkan platform yang membidik kalangan mahasiswa dan menghubungkannya dengan pemilik brand

Raksasa internet Jepang, LINE Corporation, masih menyeriusi pasar Indonesia yang menjadi salah satu pasar utamanya di Asia Tenggara setelah Thailand. Perwakilan LINE di Indonesia mengungkap akan terus menghadirkan berbagai layanan relevan yang mengikuti perkembangan di pasar lokal. Misalnya, LINE Bank dan Splitbill menyasar kebutuhan pengguna layanan keuangan di Indonesia.

Dihubungi oleh DailySocial.id, Country Manager LINE Indonesia Fanny Verona enggan mengelaborasi gambaran perkembangan bisnis dan produk LINE di Indonesia selama setahun terakhir.

"Per kuartal II 2023, jumlah monthly active user (MAU) LINE secara global sebesar 196 juta dengan empat pasar utama di Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia," ucapnya dalam pernyataan tertulis kepada DailySocial.id.

Namun, ia mengungkap tengah mengembangkan platform terbaru bernama GOKS! (Gokilnya Diskon Buat Siswa) yang membidik pasar khusus mahasiswa dan menghubungkannya dengan berbagai pemilik brand di Indonesia.

Platform ini disebut dapat menjawab tantangan yang kerap dihadapi brand dalam melayani kebutuhan generasi muda yang akan menjadi target utama di masa depan. Pemilik brand meyakini bahwa mahasiswa menjadi titik awal untuk memahami preferensi dan minat generasi muda.

GOKS memungkinkan pengguna mahasiswa untuk mendapat potongan harga dari mitra brand yang tergabung. Untuk proses verifikasinya, mahasiswa harus mendaftar dengan menggunakan email kampus atau Kartu Identitas Mahasiswa.

Adapun, berdasarkan data Business of Apps per 2021, LINE memiliki total 178 juta MAU di Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

Layanan LINE di Indonesia

Indonesia merupakan pasar dengan lebih dari 200 juta pengguna internet, yang juga pengguna aktif sejumlah layanan digital, seperti instant messaging, media sosial, dompet digital, hingga belanja online.

LINE telah meluncurkan sejumlah layanan dan fitur untuk menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

      • LINE Messenger; layanan pesan instan populer di Indonesia.
      • LINE Webtoon; platform komik digital, hadir dalam bahasa Indonesia pada 2015.
      • LINE Today; aplikasi kurasi berita terkini, tetapi telah tutup pada Juli 2022.
      • LINE Splitbill; fitur populer yang memungkinkan pengguna menghitung dan membagi tagihan, tersedia sejak 2019.
      • LINE Bank; kolaborasi antara Bank Hana dan LINE Corporation, resmi hadir di Indonesia sejak 2021.

Kembangkan ekosistem Web3

Setelah mendominasi pasar digital lewat layanan pesan instan, LINE mulai menavigasi perkembangan produknya ke era internet baru. Pengembangan ekosistem Web3 ini dieksekusi perusahaan venturanya, LINE NEXT Inc yang baru saja mengumumkan investasi sebesar $140 juta lewat konsorsium dengan Crescendo Equity Partners.

More Coverage:

LINE NEXT akan menjadi kendaraan perusahaan untuk mempopuler Web3 lewat berbagai layanan baru, seperti aplikasi sosial dan game berbasis blockchain Finschia. Baru-baru ini, pihaknya juga meluncurkan versi resmi platform digital commerce DOSI yang kini tersedia di 180 negara.

Versi beta DOSI telah lebih dulu meluncur pada September 2022. Klaimnya, telah meraup lebih dari 5,5 juta pengguna di seluruh dunia dan 560 ribu transaksi kumulatif. Adapun, DOSI akan terintegrasi dengan LINE NFT (marketplace NFT di Jepang) di mana menghadirkan lebih dari 20 produk keanggotaan dari sejumlah startup di berbagai kategori, termasuk:

  1. SuperPlat (platform game dan konten digital berbasis komunitas)
  2. Quantrack (platform investasi dan analisis saham)
  3. inDJ (platform streaming musik berbasis AI)
  4. FLDA (platform penggemar K-pop berbasis komunitas).

"DOSI menetapkan standar teknologi yang dapat menangkap kepemilikan semua produk digital bernilai. Dengan memberikan nilai yang esensial, DOSI berencana menghubungkan layanannya dengan pengguna umum," tutur Youngsu Ko, CEO LINE NEXT, dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again