1. Startup

Slice Group Tutup Pendanaan Awal 9,6 Miliar Rupiah Dipimpin Intudo dan Arise [Updated]

Slice Group mengembangkan tool CRM yang membantu brand mengelola hubungan dengan kreator dan influencer

Pengembang platform digital untuk creator managementSlice Group menutup pendanaan awal sebesar $645 ribu (sekitar Rp9,6 miliar) dalam skema financing, yang dipimpin oleh Intudo Ventures dan Arise. Pendanaan ini akan dimanfaatkan untuk membantu pemilik merek mengelola hubungan dengan para kreator di Indonesia.

Disampaikan dalam keterangan resminya, Slice Group adalah pengembang marketing CRM yang membantu pemilik merek dan agensi mengelola hubungan dengan influencer dan kreator konten. Solusi ini memungkinkan mereka untuk bekerja lebih cepat, lebih efisien, dan mampu membangun hubungan jangka panjang.

Solusi CRM ini terdiri dari berbagai fitur yang dapat menjangkau target pasar yang luas, dan dirancang untuk membuka potensi kerja sama dengan lebih banyak kreator tanpa perlu menambah jumlah karyawan. Tool ini berfungsi untuk mengelola, mengukur sebuah kampanye, hingga melakukan pembayaran ke kreator.

Co-Founder & CEO Slice Group Jesse Bouman mengungkap rencananya untuk menyempurnakan produk, mengembangkan platform, mendorong penjualan, dan menambah jumlah timnya lewat pendanaan ini. Selain itu, Slice Group juga akan mengembangkan fitur embedded finance di platform bagi pemilik merek/agensi dan kreator konten.

Fitur keuangan ini termasuk opsi pembiayaan bagi agensi sehingga mereka dapat mengelola arus kas dan membantu kreator mendapatkan bayaran lebih cepat, hingga dompet digital untuk memfasilitasi pembayaran dan melacak riwayat transaksi keuangan.

Dihubungi secara terpisah, Bouman menargetkan produk keuangan ini bakal meluncur pada kuartal III 2023. Pihaknya tengah melakukan pengembangan, baik pada tim engineering maupun desain, sembari melakukan iterasi dengan cepat berdasarkan feedback penggunanya.

"Indonesia dan Asia Tenggara sedang mendigitasi layanan keuangan dengan cepat, tetapi semua modelnya masih one-size fits all model. Padahal, kreator konten dan agensi yang menggunakan solusi kami memiliki kebutuhan keuangan yang berbeda. Kami rasa mengintegrasikan layanan keuangan dan pembayaran dalam satu platform adalah area di mana bisa kami akselerasi pada arus keuangan. Dengan begitu, agensi dan kreator konten bisa mendorong bisnisnya," paparnya kepada DailySocial.id.

Saat ini, strategi utamanya untuk go-to market adalah membantu agensi pada influencer marketing report. Slice Group juga tengah tertarik mengeksplorasi sektor lifestyle, FMCG, dan fintech yang memanfaatkan banyak influencer. Sementara, kategori kreator yang diincar adalah kreator dengan follower hingga 100 ribu.

Menurut Bouman, sebagian besar platform sejenis lebih fokus pada kreator sebagai nilai tambah utama mereka. Namun, platform CRM Slice disebut dapat membantu pemilik merek dan agensi mengumpulkan data kinerja influencer untuk campaign report, hingga mengolah data sehingga mereka dapat menentukan kreator potensial untuk kerja sama jangka panjang.

Proses masih manual

Selama ini, pihaknya melihat terjadi inefisiensi di industri kreator ekonomi. Meski pemilik merek mengucurkan biaya besar ke kreator dan influencer, masih banyak pemasar yang mengandalkan proses manual, yang mana setara dengan biaya yang dikucurkan pemilik merek ke sejumlah influencer besar yang sama.

"Kami mendirikan Slice Group dengan mempertimbangkan kebutuhan pemilik merek dan kreator untuk membantu mereka membangun hubungan yang berkelanjutan dan bekerja lebih efisien pada kampanye influencer," kata Bouman.

Maka itu, tool ini diharapkan dapat meringkas kegiatan operasional serta membantu pemilik merek dan kreator dalam membuat keputusan yang lebih tepat dengan dukungan data terverifikasi.

Di masa depan, kami percaya calon pengusaha akan memulai sebagai kreator konten dan memanfaatkan audiens mereka untuk memperkenalkan usaha barunya. Kami ingin memperkuat transisi kreator ini di seluruh Asia dengan menstabilkan pendapatan mereka dan memungkinkan mereka menjadi kreator full time." tambahnya.

More Coverage:

Sementara, bagi kreator konten, solusi ini diklaim dapat membuka peluang kolaborasi dengan pemilik merek, akses terhadap analitik, dan kit media. Dengan begitu, mereka dapat bertransisi menjadi kreator konten full time dengan pemasukan yang stabil dan berulang.

Founding Partner Intudo Ventures Eddy Chan mengatakan marketing influencer kini telah banyak digunakan pemilik merek untuk terlibat dengan konsumennya di dunia. "Pasar yang berbeda membutuhkan pengetahuan lokal tentang kondisi dan kebiasaan unik kreator dan audiensnya. Dengan pemahaman mereka yang mendalam tentang ekonomi kreator Indonesia, kami yakin Slice Group dapat memberikan nilai luar biasa bagi merek dan kreator."

Potensi layanan manajemen talenta kreatif dan influencer ini memang cukup menggairahkan. Dengan model bisnis yang unik, sejumlah pemain juga mencoba mendemokratisasi sektor ini, misalnya yang dilakukan Partipost, Tiptip, Anymind, Raena, dan beberapa lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again