1. Startup

Moladin Rilis Aplikasi untuk Bantu Tata Kelola Dealer Mobil

Aplikasi Moladin Dealer mudahkan pemilik dealer mengelola penjualan dan pembiayaan

Moladin Group resmi meluncurkan aplikasi yang memudahkan pemilik dealer mobil untuk beroperasi. Platform ini berfungsi untuk menyederhanakan dan meningkatkan transparansi aktivitas operasional dealer.

Dealer berperan penting untuk menghubungkan pembeli dengan pemberi pinjaman. Namun mereka sering dihadapkan pada isu terkait pencatatan data hingga interaksi dengan berbagai pemangku kepentingan. Selain itu, dealer mobil juga memiliki akses terbatas ke layanan teknologi. Faktor-faktor di atas disebut menghambat pertumbuhan bisnis mereka.

"Hubungan dekat kami dengan dealer selama tujuh tahun terakhir telah memberi kami pemahaman yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi para dealer," kata CPO Moladin Praz Perkasa.

Aplikasi Moladin Dealer saat ini baru tersedia untuk pengguna perangkat Android. Klaimnya, aplikasi ini telah di telah diunduh sekitar 5.000 dealer.

Adapun, Moladin menyiapkan sejumlah fitur untuk mengatasi tantangan di atas, antara lain pelacakan plafon pinjaman, pelacakan siklus penagihan, pemantauan pinjaman berlangsung maupun yang sudah lewat, pelunasan pinjaman lebih awal, dan akses ke dokumen pasca-pencairan pinjaman

Selain itu, aplikasi Moladin Dealer juga mengotomatisasi sejumlah proses bisnis yang biasanya dilakukan secara manual oleh salesforce. Dengan begitu, mereka bisa fokus menyiapkan inisiatif-inisiatif yang lebih strategis, seperti membangun hubungan dengan dealer.

"Aplikasi Moladin Dealer memberdayakan dealer dengan teknologi dan proses yang efisien, menghemat waktu dan mengurangi ketergantungan pada tugas manual. Kami akan menambahkan lebih banyak fitur untuk lebih menyederhanakan pekerjaan dealer di masa mendatang."

Platform otomotif cukup terdampak dari situasi makroekonomi. Beberapa pemain car marketplace, seperti Moladin dan OLX Autos melakukan pengurangan karyawan tahun lalu. Kemudian, car marketplace asal India Cars24 angkat kaki dari pasar Indonesia padahal baru beroperasi kurang dari 2 tahun.

Moladin pun masuk ke bisnis pembiayaan untuk memperkuat ekosistem penjualan mobil bekasnya. Kendati demikian, situasi tersebut tampaknya tidak menyurutkan kemunculan pemain baru, salah satunya Galemoru, platform penjualan mobil baru yang diklaim pertama di Indonesia. Platform ini meluncur akhir 2023.

More Coverage:

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan mobil di 2024 menembus 1,1 juta unit secara wholesale atau pabrikan ke dealer resmi. Mengutip CNBC Indonesia, penjualan mobil tahun lalu tercatat merosot 4,3% menjadi 1 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya. 

Saat ini, penjualan mobil bekas online diisi oleh sejumlah pemain, seperti Carro, Carsome, Carmudi, Moladin, OLX Autos, dan Astra mobbi.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again